ANALISA KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN PEMBELAJARAN BAHASA MENGGUNAKAN APLIKASI DUOLINGO WILAYAH KELURAHAN MEKARSARI DEPOK

research
  • 22 Oct
  • 2024

ANALISA KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN PEMBELAJARAN BAHASA MENGGUNAKAN APLIKASI DUOLINGO WILAYAH KELURAHAN MEKARSARI DEPOK

Belajar online telah menjadi kegiatan yang umum di kalangan masyarakat, dan Duolingo merupakan salah satu aplikasi pembelajaran online yang memanfaatkan gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi ini, dengan fokus pada persepsi kemudahan (Perceived Ease of Use), persepsi kegunaan (Perceived Usefulness), dan penggunaan sistem sesungguhnya (Actual System Use). Metode utama yang digunakan adalah Technology Acceptance Model (TAM), dan data dikumpulkan melalui observasi serta penyebaran kuesioner kepada 30 responden pengguna Duolingo. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan sistem sesungguhnya, yang dibuktikan melalui uji validitas dan reliabilitas yang menghasilkan nilai r hitung lebih besar dari r tabel dan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,92 (> 0,7), menunjukkan reliabilitas yang tinggi. Kesimpulannya, Duolingo diterima dengan baik oleh pengguna, terutama karena kemudahannya dan kegunaan yang dirasakan, yang pada akhirnya mendorong penggunaan yang lebih intensif terhadap sistem. Hasil penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembang aplikasi dalam meningkatkan fitur dan pengalaman pengguna

Unduhan

 

REFERENSI

Abdillah, R., & Kurniawan, I. (2021). Tinjauan Analisis Aplikasi Pembelajaran Perangkat Lunak Dari Sudut Pandang Gamifikasi. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(1).

Adawiyah, R., & Rahmawati, R. E. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Duolingo Berbasis Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran Bahasa di Sekolah Homeschooling Primagama Madiun (Telaah Perspektif Guru). Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 18(1).

Adiyono, A., Lesmana, A. R., Anggita, D., & Rahmani, R. (2023). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKN 4 Tanah Grogot. Journal on Education, 5(2), 3492–3499. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1031

Bong, V., & Firmansyah, M. D. (2023). Analisa Duolingo Terhadap Prestasi Bahasa Inggris Siswa SMP Batam Dengan Metode TAM. Jurnal Informasi dan Teknologi. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i3.407

Deslianti, D., & Muttaqin, I. (2016). APLIKASI KUMPULAN HADITS NABI MUHAMMAD SAW BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA MERGE SORT. Pseudocode, 3(1). https://doi.org/10.33369/pseudocode.3.1.26-34

Fauzi, A., Zakia, A., Abisal Putra, B., Sapto Bagaskoro, D., Nur Pangestu, R., & Wijaya, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dampak Persediaan Barang Dalam Proses Terhadap Pehitungan Biaya Proses: Persediaan Barang Perusahaan, Kalkulasi Biaya Pesanan Dan Pemakaian Bahan Baku (Literature Review Akuntansi Manajemen). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 2(3), 253–266. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i3.1037

I Putu Agus Eka Pratama. (2014). Sistem Informasi Dan Implementasinya Berbasis Open Source. Bandung: Informatika.

Indriyani, F., Yunita, Ayu, M. D., Surniandari Artika, & Sriyadi. (2019). Analisa Perancangan Sistem Informasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Islamy Risyah, P., R Pratama, A., & Paputungan, I. V. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Pendidikan di Perangkat Bergerak Oleh Warganet Indonesia. JURNAL FASILKOM, 13(02). https://doi.org/10.37859/jf.v13i02.5213

Abdillah, R., & Kurniawan, I. (2021). Tinjauan Analisis Aplikasi Pembelajaran Perangkat Lunak Dari Sudut Pandang Gamifikasi. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(1).

Adawiyah, R., & Rahmawati, R. E. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Duolingo Berbasis Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran Bahasa di Sekolah Homeschooling Primagama Madiun (Telaah Perspektif Guru). Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 18(1).

Adiyono, A., Lesmana, A. R., Anggita, D., & Rahmani, R. (2023). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKN 4 Tanah Grogot. Journal on Education, 5(2), 3492–3499. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1031

Bong, V., & Firmansyah, M. D. (2023). Analisa Duolingo Terhadap Prestasi Bahasa Inggris Siswa SMP Batam Dengan Metode TAM. Jurnal Informasi dan Teknologi. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i3.407

Deslianti, D., & Muttaqin, I. (2016). APLIKASI KUMPULAN HADITS NABI MUHAMMAD SAW BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA MERGE SORT. Pseudocode, 3(1). https://doi.org/10.33369/pseudocode.3.1.26-34

Fauzi, A., Zakia, A., Abisal Putra, B., Sapto Bagaskoro, D., Nur Pangestu, R., & Wijaya, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dampak Persediaan Barang Dalam Proses Terhadap Pehitungan Biaya Proses: Persediaan Barang Perusahaan, Kalkulasi Biaya Pesanan Dan Pemakaian Bahan Baku (Literature Review Akuntansi Manajemen). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 2(3), 253–266. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i3.1037

I Putu Agus Eka Pratama. (2014). Sistem Informasi Dan Implementasinya Berbasis Open Source. Bandung: Informatika.

Indriyani, F., Yunita, Ayu, M. D., Surniandari Artika, & Sriyadi. (2019). Analisa Perancangan Sistem Informasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Islamy Risyah, P., R Pratama, A., & Paputungan, I. V. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Pendidikan di Perangkat Bergerak Oleh Warganet Indonesia. JURNAL FASILKOM, 13(02). https://doi.org/10.37859/jf.v13i02.5213

Krisnaldy, K., & Deliana, M. (2018). Analisis Rasio Keuangan Apbd Provinsi Dki Jakarta. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(3), 49. https://doi.org/10.32493/jk.v6i3.y2018.p49-58

Malala, S., & Basrie, B. (2021). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika Wicida, 10(1). https://doi.org/10.46984/inf-wcd.1195

Noor, A., & Hadisaputro, E. L. (2022). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 672–677. https://doi.org/10.47065/josh.v3i4.1881

Refanus, E. P., Krisnanik, E., & Isnainiyah, I. N. (2022). Analisis User Experience Dan Redesign User Interface Pada Website Pemilihan Raya Keluarga Mahasiswa UPN Veteran Jakarta Menggunakan Pendekatan User Experience Questionnaire ( UEQ ), (April), 180–189.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Umar, R., Ifani, A. Z., Ammatulloh, F. I., & Anggriani, M. (2021). Analisis Sistem Informasi Web Lsp Uad Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq). METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, 4(2), 173–178. https://doi.org/10.46880/jmika.vol4no2.pp173-178

Walidah, I. Al. (2018). Tabayyun di Era Generasi Millenial. Jurnal Living Hadis, 2(2). https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1359

Zaky, A., & Luthfi, A. (2021). Analisa Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Metode Use Questionary Pada Aplikasi Duolingo. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 5(2).