19232580_SKRIPSI_UPLOAD

research
  • 21 Oct
  • 2024

19232580_SKRIPSI_UPLOAD

Dalam era digital saat ini, chatbot telah menjadi alat penting bagi bisnis untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Chatbot yang responsif dan efisien dapat membantu agen layanan pelanggan menjadi lebih bahagia, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menyelesaikan masalah dengan lebih cepat. Studi ini bertujuan untuk membuat chatbot berbasis Telegram yang menggunakan algoritma Random Forest dan metode Word2Vec untuk menjawab pertanyaan tentang layanan ICT. Pengembangan dilakukan dengan mengumpulkan dataset pertanyaan dan jawaban dari FAQ (Frequently Asked Questions) layanan ICT. Kemudian, algoritma Random Forest digunakan untuk mengklasifikasikan pertanyaan. Selain itu, metode Word2Vec digunakan untuk membuat representasi vektor kata-kata dalam pertanyaan dan jawaban. Ini meningkatkan kemampuan chatbot untuk memahami pertanyaan yang kompleks. Hasil pengujian menunjukkan bahwa chatbot mendapatkan akurasi sebesar 91.28%, presisi sebesar 93.56%, recall sebesar 91.28% dan F1-Score sebesar 91.42% serta dapat memberikan jawaban yang relevan dan akurat untuk pertanyaan pengguna. Oleh karena itu, pengembangan chatbot ini menggunakan algoritma Random Forest dan metode Word2Vec dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan layanan pelanggan di bidang layanan ICT.

Unduhan

 

REFERENSI

Masukan seluruh referensi dari daftar pustaka