Amelia Dewi Anggraini (44230889), “Strategi Komunikasi Pemasaran Cv Home-Klik Melalui Media E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Produk”.
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di era globalisasi sekarang ini berkembang dengan sangat cepat. Hal ini berdampak pada meningkatnya persaingan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi. Media sosial sering digunakan oleh berbagai institusi sebagai sarana promosi untuk meningkatkan citra perusahaan dan mempertahankan kualitas dalam aktivitas promosi mereka. Perkembangan pemasaran mengarahkan perusahaan untuk melakukan komunikasi pemasaran kepada konsumen. Komunikasi pemasaran melibatkan upaya untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan mengingatkan konsumen agar bersedia menerima, membeli, dan tetap setia pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Saat ini, perusahaan menggunakan berbagai bentuk strategi komunikasi. Dalam bauran pemasaran, ada setidaknya empat pendekatan yang harus dilakukan oleh setiap pelaku usaha yang ingin menguasai pasar. Pendekatan-pendekatan tersebut meliputi produk berkualitas tinggi (product), harga yang kompetitif (price), promosi penjualan yang efektif (promotion), dan tempat atau saluran distribusi yang baik (place). Cv Home-klik merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan retail di e-commerce. Dalam mencapai keberhasilannya cv home-klik perlu meningkatkan strategi komunikasi dalam meningkatkan penjualan dari produk yang di pasarkan melalui e-commerce. Oleh sebab itu dalam penelitian ini membahas peran e-commerce dan bagaimana cara memaksimalkan strategi penggunaan e-commerce untuk meningkatkan penjualan produk pada cv home-klik melalui penggunaan strategi komunikasi bauran pemasaran 4p yang nantinya akan dianalisis menggunakan teori SOSTAC. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menghasilkan sebuah karya.
Kata Kunci : E-Commerce, Strategi Komunikasi, Bauran Pemasaran, Analisis SOSTAC
Cover Skripsi Amelia Dewi Anggraini
Skripsi - Amelia Dewi Anggraini - 44230889
Jurnal Amelia Dewi Anggraini - 44230889
Abelista, K. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Uma (Studi Kasus Konten Tagar Racun Tiktok). Ilmu Komunikasi. https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/19229/2/188530091 - Kezia Abelista Hutagalung - Fulltext.pdf
Aisya, N. (2023). ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA E-COMMERCE. http://repository.pnb.ac.id/9605/2/RAMA_93308_2215764007_0001048404_0031126240_part.pdf
Ali Sadikin, I. M. & M. S. H. (2020). Pengantar Manajemen dan Bisnis. K-Media.
Arifa, A. (2022). Pengertian Informan Penelitian dan Contohnya. PenelitianIlmiah.Co.
Arya, Y. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen Pada PT.Rajagrafindo. Ilmu Komunikasi.
Chaffey, D. and Smith, P. R. (2018). Digital marketing / Dave Chaffey, Fiona Ellis-Chadwick. Pearson Education.
Dr. Saida Zainurossalamia ZA, M. S. (2020). Manajemen Pemasaran. In Forum Pemuda Aswaja.
Hafied Cangara. (2017). Edisi Revisi Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pres.
Hamdy, ihsan dkk. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) Pada Pt. Haluan Riau. Teknik Industri, Vol. 5, No. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/105228426/4739-libre.pdf?1692796506=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DAnalisa_Strategi_Marketing_Mix_Menggunak.pdf&Expires=1718118896&Signature=HR48l13lgu5TZHVUmoW-bzEUkps56vL8wjpJgOtxqUe5Xl5hBhX83UCK
Haudi, Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of Product Innovation and Marketing Strategy on Consumer Purchase Decisions in Indonesia ’ S. Journal of Critical Reviews.
Hermawati Agustin. (2022). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital. file:///C:/Users/AXIOO/Downloads/samalinahazratihavidz,+14-28+Agustin+Hermawati.pdf
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.
Kurnianto, S. dwi. (2022). Analysis of the Effect of Service Quality, Price Perception and Flash Sale on Customer Loyalty of Lazada Application. Manajemen Bisnis. http://repository.untag-sby.ac.id/19095/1/ABSTRAK.pdf
Mauliga, I. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI SOSIAL MEDIA INSTARGRAM. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/viewFile/7616/3439
Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media Informasi Publik Internal. Ilmu Komunikasi.
Mayssara A. Abo Supervised, A. (2019). in-Depth Interview (Wawancara Mendalam). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran. Ilmu Komunikasi.
Mujiyana, M., & Elissa, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@TI UNDIP : JURNAL TEKNIK INDUSTRI. file:///C:/Users/AXIOO/Downloads/6504-24916-1-PB-1.pdf
Mulyana, M. (2019). Strategi Distribusi. Manajemen Pemasaran : Materi Tutorial Online.
Olifia, N. W. M. J., & Mahaputra, I. I. D. R. (2018). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) dalam Menarik Minat Pelanggan Umah Hoshi Villa di Desa Sebatu , Kecamatan Tegallalang. Jurnal IImiah Manajemen & Bisnis.
Restiani, intan. (2023). Pemanfaatan E-commerce Untuk Meningkatkan Omzet Dalam Strategi Pemasaran Jambu dan Jeruk Di Desa Umbulsari Kabupaten Jember. Skripsi :, 32. http://digilib.uinkhas.ac.id/29961/1/SKRIPSI INTAN RESTIANI WATERMARK.pdf
Ritonga, Z. (2020). Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori Dan Aplikasi) - Zuriani Ritonga - Google Buku. In Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori dan Aplikasi).
Rizal, R., Hidayat, R., & Handika, I. (2017). Analisis Bauran Pemasaran terhadap Omzet Penjualan pada PT. Gaudi Dwi Laras Cabang Palembang. Jurnal Adminika.
Rizeki, D. N. (2022). Menilik Lebih Dalam Apa itu Komunikasi Pemasaran. Majoo.Id.
Santoso, Indri Anastasia Sitanggang, and G. M. (2022). Perancangan- perancangan Website E-Commerce Ineed. id. Teknik Informatika, 19–23.
Sharen Kangean, F. R. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Persaingan E-Commerce di Indonesia. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, ol 4 no 2(Vol 4 no 2). file:///C:/Users/AXIOO/Downloads/6504-24916-1-PB-1.pdf
Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sylvia, R., Mailiana, & Fajar, R. (2019). Penerapan Promosi Penjualan Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Ud Hamida Kue Banjarmasin. Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Manajemen Pemasaran. file:///C:/Users/AXIOO/Downloads/tumpal_janji,+3.+FUAD.pdf
Tersiana, A. (2018). Kegiatan Penelitian. Metode Penelitian.
Wijoyo, H. dkk. (2020). Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal. Insan Cendekia Mandiri.
Yonica, D. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran yang Dilakukan Batik Benang Raja Premium Salatiga dalam Penjualan Online. Ilmu Komunikasi. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/20321/2/T1_362015086_BAB II.pdf