Perkembangan
teknologi yang semakin pesat saat ini telah membuat banyak perubahan dalam gaya
hidup masyarakat. Salah satu perubahannya adalah banyaknya penggunaan
smartphone, terutama yang berbasis android untuk kehidupan sehari-hari. Para
pengguna smartphone berasal dari berbagai kalangan dan umur. Penggunaannya bisa
berupa browsing, e-mail, bermain game, dan sebagainya. Dengan teknologi yang
semakin canggih tersebut, semakin banyak pula permainan-permainan bermunculan.
Ditambah gadget canggih yang semakin banyak diproduksi dewasa ini, yang membuat
sebuah handphone yang dulunya hanya bisa digunakan untuk menelepon dan
mengirimkan pesan singkat, menjadi suatu alat yang lebih sering digunakan untuk
bermain. Permainan edukasi merupakan sebuah permainan yang telah dirancang
untuk mengajarkan pemainnya tentang topik tertentu, memperluas konsep,
memperkuat pembangunan, memahami sebuah peristiwa sejarah atau budaya, atau
membantu mereka dalam belajar keterampilan karena mereka bermain. penulis
berinisiatif untuk mengembangkan sebuah game yang tidak hanya asik untuk
dimainkan tetapi juga dapat menambah wawasan
mereka dalam mengenal budaya-budaya yang ada di setiap provinsi
Indonesia. Game yang berjudul “Seni Budaya” selain sebagai sarana hiburan
sekaligus bertujuan untuk mengenalkan seni budaya yang ada di Provinsi-provinsi
Indonesia, dan permainan ini juga memperkenalkan beberapa objek seperti Rumah
Adat, Alat Musik Daerah, Pakaian Adat, Tarian Daerah, Senjata Daerah yang ada
di Indonesia. Untuk memainkan permainan “Seni Budaya” Spesifikasi minimum Ram
512mb, dan versi 4.0+ di smartphone Android.
TA_File_5_Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_12_BAB IV Penutup.pdf
TA_File_16_Lampiran Lembar Hasil Pengujian Kuisioner.pdf
TA_File_6_Kata Pengantar.pdf
TA_File_3_Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA_File_2_Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_13_Daftar Pustaka.pdf
TA_File_4_Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_File_10_BAB II Landasan Teori.pdf
TA_File_8_Daftar Isi.pdf
TA_File_15_Surat Keterangan Riset.pdf
TA_File_9_BAB I Pendahuluan.pdf
TA_File_11_BAB III Pembahasan.pdf
TA_File_1_Lembar Judul.pdf
TA_File_14_Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_7_Abstrak.pdf
Ardipal.2010.Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal
bagi Peserta Didik di Masa Depan, Vol 11 No.1 Tahun 2010.
Di ambil dari:
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=25074&val=1548
Binanto.Iwan.2010. Multimedia Digital - Dasar
Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Hartono
Dody Suryo. 2015. Pixel JurnalKomputerGrafis.
Jasson.
2009. Role Playing Game (RPG) Maker – Software Penampung Kreativitas,Inovasi,
dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Lukman, Napoleon.
2016. Teknik Utama.Vol.XI Nomor.1, April 2016.
Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi
dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta
Mustaqbal, M Sidi, 2015,
Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box
Testing Boundary Value Analysis, Volume I, No 3, 10 Agustus 2015.
Diambil dari:http://jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/70/50
Permana, Silvester Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android
Pengenalan Pola Warna Pada Paud
Posdaya. Vol.
7 No. 2 November 2015. Diambil dari:http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/viewFile/119/pdf_01
(11 Desember 2016)
Prasetya, Didik
Dwi. 2013.
Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform.
Jakarta :
PT. Elex Media Komputindo
Pratama,
wahyu.2014.Game Adventure Misteri
Kotak Pandora. Vol.7 N.2 agustus 2014.
Di ambil dari: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=313600&val=7576&title=GAME%20ADVENTURE%20MISTERI%20KOTAK%20PANDOA
Purnasiwi, Rona Guines. Dkk. 2013.
Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Kerusakan Lingkungan” dengan Teknik Masking. Vol. 14 No.04 Desember 2013.
Diambil dari:
http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/145/130
Putra, Dian Wahyu. 2016. Game
EduksiBerbasis Android Sebagai Media PembelajaranUntukAnakUsiaDini.Vol.1,
No.1 Maret 2016
Rahadi,Rizky.Muhammad.2016.Perancangan
Game Math Adventure Sebagai Media
Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Vol.4 No.1, Januari 2016.
Di
ambil dari : http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/download/12683/12302
Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar
Rekayasa Perangkat Lunak . Jakarta: Prestasi
Pustaka
Rosa, A. H., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak
Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung
Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung
Sulastianto, Harry, 2007,
Seni Budaya, Penerbit Grafindo Media Pratama.
Tompoh,
Forman. Jos. Dkk. 2016.Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makan Restoran Berbasis Android. Vol.9, No.1,
Oktober 2016.
Di ambil
dari:
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/13749/13330
Zamroni,
M.Rosidi. Dkk. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak
Menggunakan HTML5. Vol.5 No.2 September 2013. Di ambil dari: