Game platformer 2D adalah genre permainan video yang mengharuskan pemain untuk mengontrol karakter dalam lingkungan dua dimensi, melompati platform-platform yang berbeda sambil mengatasi rintangan dan mengalahkan musuh untuk mencapai tujuan di setiap level. Karakteristik utamanya meliputi perspektif dua dimensi, navigasi melalui berbagai platform, dan desain level yang variatif serta progresif, menantang pemain dengan tuntutan keterampilan refleks yang tinggi dan kemampuan pemecahan masalah. Contoh nyata dari genre ini adalah "Molly Adventure", di mana pemain mengambil peran sebagai Molly, seekor kucing yang berinteraksi dengan NPC dan objek sepanjang permainan, menggunakan mekanika lompat, lari, dan interaksi untuk memajukan cerita. Game ini mengambil inspirasi dari game seperti "Lapin & Oxenfree", dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C# dalam Unity, yang terkenal dengan sintaks yang mirip dengan C dan C++, serta kemudahan penggunaannya dan berbagai fitur modern yang mendukung pengembangan perangkat lunak. Game platformer 2D terus berevolusi dengan inovasi dalam visual, mekanika permainan, dan narasi, menjadikannya genre yang tetap relevan dan digemari oleh berbagai kalangan pemain.
Skripsi Full Isi
Unity Technologies. (2023). Unity User Manual. Retrieved from https://docs.unity3d.com/Manual/index.html Microsoft. (2023).
C# Programming Guide. Retrieved from https://learn.microsoft.com/en-us/dotnet/csharp/programming-guide/
Anderson, J., & Smith, R. (2020). The Rise of Unity: A Game Development Revolution. Journal of Game Development, 15(2), 123-137.
Li, X., & Zhang, Y. (2021). Agile and Iterative Development in Game Design: A Case Study. Journal of Software Engineering and Applications, 14(4), 200-215.
Rahman, M. S., & Patel, A. (2022). Flexibility in Iterative Game Development: Adapting to Market Changes. International Journal of Game Development, 8(2), 105-119.
Game Development Academy. (2023). Game Design Principles. Game Development Journal, 12(3), 45-67.
Smith, J. (2022). Platformer Game Mechanics. Game Mechanics Journal, 8(1), 23-34.
Anderson, K. (2021). Audio and Visual Design in Video Games. Interactive Media Review, 15(2), 78-89.