PENGARUH STRATEGI PEMASARAN BUSINESS TO BUSINESS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN KAROSERI AMBULANCE DI PT DARMA NIAGA UTAMA

research
  • 22 Oct
  • 2024

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN BUSINESS TO BUSINESS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN KAROSERI AMBULANCE DI PT DARMA NIAGA UTAMA

Seiring dengan meningkatnya permintaan akan pelayanan kesehatan seperti ambulance dan meningkatnya persaingan pasar global di bidang karoseri ambulance memaksa perusahaan karoseri ambulance untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif yang berpokus pada strategi pemasaran B2B, selain itu inovasi produk juga menjadi hal yang perlu diperhitungkan seiring dengan perkembngan teknologi dan kebutuhan akan ambulance yang semakin beragam. Dengan menerapkan strategi pemasaran B2B dan inovasi produk diharapkan dapat mendongkrak penjualan ambulance di PT Darma Niaga Utama.Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh dari strategi pemasaran B2B dan inovasi produk terhadap peningkatan penjualan di PT Darma Niaga Utama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif statistik dengan menyebarkan kuesioner kepada 76 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran B2B dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjulan secara parsial. Kemudian secara simultan strategi pemasaran B2B dan inovasi produk juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan.

Unduhan

 

REFERENSI

Adilla, M. S. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran B2B (Business-to-Business) Dalam Meningkatkan Penjualan Produk DI PT Cloud Hosting Indonesia (IDCloudHost). Unissula Institutional Repository, 1–129. https://repository.unissula.ac.id/31604/

Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.32424/1.jras.2023.2.2.10792

Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KOTA PADANG. VIII(1), 179–188.

Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., & Syaiful, A. (2024). Strategi Pemasaran Digital : Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. 155–166.

Dendi Renaldi, G. (2021). JURNAL FAIR VALUE. 4(1), 194–203.

Edi Triwibowo, J. (2019). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Biayan Distribusi Terhadap Volume Penjualan. 4(1).

Efan, Vistany Fillayata, M. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung ). Industrial Research Workshop and National Seminar, 78, 969–976. https://scholar.google.co.id/citations?user=PVAadCwAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DPVAadCwAAAAJ%26citation_for_view%3DPVAadCwAAAAJ%3ATQgYirikUcIC%26tzom%3D-420

Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p18

Firmansyah, D., Susetyo, D. P., Suryana, A., & Saepuloh, D. (2022). Volume Penjualan: Analisis Pendekatan Regresi Data Panel. Asian Journal of Management Analytics, 1(2), 109–124. https://doi.org/10.55927/ajma.v1i2.1479

Indah Wahyu Putri, F., & Surianto, M. A. (2022). Strategi Mengelola Hubungan Pelanggan Pada Kajian Business To Business PT Wakabe Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 44–56. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.501

Israwati, Hermansyah, T. Irawan, Fajrig Arsyelan, & Avid Opel Alexander. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif Dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umkm Tekat Tiga Dara. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 72–76. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.510

Kotler, P. (2014). Kotler On Marketing. Simon and Schuster. https://books.google.co.id/books/about/Kotler_On_Marketing.html?id=iHWxeT7X5YYC&redir_esc=y

Kurniawan, R., & Sutiyanti. (2021). Pengaruh Motivasi, Pelatihan Dan Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Berbintang Di Kota Batam. Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, 1(1), 457–467. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4471%0Ahttps://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/download/4471/1188

Listiyani, L., & Hidayat, A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Segment Government PT. Telkom Indonesia Witel Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan. EBISMAN : EBisnis Manajemen, 1(3).

  1. Syarifman. (2022). JAMBIS Meningkatkan Volume Penjualan Increase Sales Volume. 3(1), 42–52.

Mardiatmoko, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Maulana, Y. S., & Alisha, A. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 86. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1313

Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304

Nari, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Al-Iqtishad, 17(2), 176. https://doi.org/10.24014/jiq.v17i2.10602

Nasruddin. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di PT. Hadji Kalla Cabang Palopo. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3(2), 19–27.

Parashakti, R. D., & Setiawan, D. I. (2019). Gaya Kepemimpinan dan Motivasiterhadap Kinerja Karyawan pada Bank BJB Cabang Tangerang. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.33059/jseb.v10i1.1125

Pebriani, W., & Busyra, N. (2023). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Era New Normal. Jurnal EMT KITA, 7(1), 83–89. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.739

Purwanza, S. W., Wardhana, A., Mufidah, A., Renggo, Y. R., Hudang, A. K., Setiawan, J., & Darwin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. In Media Sains Indonesia (Issue March).

Sudariana, & Yoedani. (2022). Analisis Statistik Regresi Linier Berganda. Seniman Transaction, 2(2), 1–11.

Sufiyati, A., Suwarni, E., & Anggarini, D. R. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerjakaryawan Pt Tedco Agri Makmur Di Lampung Tengah. SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 1(1), 12–21.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Yasin, M., Garancang, S., & Hamzah, A. A. (2024). Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(3), 162–173.

Yudhana, A. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Model Utaut Untuk Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Rumah Sakit. 9(2), 1621–1630.

Zulfa, I., & Hariyani, T. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UKM Ampuh Di Kabupaten Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 299–314. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.363