Pelatihan dan pengajaran adalah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau kelompok untuk menjadi dewasa. Pendidikan memiliki peran krusial dalam perkembangan suatu negara. Oleh sebab itu, dibutuhkan pendidikan yang berkualitas untuk mendorong kemajuan bangsa.
Media pembelajaran yang menggunakan smartphone memiliki kelebihan seperti kemudahan akses di mana saja dan kapan saja. Hal ini membuatnya sangat praktis sebagai alat bantu belajar bagi siswa. Media pembelajaran saat ini sering menampilkan video dan gambar-gambar menarik yang biasanya memerlukan alat bantu seperti laptop, PC, dan proyektor, yang tidak mudah digunakan di mana saja dan kapan saja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sebuah aplikasi Game edukasi untuk anak sekolah dasar, untuk meningkatkan minat belajar. Metode Rapid Game Prototyping, yang merupakan modifikasi dari metode pengembangan perangkat lunak cepat, digunakan dalam penelitian ini.
Game edukasi pengenalan nama buah dapat lebih membantu anak-anak mengatasi kesulitan belajar, media pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Hasilnya anak-anak dapat menambah pengetahuan dan mendapat Game baru untuk dimainkan.
Skripsi Upload BAB 1,2,5
Diharjo, W. (2020). Game Edukasi Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle Pada Genre Puzzle Game. INTEGER: Journal of Information Technology, 5(2), 23–35. https://doi.org/10.31284/j.integer.2020.v5i2.1171
Hamria Hamka, H. H. (2022). Game Edukasi Untuk Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII Berbasis Android. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 274–288. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1491
M.Pd, Samin, S. P. (2023). BERPIKIR KRITIS DENGAN GAME EDUKASI. https://www.google.co.id/books/edition/BERPIKIR_KRITIS_DENGAN_GAME_EDUKASI/ivPcEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=1
Mashuri, C., Fadli, R. I., Permadi, G. S., & Mujianto, A. H. (2021). Developing Indonesian Learning Game Applications for Elementary School Students Using the Prototyping Method. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(4), 918–928. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i4.580
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1475
Nugroho, A. W., & Ma’arif, S. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi ”Marbel Fauna” pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6686–6694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3326
Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran online berbasis game edukasi Wordwall tema Indahnya Kebersamaan pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1490
Prasetyo, R. M. M., Syaputra, H., Cholil, W., & Sauda, S. (2021). Rancang Dan Bangun Game Edukasi Anak-Anak Berbasis Android Dengan Unity Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v2i2.526
Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 95–100. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835
Wulandari, D. (2021). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK Kelas VIII/SMP MTS. https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_GAME_EDUKASI_BERBASIS_ANDRO/M6OBEAAAQBAJ?hl=jv&gbpv=0