Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Survei Kepuasan Pengguna Aplikasi JAKARTA KINI (JAKI) Pada Kelurahan Tebet Timur Menggunakan Metode EUCS

research
  • 23 Oct
  • 2024

Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Survei Kepuasan Pengguna Aplikasi JAKARTA KINI (JAKI) Pada Kelurahan Tebet Timur Menggunakan Metode EUCS

Kehidupan modern tidak bisa dilepaskan dari kemajuan teknologi karena dampaknya yang memberikan kemudahan dalam beraktivitas, seperti kemudahan dalam mengakses informasi dari media. Media tidak hanya digunakan oleh individu, tetapi juga oleh lembaga seperti Jakarta Smart City (JSC). Jakarta Smart City meluncurkan aplikasi bernama JAKI (Jakarta Kini) dengan berbagai fitur di dalamnya untuk memudahkan kehidupan masyarakat yang tinggal atau bekerja di Jakarta. Untuk mengenalkan aplikasi tersebut kepada masyarakat, divisi komunikasi dan pemasaran Jakarta Smart City menerapkan dua dari tiga strategi pemasaran humas, yaitu strategi pull and pass. Strategi tersebut terbukti berhasil menjangkau satu juta pengguna aplikasi JAKI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pull and pass yang dilakukan pemasaran untuk aplikasi JAKI. Warga Jakarta dapat cepat mengakses layanan dengan menggunakan smartphone khusus berkat perangkat lunak ini

Unduhan

 

REFERENSI

Fitriansyah, Ahmad, and Ibnu Harris. 2018. “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS).” Query: Jurnal Sistem Informasi 2(1):1–8.

Istianah, Eva, and Wiyli Yustanti. 2022. “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Jenius Dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) Berdasarkan Perspektif Pengguna.” Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence 3(4):36–44.

Nida Salma Fahriani, and Intan Rike Febriyanti. 2022. “Analisis Kepuasan Pelanggan Di Apotek Bunda Cikembar.” OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 2(3):1–11. doi: 10.55606/optimal.v2i3.431.

Pertiwi, Ayu Bunga, Hapzi Ali, and Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Loyalitas Pelanggan; Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Literature Revie Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 3(6):582–91.

Ramadhayanti, Fradea Novi, Mulyadi, and Errissya Rasywir. 2023. “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS.” Jurnal Ilmiah Media Sisfo 17(1):143–51. doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792.

Saputra, Arif, and Denny Kurniadi. 2019. “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika) 7(3):58. doi: 10.24036/voteteknika.v7i3.105157.

Sutanto, Y. 2015. “Analisis Kepuasan Pengguna Website Manajemen Informatika Dengan Metode EUCS Berbasis CMS.” Informatika 2(1):242535