Yulian Surya Saputra. 17200162. 2025. PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN DI KECAMATAN SETIABUDI TERHADAP APLIKASI MY PERTAMINA DENGAN PENERAPAN METODE E-GOVQUAL. Dibimbing oleh Ibu Sucitra Sahara, S.Kom, M.Kom.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap kualitas layanan e-government (E-Govqual) pada penggunaan aplikasi My Pertamina di Kecamatan Setiabudi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner kepada 150 responden. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis melalui analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Kepuasan Pelanggan terhadap E-Govqual. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,160, yang menunjukkan hubungan yang sangat lemah, serta nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 2,56%, yang mengindikasikan bahwa variasi E-Govqual hanya sedikit dipengaruhi oleh Kepuasan Pelanggan. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,050 > 0,05 dan Fhitung (3,891) < Ftabel (3,905), sehingga hipotesis nol (H₀) diterima dan hipotesis alternatif (H₁) ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor lain di luar Kepuasan Pelanggan mungkin memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kualitas layanan e-government. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pengembangan aplikasi My Pertamina lebih difokuskan pada peningkatan kualitas sistem, kemudahan penggunaan, serta aspek teknis lainnya untuk meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan.
Yulian Surya Saputra - Full
Yulian Surya Saputra - Cover
Al-Qeisi, K., Dennis, C., Alamanos, E., & Jayawardhena, C. (2014). Website design quality and usage behavior: Unified theory of acceptance and use of technology. Journal of Business Research, 67(11), 2282–2290. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.06.016
Alvita Wagiswari D, P. R., Susilawati, I., Witanti, A., Studi Informatika, P., Teknologi Informasi, F., & Mercu Buana Yogyakarta, U. (2023). Analisis Sentimen pada Komentar Aplikasi MyPertamina dengan Metode Multinomial Naïve Bayes. In Jurnal ForAI (Vol. 1, Issue 1).
Darmawan, G., Alam, S., & Sulistyo, M. I. (2023). Analisis Sentimen Berdasarkan Ulasan Pengguna Aplikasi Mypertamina Pada Google Playstore Menggunakan Metode Naïve Bayes Info Artikel Abstrak. 2(3), 100–108. https://doi.org/10.55123
Faisal Jatnika, R., Kaniawulan, I., Singasatia, D., Studi, P., Informatika, T., Teknologi, S. T., & Purwakarta, W. (2023). Analisis Penerimaan Aplikasi Mypertamina Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) (Vol. 14, Issue 2). http://ejurnal.provisi.ac.id/index.php/JTIKP
Firmansyah, D., & Ahsan, M. (2023). Monitoring Kualitas Pada Aplikasi Mypertamina Berdasarkan Rating Pengguna di Google Play Menggunakan Diagram Kendali P. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 12(2).
Hanif Fariz Ramadhani, Miranda Istikarani, & Marcha Delaya Laura. (2024). Persepsi Masyarakat Pontianak: Analisis Tingkat Kesadaran Masyarakat Terhadap Aplikasi MyPertamina dan Media Sosial Pertaminakalbar. CAPACITAREA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59–66. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2023.003.02.08
Hikmawati, N. K. (2022). Analisis Kualitas Layanan My Pertamina Menggunakan Pendekatan e-GovQual pada Beberapa Kota Percobaan. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 12(2), 100–111. https://doi.org/10.34010/jamika.v12i2.7977
Indrayanto, C. G., Ratnawati, D. E., & Rahayudi, B. (2023). Analisis Sentimen Data Ulasan Pengguna Aplikasi MyPertamina di Indonesia pada Google Play Store menggunakan Metode Random Forest (Vol. 7, Issue 3). http://j-ptiik.ub.ac.id
Islamia, R., Raikhan, I., Faizy, A., Aqilla, A., Ahmad, R. F., Zahra, A., Arum, P., & Pratama, G. (2022). Dampak Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Sembilan Bahan Pokok (Sembako) Di Toko Sani Kabupaten Cirebon. In Jurnal Ekonomi Manajemen (Vol. 17, Issue 2). http://oaj.stiecirebon.ac.id/index.php/jem
Lutfi, A., Annisa Fitriani, A., Ramadani, I., Azahra Putri, N., & Shizuka Nelsi, Y. (2022). Efekvitas Penggunaan Aplikasi My Pertamina Di Era Kenaikan BBM Bersubsidi. 1(2).
