Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Bintang Klender Mandiri Jakarta

research
  • 22 Oct
  • 2024

Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Bintang Klender Mandiri Jakarta

Siti Arum Sari (64200723), Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Loyalitas Pelanggan Pada PT. Bintang Klender Mandiri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Harga dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner kepada
pelanggan PT. Bintang Klender Mandiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
pelanggan PT. Bintang Klender Mandiri. Sampel penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini berjumlah 110 orang dengan menggunakan teknik random sampling.
Pengujian dilakukan dengan Regresi Berganda dengan melakukan uji asumsi klasik
terlebih dahulu, lalu dilakukan pengujian hipotesis secara parsial dengan Uji t dan
simultan dengan Uji f. kemudian mencari koefisien determinasi untuk melihat seberapa
besar persentase varians variable bebas berpengaruh terhadap variable terikat. Hasil
penelitian menyatakan bahwa secara parsial dan simultan kedua variabel independen
yang diteliti yaitu harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien determinasi yang cukup besar yaitu
52% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Unduhan

 

REFERENSI

Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Ikraith Ekonomika, 4(3), 243–252. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2409

Aprileny, I., Wati, W. T., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen 39–47. https://doi.org/10.36406/jam.v17i02.330

Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara.   Jurnal Maneksi,          11(2),   498–504.

https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246

ARYANI, E. T., & KURNIANINGSIH, H. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kepercayaan Merek, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Di Surakarta. Jurnal Maneksi, 12(2), 368–377.

https://doi.org/10.31959/jm.v12i2.1488

Bastian, J., & Widodo, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 2(1), 29. https://doi.org/10.32493/jmw.v2i1.19518

Eka Putra, A. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24.

https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314

Firsti Zakia Indri, & Gerry Hamdani Putra. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Konsentrasi Pasar Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 236–252. https://doi.org/10.55606/jimek.v2i2.242

Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239

Irfan Syahroni, M. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56.

https://doi.org/10.62552/ejam.v2i3.50

Kambali,  I.,  &  Syarifah,  A.  (2020).  PENGARUH  HARGA  TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus di Billionaire Store Bandung ). Ejurnal.Poltekpos.Ac.Id,        10,       1–8.        https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/download/731/549

Lesmana, H. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Di Kelurahan Pasarbatang. Jurnal Sistem Informasi       Akuntansi        (JASIKA), 1(1),     29–37.

http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jasika

Lestari, J. S., Farida, U., & Chamidah, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerjaterhadap Prestasi Kerja Guru. ASSET: Jurnal    Manajemen      Dan     Bisnis, 2(2),     38–55.

https://doi.org/10.24269/asset.v2i2.2388

Lestari, L. S., Suroso, & Patricia, A. F. (2022). Pengaruh Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Gardu Induk Haurgeulis PT. PLN (Persero) Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 178–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.6589565

 

M-progress, J. I., Pengembangan, P., Dan, K., Kerja, D., Wardani, S., Rita, P., & Permatasari, I. (2022). Pengaruh Pengembangan Karier Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Di Tangerang. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 13–25. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.862

 

Penelitian Yang Dapat Mempengaruhi Keabsahan Dan Keandalan Temuan Penelitian, V. (2023). Mengelolah Data Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam PenelitianPendidikan : Instrumen Tes Dan Non Tes Peserta Didik Kelas IV SDNPondok Kacang Barat 03. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(02), 49–53. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

 

Mahanani, E., & Alam, I. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 19(01), 11–21. https://doi.org/10.36406/jam.v19i01.550

 

Maulana, M. I. N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. Performa, 5(6), 512–521. https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1854

 

Mokoginta, C., L, I., & Rumerung, J. (2023). Peningkatan Kualitas Pelayanan Untuk Kepuasan Publik Pada Pengadilan Tata Usaha Negara Manado. Manajemen Administrasi   Bisnis   Dan   Pemasaran   (Mabp),   5(1),   82. http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/mabp/article/view/593

 

MUKTI, A., & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee. Jurnal Bina Manajemen, 10(1), 229–246. https://doi.org/10.52859/jbm.v10i1.163

 

Murjani. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan Ptk. Cross-Border, 5(1),          688–713.

https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross- Border/article/view/1141

 

Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167.

https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139

Nurdewi, N. (2022). Implementasi Personal Branding Smart Asn Perwujudan Bangga Melayani Di Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.235

 

Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39

 

 Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61.

https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(3), 27–41.

https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i3.83

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

 

Rosyidah, N., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Self-Service Technology Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Mcdonald’S Di Surabaya). Image : Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 14–27. https://doi.org/10.17509/image.v10i1.31448

 

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

 

Setiawan, B. P., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 352–366. https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5493

 

Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di BEI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1581–1590.

https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/308/261

Sirait, S. S., & Thalib, F. (2020). Analisis Kualitas Layanan Inaportnet Dikantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Dengan Metode Servqual Dan Qfd. Jurnal     Ilmiah  Ekonomi          Bisnis, 25(1),   82–96.

https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i1.2409

Subawa, I. G. B., & Sulistyawati, E. (2020). Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 718. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p16

 

Sudana, I. K., Anggreni, N. L. P. Y., & Indrawan, I. P. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Kober Mie Setan (Study Kasus Kober Mie Setan Peguyangan). Jurnal Pendidikan Widyadari, 22(2), 555–561. https://doi.org/10.5281/zenodo.5574445

 

Susnita, T. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel Libra Kadipaten Kabupaten Majalengka. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 73–84.

https://doi.org/10.33395/juripol.v3i1.10485

 

Tsalatsa, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Diskusi Kopi Kafe Gresik. Jurnal Pendidikan Tata       Niaga   (JPTN),            9(3),     1464–1471.

 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42041

Usli, V. A. (2022). Analisis Strategi Penetapan Harga Pt. Grab Di Indonesia. Bisnis- Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 133–139.

https://doi.org/10.46576/bn.v5i2.2762

Vicramaditya, P. B. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Kualitas Informasi dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Grabbike. Journal of Business and Banking, 10(2), 325.

https://doi.org/10.14414/jbb.v10i2.2379

Woro Utari, Hariwibowo, & Tri Andjarwati. (2021). Pengaruh Motivasi, Kemampuan Kerja Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pu Bina Marga Di Kabupaten Sumenep. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.55606/jaem.v1i3.1

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15–22.

https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22