PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUKU AMAZING IQRA BALITA PADA AKUN @IQRABALITA.OFFICIAL

research
  • 20 Oct
  • 2024

PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUKU AMAZING IQRA BALITA PADA AKUN @IQRABALITA.OFFICIAL

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang berbasis new media, media sosial Instagram banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai media bertukar informasi, hiburan, edukasi, bahkan promosi. Iqra Balita merupakan salah satu pelaku bisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi produknya yaitu buku amazing iqra balita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dimana penulis berfokus pada kegiatan pengelolaan, gambaran pemanfaatan, serta observasi dari Iqra Balita dalam memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Hasil temuan dari penelitian ini adalah, Iqra balita dalam memanfaatkan instagram hanya sebagai media perantara atau media dalam dalam memberikan informasi terkait produk buku amazing iqra balita, dalam kegiatan transaksi iqra balita memilih untuk mengarahkan pembeli kepada reseller buku amazing iqra balita sesuai dengan domisili pembeli. Hal tersebut dikarenakan iqra balita tidak memiliki toko onlinenya sendiri.Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi sangat efektif karena kemudahannya, melalui berbagai fitur yang ditawarkan Iqra Balita mampu menjangkau target audience dan juga target market. Walaupun begitu iqra balita tetap menggunakan instagram hanya sebagai media perantara dalam memperkenalkan produknya melalui instagram, maka dari itu diperlukan strategi atau konsep yang lebih menarik serta interaktif agar pembeli selalu puas akan produk yang mereka gunakan.

Unduhan

  • Cover Skripsi Rifqi Adli Pratama.pdf

    Cover Skripsi_Rifqi Adli Pratama_Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Buku Amazing Iqra Balita Pada Akun @iqrabalita.official

    •   diunduh 24x | Ukuran 65 KB

 

  • Full Skripsi Rifqi Adli Pratama.pdf

    Full Skripsi_Rifqi Adli Pratama_Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Buku Amazing Iqra Balita Pada Akun @iqrabalita.official

    •   diunduh 30x | Ukuran 4,398,276

REFERENSI

Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2020). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2). https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195

Apriandi, N. D., Soleh, A., & Irwanto, T. (2023). Pengaruh Penerapan AIDA (Attention, Interest, Desire Dan Action) Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Di Kota Bengkulu. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 2(2).

Azwar, A. (2019). PERILAKU REMAJA AKIBAT PENGGUNAAN JARINGAN INTERNET DI DESA DURIAN SEBATANG KECAMATAN KEDURANG BENGKULU SELATAN (Skripsi). INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN), Bengkulu.

Budiono, S. (2020). Pengajaran Bahasa dan Sastra di Era Digital. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya.

Elida, T., & Raharjo, A. (2019). PEMASARAN DIGITAL (1st ed.) Bogor: IPB Press.

Fatmawati, M. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMPN 17 GEDUNG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN (Skripsi). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG, Lampung.

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN. JURNAL INOVASI, 14.

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN KREASI SENI DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Penididikan Dan Kajian Seni (JPKS), 6.

Hurbania, I. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram, Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X SMAN 1 Tanjung Bumi. Perpustakaan STKIP PGRI Bangkalan.44

Kustiawan, W. (2022). Keberadaan Ilmu Komunikasi dan Perkembangan Teori Komunikasi dalam Peradaban Dunia. Maktabatun Journal, 1, 73–76.

Lubis, M. S. I. (2020). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DAN SISWA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA. Jurnal Network Media, 3.

Nanda, R. M. (2021). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI HOTEL DI KOTA PEKANBARU (Studi Akun Instagram @Mitrahotelpku) (Skripsi). Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Nugroho, C. (2020). CYBER SOCIETY Teknologi Media Baru, dan
Disrupsi Informasi (1st ed.). KENCANA.

Nurbaiti, M., & Alfarisyi, M. F. (2023). Sejarah Internet di Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3.

Panuju, R. (2019). KOMUNIKASI PEMASARAN Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran (1st ed.). Jakarta: KENCANA.

Pebrianti, L. (2019). ANALISIS DESKRIPTIF TENTANG MINAT BELAJAR SISWA PADA JURUSAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TAPUNG (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Pitaloka, E. D., Aprilizdihar, M., & Dewi Septiana. (2022). PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Journal of Digital Education, Communication, and Arts., 4.

Popo, H. A. E., Onsu, R. R., & ... (2020). PERAN PENGARAH PROGRAM ACARA “SWEET MEMORY” DALAM MENINGKATKAN MINAT DENGAR MASYARAKAT (STUDI PADA PT. RADIO SUARA MITRA 92 …. ACTA DIURNA ….

Prajarini, D. (2020). Media Sosial Periklanan Instagram (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Prasetya, D., & Marina, R. (2022). Studi Analisis Media Baru: Manfaat dan Permasalahan dari Media Sosial dan Game Online. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4.

Rahma Harahap, S. (2021). HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI Al-Manaj. Al-Manaj, 1(1).

Rakanda, D. R. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI GENERASI Z ATAU 45 IGENERATION DI DESA CAWAS (Skripsi). Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Yogyakarta.

Ratri, C. (2020). STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK PEBISNIS PEMULA. Surabaya: NULISBUKU.COM.

Sulianta, F. (2014). 101 Jurus Promosi Online Paling Top. Elex Media Komputindo.

Suryana, A. (2019). Eksistensi Promosi di Era Digital (1st ed.; P. Subekti, Ed.). Bandung: Bitread Publishing.

Suwarno, Y. A. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Dalam Interaksi Sosial Di Kalangan Siswa SMA PGRI 4 Jakarta (Skripsi). Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta.

Wijayanti, D. S. (2019). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE PADA @omah_muslim (Studi pada Omah_Muslim Kecamatan Gunung Pati Kelurahan Patemon) (Skripsi). Universitas Semarang, Semarang.

Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN DOKUMENTASI: PENDIDIKAN DI MAJELIS TAKLIM ANNUR SEJAHTERA. Jurnal Hasil - Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2.

Zen, M. A. N., & Sitanggang, A. S. (2023). Analisis Dampak Sosial Media Dalam Pengembangan Sistem Informasi. CERDIKA Jurnal Ilmiah Indonesia, 671–682.