Manfaat, P., Diri, E., Penggunaan, K., Terhadap, K., Muhammad Ibrahim, R., Novandriani Karina Moeliono, N., Prodi Administrasi Bisnis, M., Komunikasi Bisnis, F., & Telkom, U. (2020). Persepsi Konsumen Pada My Pertamina (Studi Pada Penggunaan My Pertamina Kota Bandung). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Accredited SINTA, 4(2), 396–413. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm
Maria, R., Umayah, R. U., Mahardinny, S., Kalana, D. N., & Saputra, D. D. (2023). Analisis Sentimen Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi My Pertamina Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Komputer Antartika, 1. https://ejournal.mediaantartika.id/index.php/jka
Maulana, I., Apriandari, W., & Pambudi, A. (2023). Analisis Sentimen Berbasis Aspek Terhadap Ulasan Aplikasi Mypertamina Menggunakan Support Vector Machine. In Idealis: Indonesia Journal Information System (Vol. 6, Issue 2). http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index
Maulana, R., Voutama, A., & Ridwan, T. (2023). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Mypertamina Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma NBC. Jurnal Teknologi Terpadu, 9(1).
Maulani, A. R., Wahyudi, T., & Rahmawati, R. (2023). Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen Aplikasi Mypertamina Dengan Metode Servqual, CSI, Dan IPA. INTEGRATE: Industrial Engineering and Management System, 7(3), 19–25. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtinUNTAN/issue/view/2162
Munas Dwiyanto, B. (2021). Pelanggan Sebagai Mediator (Studi pada Pengguna Jasa PT. Pos Indonesia di Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 10(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Mustamu, D. D., Rachma, Y., Ip, P. S., Prodi, M. M., Komunikasi, I., Komunikasi, F., & Bisnis, D. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Aplikasi Mypertamina Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bakar Pertamax Di Masyarakat Kota Bandung. 6(2).
Mustasaruddin, M., Budianita, E., Fikry, M., & Yanto, F. (2023). Klasifikasi Sentiment Review Aplikasi MyPertamina Menggunakan Word Embedding FastText dan SVM (Support Vector Machine). Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 4(3), 526. https://doi.org/10.30865/json.v4i3.5695
Putra, I. G. B. D., & Pramarthar, C. R. A. (2024). Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi MyPertamina Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana, 12(3). www.kateglo.com.
Resca Gitasela, Y., & Narti, S. (2023). Analisis Resepsi Khalayak Tentang Aplikasi MyPertamina (Studi Pada Masyarakat Kota Bengkulu). Jurnal Multimedia Dehasen, 2(2), 405–418. https://id.m.wikipedia.org/
Risky, H. A., Irmayanti, D., & Totohendarto, M. H. (2023). Redesign UI/UX Aplikasi Mobile My Pertamina Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7.
Rozy Hrp, G., & Aslami, N. (2022). Analisis Dampak Kebijakan Perubahan Publik Harga BBM terhadap Perekonomian Rakyat Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM).
Safa’ah, S. N., & Indiryanti, A. D. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi MyPertamina Berbasis Mobile Dengan Metode EUCS (End User Satisfaction with Computing). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 4(2).
Saidata Aesyi, U. (2023). Analisis Tingkat Kebermanfaatan Mypertamina Menggunakan K-Means Clustering. In Journal of Information System Management (Vol. 4, Issue 2).
Saputra, A., Sigitta Hariyono, R. C., & Saraswati, N. M. (2024). Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi MyPertamina Menggunakan Algoritma Bidirectional Long Short Term Memory. Jurnal Eksplora Informatika, 13(2), 156–163. https://doi.org/10.30864/eksplora.v13i2.973
Setiaji, A., Al Qorni, Q., Azhari, M., & Sutabri, T. (2024). Analisis Pengukuran Layanan Aplikasi Mypertamina Pada Kendaraan Bersubsidi Dengan Menggunakan Framework ITIL V4. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi, 6(2).
Setya Ananto, F., & Hasan, F. N. (2023). Implementasi Algoritma Naïve Bayes Terhadap Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi MyPertamina pada Google Play Store. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 23(1), 75–80. https://ejournal.ikmi.ac.id/index.php/jict-ikmi
Taufiqqurrahman, H., Tri Anggraeny, F., & Muharrom Al Haromainy, M. (2023). Perbandingan Algoritma Naïve Bayes Dan K-Nearest Neighbor Pada Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Mypertamina. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 6).
Wanhar, Syakti, F., & Sobri, M. (2023). Evaluasi Aplikasi My Pertamina Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus SPBU Kota Kayuagung). JURNAL TAWAK: HUNATECH, 2, 45–52.