Di era digital yang berkembang pesat, strategi komunikasi pemasaran yang efektif menjadi kunci keberhasilan dalam memasarkan dan membangun brand awarenes kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai strategi komunikasi pemasaran digital dalam Membangun citra produk gizidat yang digunakan oleh PT. Rumbaka Gung Triwikrama. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam membangun brand awareness menggunakan saluran komunikasi digital yaitu search engine marketing, online public relations, online partnership, interaktive marketing, email, dan sosial media seperti instagram dan facebook. Saluran komunikasi pemasaran digital yang digunakan ini membantu konsumen mengenal dan mengingat merek produk gizidat sebagai vitamin anak herbal penambah nafsu makan.
Kata kunci: Komunikasi Pemasaran Digital, Brand Awareness, Gizidat.
Full Skripsi_Angga Khoiri
Buku
Erwin, E. dkk. (2023). Digital Marketing : Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0 - Google Books. In PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/DIGITAL_MARKETING_Penerapan_Digital_Mark/zF7FEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=apa+itu+smm+dalam+digital+marketing&pg=PA90&printsec=frontcover.
Faridi, A., Ismail, M., Handiman, U. T., Saputra, D. H., Hardin, H., & ... (2022). Pengantar Komunikasi Pemasaran (Issue January). https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=59iEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=buku+pengantar+komunikasi&ots=lhPW28d_R1&sig=IlqYbIQVmLIQ0ct9Rdj74nEKqjc
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Buku Pemasaran Produk dan Merek, 1(August), 143–144.
Hartini, Sudirman, A., & Wardhana, A. (2022). Manajemen Pemasaran (Era Revolusi Industri 4.0) (R. R. Rerung (ed.); Nomor Maret). Media Sains Indonesia.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., Ratnaningsih, P. W., Inanna, Mattunruang, A. A., Herman, Nursaeni, Yusriani, Nahriana, Silalahi, D. E., Hasyim, S. H., Rahmat, A., Ulfah, Y. F., & Arisah, N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Tahta Media.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Page 1 Prinsip-prinsip Pemasaran i Edisi keduabelas Jilid 1 PHILIP KOTLER Northwestern ... ( PDFDrive ).pdf. In Erlangga (pp. 1–440).
M Chairul Basrun Umanailo. (2019). Paradigma Konstruktivis. Metodologi Penelitian, October, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/9ja2t
M Mariani. (2022). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 23, 32–41.
Pasaribu, B., Herawati, A., Utomo, K. W., & Aji, R. H. S. (2022). Metodologi Penelitian (A. Muhaimin (ed.); Pertama). Media Edu Pustaka.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). CV. Alfabeta, 1–274. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Ratnaningtyas, E. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Rindri Andewi Gati. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Brawijaya Malang.
Sitorus, S. A., & Al., E. (2020). Brand Marketing: the Art of Branding. In Cv. Media Sains Indonesia (Issue January).
Warsono, H., Astuti, R. S., & Ardiyansyah. (2022). Metode Pengolahan Data Kualitatif Menggunakan Atlas.ti. Program Studi Doktor Administrasi Publik FISIP-UNDIP.
Wati, A. P., Aulia Martha, J., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing (N. A. Fransiska (ed.); Pertama). Edulitera (Anggota IKAPI - No. 211/JTI/2019).
Skripsi
Ningsih, H. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Winter.ttalgi dalam Memasarkan Merchandise KPOP TXT. Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta.
Jurnal
Ameliawaty, R., & Halilah, I. (2018). Pengaruh Brand Awareness terhadap Consumer Decision Making. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 3(2), 63. https://doi.org/10.35697/jrbi.v3i2.934
Arfan, N., & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. 6(2), 212–224.
Astina, S. T., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2016). Analisis Segmentation, Targeting, Dan Positioning Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Pemasaran Di Toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(2).
Emeilia, Rindana Intan. (2021). Bauran Komunikasi Pemasaran Produk Umkm Aprilia Mahar Design Pada Masa Pandemi Covid-19 Dan New Normal. Jurnal AKRAB JUARA, 6(November), 56–72. www.adb.org
Essa Nacita Mayang. (2020). Realisasi Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Melalui Peningkatan Efektivitas Self Assessment System Dan Realisasi Kegiatan Ekstensifikasi Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Bandung Cibeunying Periode 2014-2018). Elibrary UNIKOM, 29–60. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2201/
Hariyanto, D. (2016). Buku Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).
Juliana, S., & Sihombing, S. O. (2019). Pengaruh Penempatan Produk Dan Kesadaran Merek Terhadap Niat Membeli. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 19–34. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3702
Kustiawan, W., Hidayati, J., Daffa, V., Hamzah, A., Harmain, M., Fadli, A., & Kuswananda, E. (2022). Keberadaan Ilmu Komunikasi dan Perkembangan Teori Komunikasi dalam Peradaban Dunia. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 73.
Mazaya, N. N. (2023). Perancangan Ui / Ux Aplikasi “Dengerin” Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 12(2), 39–49.
Nabila, A. S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Online Shop Xavia Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen.
Nurdewi, N. (2022). Implementasi Personal Branding Smart Asn Perwujudan Bangga Melayani Di Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.235
Ramadani, N., & Firdausy, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Aryaduta Makassar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, 15(1), 36–46. http://journal.unifa.ac.id/index.php/jku/article/view/357
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690
Rayhaniah, S. A. (2022). Komunikasi pemasaran. In Jakarta: Erlangga (Issue 45). http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/12109/06bab2_Abdallah_10090312206_skr_2016.pdf?sequence=6&isAllowed=y#:~:text=Menurut Kotler dan Keller (2012,dan merek yang mereka jual.
Sugiyono. (2018). Menurut Sugiyono ( 2013 ). Jurnal Pendidikan, 54–103.
Saadah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113
Salim, H. S., Goh, T. S., & Margery, E. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Pt. Furnilux Indonesia. Jurnal Bisnis Kolega, 8(1). https://doi.org/10.57249/jbk.v8i1.75
Sani, S. A., & Aslami, N. (2022). Strategi Pemasaran STP ( Segmenting , Targeting , Dan Positioning ) Pada Produk Kecantikan House Of Beauty Cabang Kota Pematangsiantar. 1(1), 18–26. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i1.5
Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268
Tanggung, E. T., Siapa, J., Shalmont, J., Darmawan, G. I., & Dominica, D. (2023). Peredaran vitamin tanpa izin edar melalui transaksi. 12, 341–363.
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Wilinny, Halim, C., Sutarno, S., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019). Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1), 1–6.
Website
Khayatin, N. (2023, 01 Desember). Ketika Produk Herbal Lokal Tetap Perkasa di Negeri Sendiri. Mix.co.id. https://mix.co.id/marcomm/news-trend/ketika-produk-herbal-lokal-tetap-perkasa-di-negeri-sendiri/
Khayatin, N. (2023, 29 November). Khasiat Herbal Indonesia Bisa Bersaing dengan Produk Luar Negeri. Medcom.id. https://www.medcom.id/gaya/fitness-health/GNG1MBpk-herbal-indonesia-harus-bisa-bersaing-dengan-produk-luar-negeri
Khayatin N. (2023, 04 November). Strategi Gizidat Tetap Eksis di Tengah Gempuran Produk Herbal dari China. Marketeers.com. https://www.marketeers.com/strategi-gizidat-tetap-eksis-di-tengah-gempuran-produk-herbal-dari-china/