ANIMASI INTERAKTIF MENGENAL SISTEM PENCERMAAM DALAM TUBUH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS 5 PADA SDN KAERANGMEKAR 04 BEKASI

research
  • 06 May
  • 2020

ANIMASI INTERAKTIF MENGENAL SISTEM PENCERMAAM DALAM TUBUH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS 5 PADA SDN KAERANGMEKAR 04 BEKASI

ABSTRAK

Siti Hardiyanti Kusmana (111162163), Animasi Interaktif Mengenal Sistem Pencernaan Dalam Tubuh Manusia Untuk Siswa Kelas 5 Pada SDN Karang Mekar 04 Bekasi.

Dalam pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuaan Alam di sekolah dasar banyak keluhan yang dirasakan oleh peserta didik/siswa, seperti pembelajaran yang monoton,susah dalam mengingat gambar dalam tubuh manusia. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai Animasi Interaktif Mengenal Sistem Pencernaan Dalam Tubuh Manusia Untuk Siswa Kelas 5 SDN Karang Mekar 04 Bekasi. Media pembelajaran berupa animasi interaktif digunakan sebagai salah satu solusi dalam menyampaikan materi untuk kegiatan belajar mengajar, pembahasan mengenai pembelajaran mengenal sistem pencernaan dalam tubuh manusia agar peserta didik dengan mudah menyerap dan memahami materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar atau guru. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik seperti animasi interaktif diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar dan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat animasi interaktif ini adalah Adobe Flash CS6 dan Adobe Ilustrator.

Kata Kunci : Animasi Interaktif, Mengenal Sistem Pencernaan Dalam Tubuh Manusia

x

ABSTRAK

Siti Hardiyanti Kusmana (11162163) Interactive Animation Recognizes The Digestive System In The Human Body For Grade 5 Students Of SDN Karang Mekar Bekasi

In the implementation of natural science learning in schools the basis of many complaints, such as monotonous learning, difficult to remember images in the human body. For this reason, the author tries to make a Final Project on Interactive Animation in Recognizing the Digestive System in the Human Body for Grade 5 Student of SDN Karang Mekar 04 Bekasi. Learning media in the form of interactive animations are used as one of the solutions in conveying material for teaching and learning activities, a discussion about learning to recognize the digestive system in the body so that students easily absorb and understand the material delivered by teaching staff or teachers. With an interesting learning media for student such as interactive animation is expected to be able to improve learning achievement and as a fun learning media. The software used to create this interactive animation is Adobe Flash CS6 and Adobe Ilustrator.

Keywords: Interactive Animation, Knowing the Digestive System in the Human Body

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Rosa A.S, & M. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak (3rd ed.). Informatika Bandung.

Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., Alinawati, M., & Indonesia, U. P. (2016). PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SENTENCES PADA MATA KULIAH BASIC WRITING DI STKIP GARUT. 199–212.

Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Rancangan Animasi Pembelajaran Interaktif

Alfabet Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), II(1), 59–67. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/363/272

Hardayani, S. E., & Herlawati, H. (2016). Animasi Interaktif Pengenalan Hewan Khas Pulau Indonesia Berbasis Android Pada Tk Kupu-Kupu Mungil Bekasi. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 2(1), 9–21.

Hendy, N. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Manfaat Enam Jenis. 5(1), 35–44.

Janti, S. (2017). Animasi Edukasi Interaktif Tes Kemampuan Konsentrasi Dengan Permainan Tebak Warna. III(1), 106–113.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Wijayanto, R. (2014). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada MI Nurul Falah Ciater. AMIK Bina Sarana Informatika Purwokerto, II(1), 1–11.

Nadiroh, Y., & Hidayat, R. (2017). Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Hiragama Jepang Pada SMAN 13 Kabupaten Tanggerang. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), III(1), 124-129. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/1492/1120.(2018)

Madcoms. (2015a). Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CC 2014. Yogyakarta.