Supporter merupakan unsur terpenting dalam sebuah organisasi persepak bolaan. Organisasi The Jakmania Pondok Gede salah satu organisasi supporter sepak bola yang menerapkan pola komunikasi organisasi agar menciptakan suatu komunikasi yang baik dalam organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui bagaimana pola komunikasi The Jakmania Pondok Gede dalam mendukung Persija Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Wawancara, observasi dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data khususnya komunikasi organisasi pada organisasi The Jakmania Pondok Gede. Hasil penelitian menunjukan adanya 2 pola komunikasi organisasi yang diterapkan adalah Pola Komunikasi Atas Ke Bawah yaitu, komunikasi dari pemimpin akan berbicara satu sama lain dari atas ke bawah yang berkaitan dengan kewajiban dan otorisasi. Serta, Pola Komunikasi Informal yaitu jenis komunikasi yang terjadi setelah pengurus pusat atau pengurus koordinator wilayah menyampaikan komunikasi secara resmi, The Jakmania Pondok Gede mendiskusikan lebih lanjut informasi yang telah disampaikan dengan tujuan membangun kembali komunikasi antar ketua wilayah dengan para anggotanya.
Full Skripsi
Agustina, R. S. (2020). Buku Jago Sepak Bola. Ilmu Cemerlang Group. https://books.google.co.id/books?id=Ntr0DwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1# v=onepage&q&f=false
Darlin, W., Putra, A. D., & Hendrastuty, N. (2023). Sistem Informasi Manajemen Kost Putra Trisula Berbasis Web (Studi Kasus: Asrama Putra Trisula). … Dan Sistem Informasi, 4(3), 240–249. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/2701%0Ahttps://j im.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/download/2701/923
Haryanto. (2021). Sepak Bola. PT. Adfale Prima Cipta.
Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaaan Islam. E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies, 13, 1–6.
Julia, M., & Jiddal Masyruroh, A. (2022). Literature Review Determinasi Struktur Organisasi: Teknologi, Lingkungan Dan Strategi Organisasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 383–395. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.895
Mahendra, T. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi The Jak Mania pada Rencana Initial Public Offering PT . Persija Jakarta. 18, 350–364.
Nana Triapnita, N., & Marto, S. (2021). Komunikasi Organisasi: Teori, inovasi dan etika. http://repository.stiesultanagung.ac.id/id/eprint/633/1/5.FullBook Komunikasi Organisasi.pdf
Pasolong, D. H. (2020). Metode Penelitian Administrasi Publik. Alfabeta Bandung. Sahadi, Husni, O. T., & Kusumah, A. W. (2020). Karakteristik Para Pemimpin Yang
Diidolakan Masa Kini Dan Masa Depan Pada Organisasi. Forum Manajemen, 15(2), 34–42. https://doi.org/10.61938/fm.v15i2.164
Silviani, I. (2020). Komunikasi Organisasi. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA. Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Keabsahan data. INA-Rxiv, 1–22.