Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media sosial oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (PANWASCAM) terbaik se-Kota Bekasi menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dalam konteks pemilu, media sosial menjadi alat penting untuk meningkatkan partisipasi publik, transparansi, dan komunikasi. Metode AHP digunakan untuk mengevaluasi berbagai faktor yang memengaruhi efektivitas penggunaan media sosial, seperti jangkauan audiens, interaksi dengan masyarakat, dan kecepatan penyampaian informasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada anggota PANWASCAM dan pemilih di Kota Bekasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor jangkauan audiens memiliki bobot tertinggi, diikuti oleh interaksi dan kecepatan informasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun media sosial memiliki potensi besar, keberhasilannya sangat bergantung pada strategi komunikasi yang efektif dan keterlibatan aktif dari PANWASCAM. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan peningkatan kapasitas PANWASCAM dalam memanfaatkan media sosial, serta perlunya pengembangan strategi komunikasi yang lebih terintegrasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi PANWASCAM dalam memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mendukung pelaksanaan pemilu yang transparan dan partisipatif.
Jurnal
Skripsi
A. Ridlan. (2019). Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan dengan Menggunakan Metode Analytical Hirarchy Process (AHP) dalam Menyeleksi Kelayakan Penerima Beasiswa. METIK J , 2.
Alamat, K., Primandari, M., Berlian, R., & Kadafi, A. R. (2021a). Penerapan Sistem Penunjang Keputusan Dalam Pemilihan Aplikasi Online Shop Dengan Metode Analtycal Hierarchy Process. In Diterima (Vol. 1, Issue 2). http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/larik
Alamat, K., Primandari, M., Berlian, R., & Kadafi, A. R. (2021b). Penerapan Sistem Penunjang Keputusan Dalam Pemilihan Aplikasi Online Shop Dengan Metode Analtycal Hierarchy Process. In Diterima (Vol. 1, Issue 2). http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/larik
Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1
Fazriah Oktaviani, W., Fatchiya, A., Manusia, F. E., Pertanian Bogor, I., Departemen, D., Komunikasi, S., & Masyarakat, P. (n.d.). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA UMBUL PONGGOK, KABUPATEN
KLATEN The Effectiveness of Social Media as a Media Promoting of Umbul Ponggok Tourism, Klaten Regency (Vol. 17, Issue 1).
Handoko, D. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kapten Tim Futsal Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 1(2), 77–86. https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v1i2.11
Imam Pambudi, W., Izzatillah, M., Raya Tengah No, J., Gedong, K., Rebo, P., & Timur, J. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE AHP PT NGK BUSI INDONESIA. Jurnal
39
Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 02. Mukhamad Najib, I. U. U. S. I. U. S. S. I. U. F. F. I. U. (2021). Application of SWOT-AHP to Develop Organic Food Marketing Strategy. Academy of Strategic Management Journal (Print ISSN: 1544-1458; Online ISSN: 1939-6104).
Noor Permadi, R., Retno Sari, M., Prawitasari Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah, N., Muhammad Ardans Sempaja Selatan Samarinda Utara, J. H., Hitam, A., Samarinda, K., & Timur, K. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. In JUNI (Vol. 10, Issue 01).
Pratama and Haryanto. (2020). Pengambilan Keputusan Berwisata berdasarkan Pengaruh Media Sosial. Pengambilan Keputusan Berwisata Berdasarkan Pengaruh Media Sosial.
Riadi, S., & Hasugian, H. (n.d.). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMA MUHAMMADIYAH 15 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW).
Sabri, F., & Novriyansyah, M. (2023). Implementation of Analytical Hierarchy Process (AHP) Method in the Design of Kulong Kebintik Utilization. MEDIA KOMUNIKASI TEKNIK SIPIL, 29(1), 103–112. https://doi.org/10.14710/mkts.v29i1.53977
Setiawan, W., Siregar, A. C., Abdullah, A., Id, A. S. A., & Korespondensi, P. (n.d.- a). Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Pemilihan Media Sosial Pemasaran Songket Sambas.
Setiawan, W., Siregar, A. C., Abdullah, A., Id, A. S. A., & Korespondensi, P. (n.d.- b). Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Pemilihan Media Sosial Pemasaran Songket Sambas.
Vargas, L. G., & Katz, J. M. (1990). An overview of the Analytic Hierarchy Process and its applications. In European Journal of Operational Research (Vol. 48)