Perancangan Sistem Pengelolaan Data Administrasi Bahan Baku Fiberglass pada PD Karya Sakti Bahari.

research
  • 03 May
  • 2019

Perancangan Sistem Pengelolaan Data Administrasi Bahan Baku Fiberglass pada PD Karya Sakti Bahari.

Pada hakekatnya perusahaan yang melakukan kegiatan produksi akan melaksanakan kegiatan pengelolaan data demi kelancaran usahanya. Sistem pengelolaan data administrasi bahan baku pada PD Karya Sakti Bahari yang digunakan pada saat ini masih bersifat pembukuan atau sistem konvensional, hal ini menyebabkan kurang efektif dan efisien dalam proses pengelolaan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalam penelitian ini adalah metode Prototype yang terdiri dari analisa dan perancangan, serta pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari analisa menyatakan sistem yang diterapkan kurang efektif dan ketidakteraturan dalam proses pengelolaan data administrasi bahan baku. Data yang disajikan kurang akurat disebabkan oleh pengarsipan pengelolaan data yang masih konvensional yang memiliki resiko tinggi akan kesalahan. Maka dari itu penulis mengusulkan rancangan baru dengan sistem komputerisasi dengan MySQL dan PhpMyAdmin sebagai basis data, dengan harapan dapat membantu meringakan atau mempercepat proses kerja dan meningkatkan keakuratan dalam proses pengelolaan data administrasi bahan baku yang terjadi pada PD Karya Sakti Bahari. 

 

Unduhan

 

REFERENSI

A.S Rosa , dan M.Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika. Helja, M., & Arizona, N. D. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Iuran SPP Pada SMA Panca Bhakti Pontianak. SIMNASIPTEK. Vol.1(No. 1), 73-78. 

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol. 4(No. 2). 107-116. 

Khairuzzaman, M. Q., Nasihin, M., & Setiawan, H. (2014). Perancangan Sistem Penjualan Batu Permata Berbasis Web Pada Toko Batu Permata dan Mulia Redha Collection. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST). 203-214. 

Maulana, M. S., & Purwaningtias, D. (2016). Implementasi Sistem Informasi Biro Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan Berbasis Internet (Studi Kasus: Akbid Aisyiyah Pontianak). Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK). 32-37. 

Nurwahyuni, S. (2015). Aplikasi SMS Gateway Berbasis web untuk Informasi Lokasi ATM di Pontianak. SNIPTEK. 960-990. 

Pratama, I. P. A. E.(2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung. 

Saputra, D., & Rafiqin, A. (2017). Pembuatan Aplikasi Game Kuis “Pontianak Punye” Berbasis Android. Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol. 5(No. 2). 71-85. 

Sasongko, A. (2015). Rancangan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Perpustakaan Akbid Aisyiyah Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol. 3(No. 2). 124-133.