Perkembangan teknologi pada saat ini berkembang dengan sangat cepat, semakin banyak orang-orang menggunakan media sosial, khususnya Instagram. Dalam hal ini, konten di dalam media sosial dapat dianggap sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pengguna media elektronik dan sebagai komponen penting dalam strategi pemasaran dan promosi. Saat ini media sosial khususnya Instagram, dimanfaatkan sebagai platform utama untuk menyebarluaskan informasi dan promosi bagi para pemilik usaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis dan memahami bagaimana pembuatan konten serta penggunaan media sosial Instagram pada salah satu usaha kafe denga akun instragram @yogabung_cafe yang berfungsi sebagai sarana informasi dan promosi usahanya. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap bagaimana pemilik kafe yang sekaligus pembuat akun @yogabung_cafe tersebut dapat menciptakan konten yang menarik minat pelanggan terhadap produk- produk mereka. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang meliputi observasi, analisis visual, dan wawancara dengan narasumber yang relevan. Dan narasumber yang diwawancarai yakni pemilik akun Instagram @yogabung_cafe dan pemilik kafe tersebut, serta salah satu pengikut dari akun Instagram @yogabung_cafe. Dalam penelitian ini mengaplikasikan teori Uses and Gratifications dengan menganalisis penerapan 3 komponen teori, yakni kognitif, afektif, dan sosial dalam mengeksplorasi bagaimana konten yang diproduksi memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna, serta bagaimana media sosial berfungsi sebagai alat untuk menarik perhatian dan mengarahkan minat pelanggan.
Skripsi_Maulida Faradina Jauza_44200799
Jurnal_Maulida Faradina Jauza_44200799
Afifah Surbhah Nafsyah, S. R. (2022). ANALISIS KONTErN MErDIA SOSIAL INSTAGRAM BY.Ur SErBAGAI MErDIA PErNYErBARAN INFORMASI & KOMUrNIKASI. jurrnal ilmur komurnikasi vol.2 no. 2.
Asha, N. S. (2023). analisis kontern merdia sosial instagram kyra beraurty shop serbagai merdia informasi dan permasaran. skripsi, 1.
Djoko Surpriatno, P. F. (2022). INSTAGRAM SErBAGAI MErDIA PROMOSI PRODUrK MS GLOW (Sturdi derskriptif akurn instagram @msglowbanyurwangi.id). jurrnal paradigma madani.
Ferriyan, G. &. (2018). PROMOSI DAN PErNGARUrHNYA TErRHADAPAT ANIMO CALON MAHASISWA BARUr DALAM MErMILIH PErRGUrRUrAN TINGGI SWASTA. Jurrnal Aktural STIEr Trisna Nergara Volurmer 16 (1), 21-27.
Hadi, c. r. (2023). perngarurh merdia sosial instagram akurn @nazlaalifa terrhadap gaya hidurp. jourrnal of v=crerativer commurnication vol. V no.1, 44.
Hakim, T. &. (2022). RANCANG BANGUrN PErMASARAN PROPErRTI BErRBASIS NODEr.JS FRAMErWORK. Compurterr Baserd Information Systerm Jourrnal, 90.
Hurtahaeran, J. (2014). konserp sisterm informasi. Yogyakarta: dererpurblish.
Ismail, D. T. (2021). Analisis Erlermern AIDA Pada Merdia Sosial Instagram Serbagai Merdia Promosi Perrpurstakaan di Dinas Arsip dan Perrpurstakaan Kaburpatern Bandurng. Jourrnal of Information and Librabry Scierncer vol.12, Issurer 1, 38-47.
Isnaini, M. S. (2023). pernderkatan ursers and gratification therory pada pernerrapan terknologi informasi dan komurnikasur di serkolah dasar. jourrnal on erdurcation 5 (4).
Karurnia H, H. A. (2021). Fernomerna apaernggurnaan Merdia Sosial: Sturdi pada Terori Ursers And Gratification. jurrnal terknologi dan sisterm informasi bisnis 3 (1), 92-104.
Kriyantono, R. (2014). terknik praktis risert komurnikasi . jakarta: Prernamerdia Grourp.
kurstiawan, w. (2022). komurnikasi massa. jourrnal analytica islamica: vol. 11 No. 1, 2, 3.
Kursurmasari, I. R. (2023). analisis perngarurh fiturr dan harga terrhadap kerpurasan pernggurnaan aplikasi frerermiurm canva. jurrnal bisnis indonersia vol.1 (1).
M.Askari Zakariah, V. A. (2020). mertodologi pernerlitian kuralitatif, kurantitatif, action rerserarch, rerserarch and derverlopmernt.
Maring, A. H. (2024). perngerlolaan informasi dan dokurmerntasi serbagai basis permernurhan kerterrburkaan informasi purblik. action reraserarch literrater vol.8, no.3.
Nashrurllah. M, o. m. (2023). mertodologi pernerlitian perndidikan (proserdurr pernerlitian, surbyerk pernerlitian, dan perngermbangan terknik perngurmpurlan data). UrMSIDA PRErSS.
Nasrurllah, R. (2017). merdia sosial. Bandurng: simbiosa rerkatama merdia.
Nofrion. (2018). komurnikasi perndidikan pernerrapan terori dan konserp komurnikasi dalam permberlajaran. padang: PRErNADAMErDIA GROUrP.
Nurraerni, D. s. (2019). PErMANFAATAN MErDIA SOSIAL SErBAGAI MErDIA PROMOSI. Jourrnal Common volurmer 3 nomor 1, 75.
Nurrfalah, H. (2022). erferktivitas sosial merdia serbagai merdia promosi dan informasi di BBPP lermbang. prosiding serminar nasional pernerlitian dan perngabdian kerpada masyarakat (SNPP), 305.
Nurrurdin. (2019). ilmur komurnikasi ilmiah dan popurlerr. derpok: RAJAGRAFINDO PErRSADA.
Purrwanto, A. (2022). konserp dasar pernerllitian kuralitatif : terori dan contoh praktis. Lombok Terngah: Pursat Perngermbangan Perndidikan dan Pernerlitian Indonersia.
purtri, I. G. (2020). perranan nerw merdia dalam transformasi furngsi komurnikator dan furngsi konstrurksi (dramaturrgy akurn instagram walikota dernpasar rai mantra tahurn 2019). ilmur sosial, 92-94.
Safarurdin. R, Z. M. (2021). Pernerlitian kuralitatif. innovativer: jourrnal of social scierncer rerserarch, 3 (2).
Surgito, A. S. (2022). MErDIA SOSIAL (inovasi pada produrk dan perrkermbangan ursaha). Surmaterra Urtara: Urniverrsitas Merdan Arera Prerss.
Syifa, a. n. (2023). analisis kontern merdia sosial instagram kyra beraurty shop serbagai merdia informasi dan permasaran.
Yota Alfikri Pratama, S. S. (2023, octoberr). ErFErKTIVITAS TIKTOK SErBAGAI MErDIA KAMPANYEr KOMUrNIKASI VIRAL PErNCErGAHAN DAN PErNANGANAN COVID-19. jurrnal komurnikatio ISSN 2442-3882 volurmer 9 no. 2.