Dalam
penelitian analisis sentimen ini proses klasifikasi dokumen di bagi dalam dua
kelas, yaitu kelas sentimen positif dan negatif. Media sosial telah menyediakan
tempat bagi pengguna web untuk mengungkapkan berbagi pemikiran, pendapat dan
menyampaikan berita tentang topik yang berbeda dalam sebuah acara . Data
diperoleh dari jejaring sosial Instagram berdasarkan komentar yang ada .
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sentimen publik terhadap universitas
yang disampaikan di Instagram , sehingga membantu usaha untuk melakukan riset
marketing atas opini publik. Klasifikasi algoritma seperti Naive Bayes (NB)
yang diusulkan oleh banyak peneliti untuk digunakan dalam analisis sentimen
teks. Algoritma Naive Bayes dan metodenya, akan diuji dengan dua masukan dengan
menggunakan komentar tokenize and Transform Case yang positif (100 teks
komentar) dan negatif (100 komentar teks),akurasi yang di dapat algoritma Naive
Bayes 76.50%+/-7.76%(mikro:76.50). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Naive
Bayes (NB) mendapatkan hasil terbaik dan akurat.
jurnal peer review
Aji ,budilaksono, 2015. (n.d.). Aji dan
Budilaksono-Analisis Sentimen Etika Berinternet
Pada Media Sosial Dengan Menggunakan Algoritma Naive Bayes Dan Particle Swarm Optimization-
2015.
Darujati, C., Gumelar, A. B.,
Informasi, S., Komputer, F. I., Surabaya, U. N.,
Bayes, N., … Learning, S. (2012). PEMANFAATAN TEKNIK SUPERVISED
UNTUK, 16(1), 1–8.
Dehkharghani, R., Mercan, H., Javeed, A., &
Saygin, Y. (2014). Expert Systems
with Applications Sentimental
causal rule discovery from Twitter. EXPERT SYSTEMS WITH APPLICATIONS, 41(10), 4950–4958.
https://doi.org/10.1016/j.eswa.2014.02
.024
Feldman,
R., Goldenberg, J., & Netzer, O. (2010). Mine your own business: Market
structure surveillance through text mining. Marketing
Science Institute, Special Report, 10(3),
10–
202.
https://doi.org/10.2139/ssrn.1816494
Indrayuni, E., Wahyudi, M., Informasi, S., Selatan, J.,
Komputer, I., & Selatan, J. (2015). Penerapan Character N-Gram Untuk Sentiment
Analysis Review Hotel Menggunakan Algoritma Naive Bayes, 88–93.
Kang, H., Yoo, S. J., &
Han, D. (2012).
Expert Systems with Applications Senti-lexicon and improved Naïve Bayes
algorithms for sentiment analysis of restaurant reviews. Expert Systems With Applications, 39(5), 6000–6010.
https://doi.org/10.1016/j.eswa.2011.11
.107
Kontopoulos, E., Berberidis, C., Dergiades, T., &
Bassiliades, N. (2013). Expert Systems with Applications Ontology- based
sentiment analysis of twitter posts. Expert
Systems With Applications, 40(10),
4065–4074. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2013.01
.001
Ling, J., & Oka, T. B. (2014). Analisis Sentimen Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Dengan Seleksi Fitur Chi Square, 3(3),
92–99.
Saleh, A., El, M., & Menai, B. (2014). Naı ¨ ve
Bayes classifiers for authorship attribution of Arabic texts. Journal of
King
Saud University - Computer and Information Sciences, 26(4), 473–484. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2014.0 6.006
Surat Edaran Kapolri Mengenai
Penanganan Ujaran Kebencian.Pdf. (2015).