Siti Arum Sari (64200723), Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Loyalitas Pelanggan Pada PT. Bintang Klender Mandiri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Harga dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner kepada
pelanggan PT. Bintang Klender Mandiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
pelanggan PT. Bintang Klender Mandiri. Sampel penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini berjumlah 110 orang dengan menggunakan teknik random sampling.
Pengujian dilakukan dengan Regresi Berganda dengan melakukan uji asumsi klasik
terlebih dahulu, lalu dilakukan pengujian hipotesis secara parsial dengan Uji t dan
simultan dengan Uji f. kemudian mencari koefisien determinasi untuk melihat seberapa
besar persentase varians variable bebas berpengaruh terhadap variable terikat. Hasil
penelitian menyatakan bahwa secara parsial dan simultan kedua variabel independen
yang diteliti yaitu harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien determinasi yang cukup besar yaitu
52% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
Jurnal_Siti Arum Sari_64200723
SKRIPSI SITI ARUM SARI_64200723
bukti turnitin
Bukti submitted jurnal
Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Ikraith Ekonomika, 4(3), 243–252. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2409
Aprileny, I., Wati, W. T., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen 39–47. https://doi.org/10.36406/jam.v17i02.330
Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 11(2), 498–504.
https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246
ARYANI, E. T., & KURNIANINGSIH, H. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kepercayaan Merek, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Di Surakarta. Jurnal Maneksi, 12(2), 368–377.
https://doi.org/10.31959/jm.v12i2.1488
Bastian, J., & Widodo, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 2(1), 29. https://doi.org/10.32493/jmw.v2i1.19518
Eka Putra, A. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24.
https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314
Firsti Zakia Indri, & Gerry Hamdani Putra. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Konsentrasi Pasar Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 236–252. https://doi.org/10.55606/jimek.v2i2.242
Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239
Irfan Syahroni, M. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56.
https://doi.org/10.62552/ejam.v2i3.50
Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus di Billionaire Store Bandung ). Ejurnal.Poltekpos.Ac.Id, 10, 1–8. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/download/731/549
Lesmana, H. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Di Kelurahan Pasarbatang. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA), 1(1), 29–37.
http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jasika
Lestari, J. S., Farida, U., & Chamidah, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerjaterhadap Prestasi Kerja Guru. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 38–55.
https://doi.org/10.24269/asset.v2i2.2388
Lestari, L. S., Suroso, & Patricia, A. F. (2022). Pengaruh Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Gardu Induk Haurgeulis PT. PLN (Persero) Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 178–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.6589565
M-progress, J. I., Pengembangan, P., Dan, K., Kerja, D., Wardani, S., Rita, P., & Permatasari, I. (2022). Pengaruh Pengembangan Karier Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Di Tangerang. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 13–25. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.862
Penelitian Yang Dapat Mempengaruhi Keabsahan Dan Keandalan Temuan Penelitian, V. (2023). Mengelolah Data Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam PenelitianPendidikan : Instrumen Tes Dan Non Tes Peserta Didik Kelas IV SDNPondok Kacang Barat 03. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(02), 49–53. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk
Mahanani, E., & Alam, I. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 19(01), 11–21. https://doi.org/10.36406/jam.v19i01.550
Maulana, M. I. N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. Performa, 5(6), 512–521. https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1854
Mokoginta, C., L, I., & Rumerung, J. (2023). Peningkatan Kualitas Pelayanan Untuk Kepuasan Publik Pada Pengadilan Tata Usaha Negara Manado. Manajemen Administrasi Bisnis Dan Pemasaran (Mabp), 5(1), 82. http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/593
MUKTI, A., & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee. Jurnal Bina Manajemen, 10(1), 229–246. https://doi.org/10.52859/jbm.v10i1.163
Murjani. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan Ptk. Cross-Border, 5(1), 688–713.
https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross- Border/article/view/1141
Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167.
https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139
Nurdewi, N. (2022). Implementasi Personal Branding Smart Asn Perwujudan Bangga Melayani Di Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.235
Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39
Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61.
https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(3), 27–41.
https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i3.83
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Rosyidah, N., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Self-Service Technology Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Mcdonald’S Di Surabaya). Image : Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 14–27. https://doi.org/10.17509/image.v10i1.31448
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Setiawan, B. P., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 352–366. https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5493
Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di BEI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1581–1590.
https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/308/261
Sirait, S. S., & Thalib, F. (2020). Analisis Kualitas Layanan Inaportnet Dikantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Dengan Metode Servqual Dan Qfd. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(1), 82–96.
https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i1.2409
Subawa, I. G. B., & Sulistyawati, E. (2020). Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 718. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p16
Sudana, I. K., Anggreni, N. L. P. Y., & Indrawan, I. P. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Kober Mie Setan (Study Kasus Kober Mie Setan Peguyangan). Jurnal Pendidikan Widyadari, 22(2), 555–561. https://doi.org/10.5281/zenodo.5574445
Susnita, T. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel Libra Kadipaten Kabupaten Majalengka. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 73–84.
https://doi.org/10.33395/juripol.v3i1.10485
Tsalatsa, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Diskusi Kopi Kafe Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1464–1471.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42041
Usli, V. A. (2022). Analisis Strategi Penetapan Harga Pt. Grab Di Indonesia. Bisnis- Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 133–139.
https://doi.org/10.46576/bn.v5i2.2762
Vicramaditya, P. B. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Kualitas Informasi dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Grabbike. Journal of Business and Banking, 10(2), 325.
https://doi.org/10.14414/jbb.v10i2.2379
Woro Utari, Hariwibowo, & Tri Andjarwati. (2021). Pengaruh Motivasi, Kemampuan Kerja Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pu Bina Marga Di Kabupaten Sumenep. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.55606/jaem.v1i3.1
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15–22.