Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Mall Kota Kasablanka Jakarta Selatan

research
  • 10 Mar
  • 2025

Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Mall Kota Kasablanka Jakarta Selatan

ABSTRAK

Devy Mu’thiya (64207161), Pengaruh Perilaku Konsumen dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Mall Kota Kasablanka Jakarta Selatan.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh perilaku konsumen dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen Starbucks Mall Kota Kasablanka Jakarta Selatan baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel yang digunakan adalah konsumen Starbucks Mall Kota Kasablanka Jakarta Selatan sebanyak 250 responden dengan menggunakan metode simple random sampling, untuk uji validitas dan reabilitas adalah sebanyak 71 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden melalui tatap muka dengan menggunakan google form. Berdasarkan hasil uji T secara parsial menunjukkan nilai Thitung 6,518 > Ttabel 1,99547 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Thtiung 3,630 > Ttabel 1,99547 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa perilaku konsumen dan citra merek secara berpengaruh  simultan terhadap keputusan pembelian sebesar Fhitung 298,324 > 3,13 FTabel dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka uji simultan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh perilaku konsumen dan citra merek berpengaruh signifikan dan simultan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian

 

Unduhan

  • LoA_DEVY_MU'THIYA.pdf

    LoA_DEVY_MU'THIYA

    •   diunduh 4x | Ukuran 182 KB
  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 5x | Ukuran 107 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah K, J. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Amruddin, P. R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka.

Anisa F, R. R. (2023). Dasar-Dasar Statistika Untuk Penelitian. Yayasan Kita Menulis.

Dini Yani, Puji Isyanto, & Uus MD Fadli. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Berbasis Android (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsika). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 5(1), 20–31. https://doi.org/10.36805/manajemen.v5i1.822

Duwi, P. (2024). Teknik Dasar Untuk Analisis Data Menggunakan SPSS. CV ANDI OFFSET.

Fera, F., & Pramuditha, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i1.1611

Firmansyah M, A. (2023). Pemasaran Produk Dan Merek. Qiara Media.

Hasibun Zainal E, S. S. (2024). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, Kepustakaan Dan PTK. AE Publishing.

Indrasari M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kelly, S. D. (2021). Keputusan Pembelian Online (Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan). Scopindo Media Pustaka.

Kristianto, F., Goh, T. S., Julitawaty, W., & Syawaluddin, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Merek Yamaha PT. Alfa Scorpii Cabang Bilal Medan. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 1201. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.545

Kusumastuti Adhi, Khoiron A M, A. T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Malang, P. N., Samboro, J., Malang, P. N., & Malang, K. (2024). Keputusan Pembelian Pada Produk Starbucks di Kota Malang. 2(6), 407–416.

Mario, B., Colline, F., Situs, P., Id, J. D., Tanjung, J., Raya, D., Jakarta, N., & Kristen, F. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Jd . id Pengaruh  Konsumen Keputusan. 23(2).

Mubarak Reza, F. F. (2021). Pengantar Ekonometrika

. Duta Media Publishing.

Mulyana A, S. E. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. CV Tohar Media.

Nalendra Aloysius R A, R. Y. (2021). Statistika Seri Dasar Dengan SPSS. Media Sains Indonesia.

Prabawa I, M, A. (2023). Customer Experience Dan Brand Images Untuk Membangun Keputusan Konsumen Dan Repurchased Intention Konsep dan Aplikasi. Lakeisha.

Rahmadani Suci, R. S. T. (2022). Citra Merek (Brand Image) Dan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan. CV Feniks Muda Sejahtera.

Rangga, A., Nalendra, A., Winarno, S. H., & Priadi, A. (2024). Strategi Brand Kopi Lokal : Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Kenangan. 4(1), 2136–2145.

Ridanasti, E. (2020). Perilaku Konsumen 4.0 Konsep dan Transformasi. Stelkendo Kreatif.

Rifai’i, A. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Rifkhan. (2023). Pedoman Metodologi Penelitian Data Panel Dan Kuesioner. CV Adanu Abimata.

Rita Haju Kaesti, Puput Melati, & Rayhan Gunaningrat. (2024). Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(2), 134–152. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i2.651

Rivaldi, A. (2024). Purchase Intention Produk Fesyen Lokal. Intelektual Manifes Media.

Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Salim, A. I. (2019). Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian (Konsep dan Teori). Media Nusa Creative.

Samsiyah Siti, L. N. (2023). Perilaku Konsumen. CV Mega Press Nusantara.

Sawlani D, K. (2021). Digital Marketing Brand Images. Scopindo Media Pustaka.

Setiadi N, J. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Prenadamedia Group.

Setyahati, A. (n.d.). Pada Bengkel Perawatan Mobil.

Simanihuruk Peran, Z. (2023). Memahami Perilaku Konsumen (Strategi Pemasaran yang Efektif pada Era Digital). PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Sitanggang, & Sari, E. (2024). Pengaruh Perilaku Konsumen , Citra Merek dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Batam. 7(2), 261–273.

Suheri, A., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), 110–119. https://doi.org/10.56338/jks.v5i2.2250

Sunarta D A, D. A. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian. CV Tohar Media.

Suryani Tatik, C. F. (2023). Perilaku Konsumen Di Era 4.0 menuju 5.0 implikasinya pada Strategi Pemasaran. Kencana.

Syarifuddin, S. I. (2022). Metode Riset Praktis Regresi Berganda Dengan SPSS. Bobby Digital Center.

Tonce Yosef, R. Y. D. P. (2022). Minat Dan Keputusan Pembelian Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk. CV Adanu Abimata.

Trigunawan Ajis, R. W. I. (2020). Regresi Linear Untuk Prediksi Jumlah. Informatics Research Center.

Vania Amelindha, N. R. A. (2024). Perilaku Konsumen. CV Gita Lentera.

Wahyuni, T., & Zuhriyah, A. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pudak Di Toko Sari Kelapa. Agriscience, 1(1), 232–243. https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.8005

Waty Ervina, A. A. F. (2023). Metodologi Penelitian Bisnis: Teori & Panduan Praktis dalam Penelitian Bisnis. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Zahriyah Aminatus, Suprianik, P. A. (2021). Ekonometrika Teknik dan Aplikasi dengan SPSS. Mandala Press.