Game Petualangan Penyelamatan Satwa Langka Kalimantan Berbasis Android

research
  • 26 Mar
  • 2018

Game Petualangan Penyelamatan Satwa Langka Kalimantan Berbasis Android

Redha Ardiansyah (12147241). Game Petualangan Penyelamatan Satwa Langka Kalimantan Berbasis Android

Kurangnya pengetahuan anak pelajar disekolah maupun dirumah tentang lingkungan , hal ini dikarenakan masuknya teknologi-teknologi baru serta gadgetgadget yang tanpa pengawasan orang tua disalahgunakan oleh anak-anak, salah satunya adalah bermain game, dimana semakin maraknya game yang memuat konten kekerasan yang ditunjukkan kepada anak-anak sampai mereka lupa akan pelajaran penting yang harus mereka ketahui. Oleh karena itu di era tantangan teknologi ini Penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game mobile yang bertemakan petualangan menjelajahi kawasan hutan khususnya Kalimantan serta berbagai macam satwa langka yang dilindungi agar pengetahuan mereka terhadap satwa langka semakin luas dan menimbulkan rasa kepedulian akan lingkungan sekitarnya. Game ini dibuat dengan Construct2 yang pada dasarnya berbasis HTML, namun penulis membuatnya menjadi berbasis Android agar memainkannya lebih efektif. Game ini diprioritaskan untuk anak-anak agar mereka tidak lupa akan keanekaragaman satwa yang ada di Kalimantan.

Unduhan

 

REFERENSI

Caesar, Rio. 2015. Kajian Pustaka Perkembangan Genre Games Dari Masa Ke Masa. Vol. 1 No. 2, Oktober 2015 Diambil dari:http://journal.isi.ac.id/index.php/jags/article/download/1301/pdf. (10 Mei2017)

Hartanto, Dwi, Anggit, dkk. 2014. Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct2 Dan HTML5. Diambil dari:https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5459/15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.pdf?sequence=1. (11 Mei 2017)

Harsono, Ma’ruf. 2014. Pengaruh Bermain Game Terhadap Perkembangan Remaja. Diambil dari:http://125.160.17.21/speedyorari/view.php?file=ebook/ebook-SU2013/SuryaUniv-Pengaruh-Bermain-Game-terhadap-Perkembangan-Remaja.pdf. (2 Mei 2017)

H, Safaat, Nazruddin. 2014. ANDROID Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC berbasis Andoid. Bandung: INFORMATIKA Bandung

M.IT, Munir, DR, Prof. 2015. MULTIMEDIA Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan.Bandung: Penerbit Allfabeta 


M,Sn, S.sn, Jayanegara, I Nyoman & S.Kom, Yasa, Putra, I WayanAdi.2015. Perancangan Game Jalak Bali Berbasis Android. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Vol 4, No.1, Maret 2015 Diambil dari: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/viewFile/9747/6179 (10 Mei 2017)

Novaliendry, Dony.2013. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 6. No.2, September 2013. Diambil dari: jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf. (09 Mei 2017)


Putra, Wahyu, Dian. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Muda. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol.1, No.1, Maret 2016. Diambil dari:http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/7/12.(3 Agustus 2017)

Riwanoto, Rizki1 dan salidowati2. 2016. Observasi Tingkat Stres dan Perfomansi

Permainan Player Studi Kasus: Game Edukasi ChipMonk Season 1.

Diambil dari:https://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/6259/5633. (10 Mei 2017)

Shalahuddin, M, S, A, Rosa. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur danBerorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA Bandung

Utami, Fitri, Isvandiari, dkk. 2016. Teka-teki Unsur Kimia sebagai MediaPembelajaran Kimia Interaktif bagi siswa SMA Kelas X Berbasis Android.Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol.4, No.1, Januari 2016.Diambil dari:http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/viewFile/12696/12313 (12 Mei 2017)

Wardhani, Retno dan Yaqin, Husnul Moh. 2013. Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh Jilid I. Jurnal Teknika. Vol.5 No.2 September 2013. Diambil dari:http://www.journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/RETNO.pdf. (11 mei 2017)