Peran Public Relations sangatlah penting dalam meningkatkan Brand Awareness
Bening’s Clinic Mangga Besar dengan berbagai strategi yang dirancang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk membahas bagaimana dampak Startegi Public Relations
terhadap sosial media Instagram Bening’s Clinic Mangga Besar. Pelaksanaan
penelitian ini berlandaskan teori dari Thomas L. Harris, pencetus pertama konsep
Marketing Public Relations dalam bukunya yang berjudul The Marketer’s Guide to
Public Relations menerangkan bahwa definisi Marketing Public Relations (MPR)
adalah proses perencanaan dan evaluasi program-program yang bertujuan merangsang
penjualan dan memastikan kepuasan konsumen melalui komunikasi yang mengandung
informasi yang dapat dipercaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam
dan observasi. Informan kunci yang diwawancarai dalam penelitian ini yaitu
Supervisor PLT dari Bening’s Clinic Mangga Besar, informan kedua yaitu PR dari
Bening’s Clinic Mangga Besar, dan informan terkahir yaitu Dokter Aestetika Bening’s
Clinic Mangga Besar. Berdasarkan hasil penelitian ini, Bening’s Clinic Mangga Besar
sudah melaksanakan Strategi Public Relations atau bauran pemasaran menggunakan
media sosial Instagram sepenuhnya. Saran dari penulis antara lain yaitu untuk konsisten
dalam melakukan Strategi Public Relations di media sosial Instagram melihat dampak
yang signifikan di akun resmi milik Bening’s Clinic Mangga Besar dengan banyaknya
Influencer dan followers Instagram yang meningkat.
Full Skripsi
Dini Salmiyah Fithrah Ali, 2017, Marketing Public Relations: Diantara Penjualan dan
Pencitraan. Yogyakarta.
Carolin, I., Victoria, G. D., Dina, S., & Nastain, M. (2023). Pengaruh Penggunakan
New Media Tiktok Terhadap Pembentukan Konsep Diri Generasi Muda
Indonesia 2022. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(1),
35–40. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.509
Darmawan, B., Cahyani, N., & Arisanty, M. (2019). Perencanaan Strategi Public
Relations Garuda Indonesia Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen.
Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 249.
https://doi.org/10.20527/mc.v4i2.6108
47
Thomas L. Harris, Patricia T. Whalen, 2016, The marketer's guide to public relations
Cutlip, Scott, Allen H. Center, and Glen M. Broom, 2015. Effective Public Relations
Edisi Kesembilan
Amanda M.Ikom. (2015). Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra
Perusahaan. Journal of Advertising, 1(1), 125–135.
Azizah, D. N., & Yuningsih, S. (2023). Strategi Marketing Public Relations Dalam
Mempromosikan Bisnis Fashion Meccanism Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal
Bincang Komunikasi, 1(1), 29. https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.29-35
Carolin, I., Victoria, G. D., Dina, S., & Nastain, M. (2023). Pengaruh Penggunakan
New Media Tiktok Terhadap Pembentukan Konsep Diri Generasi Muda
Indonesia 2022. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(1),
35–40. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.509
Darmawan, B., Cahyani, N., & Arisanty, M. (2019). Perencanaan Strategi Public
Relations Garuda Indonesia Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen.
Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 249.
https://doi.org/10.20527/mc.v4i2.6108
47
Thomas L. Harris, Patricia T. Whalen, 2016, The marketer's guide to public relations
Cutlip, Scott, Allen H. Center, and Glen M. Broom, 2015. Effective Public Relations
Edisi Kesembilan
Sumber Jurnal:
Amanda M.Ikom. (2015). Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra
Perusahaan. Journal of Advertising, 1(1), 125–135.
Azizah, D. N., & Yuningsih, S. (2023). Strategi Marketing Public Relations Dalam
Mempromosikan Bisnis Fashion Meccanism Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal
Bincang Komunikasi, 1(1), 29. https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.29-35
48
Hadi, A., & Sumarni, L. (2024). Strategi Kampanye Public Relations Prepp Studio
dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. 2(1), 282–292.
Kirana, L. P. (2022). Pengaruh Leverge Dan Rasio Aktivitas Terhadap Return Saham
(Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar
di Bursa Efek Indonesia Periode (2016-2020). Repository UPi, 2010, 45–61.
Ma’ruf, P., Saryono, O., Basari, A., Ekonomi, F., & Galuh, U. (n.d.). Pengaruh
Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Nonverbal Terhadap Minat Beli
Komsumen Axis (Suatu Studi pada Pelanggan Axis di Konter Maha Tronik
Banjar)" (Vol. 2).
Nababan, N. M., & Astuti, S. W. (2023). Strategi Promosi Danau Toba di Tapanuli
Utara Melalui Media Sosial Instagram @dispar.taput. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, 6(12), 10978–10986. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2059
Salsabila, B., Suhartini, B., Qanitha, A. D., Fitria, S. A., & Putri, M. K. (2024). Jenis-
Jenis Wawancara Dalam Instrumen Bk. Journal of Therapia, 1(1), 1–13.
Sari, R. M. (2020). Unsur Unsur Strategi ( manajemen ). Kajian Pustaka, 2004, 6–25.
Siregar, N. M., Dakwah, F., Komunikasi, I., & Padangsidimpuan, I. (2019). Peran
Publik Relations Sebagai Sumber Eksternal. Jurnal Manajemen Dakwah, 1, 33–
50.
Strategi, F. D. A. N., & Strategi, F. D. A. N. (2023). Pentingnya Maketing Public
Relations Dalam Dunia Pemasaran Abstrac mencapai sukses dalam industrinya
, dalam tetap sukses dan berhasil . Keadaan tersebut berhasil memasarkan tanpa
mempertimbangkan atau mengabaikan kegiatan-kegiatan lain , seperti dimana .
December, 1–17.
49
Tumbelaka, H., Rondonuwu, Y., Sondakh, A., & Tarandung, C. (2023). Strategi Public
Relation Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Parafone Manado. Angely
Sondakh, Christian Tarandung Innovative : Journal Of Social Science Research,
3, 289–298.
Wiryawan, maulana adyatma, Razak, R. (2021). Analisis Strategi Public Relations
Dalam Mempertahankan Citra Pt Pos Indonesia (persero). E-Proceeding of
Management, 8(5), 7522–7529.
Carolin, I., Victoria, G. D., Dina, S., & Nastain, M. (2023). Pengaruh Penggunakan
New Media Tiktok Terhadap Pembentukan Konsep Diri Generasi Muda
Indonesia 2022. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(1),
35–40. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.509
Darmawan, B., Cahyani, N., & Arisanty, M. (2019). Perencanaan Strategi Public
Relations Garuda Indonesia Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen.
Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 249.
https://doi.org/10.20527/mc.v4i2.6108
47
Thomas L. Harris, Patricia T. Whalen, 2016, The marketer's guide to public relations
Cutlip, Scott, Allen H. Center, and Glen M. Broom, 2015. Effective Public Relations
Edisi Kesembilan
Sumber Jurnal:
Amanda M.Ikom. (2015). Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra
Perusahaan. Journal of Advertising, 1(1), 125–135.
Azizah, D. N., & Yuningsih, S. (2023). Strategi Marketing Public Relations Dalam
Mempromosikan Bisnis Fashion Meccanism Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal
Bincang Komunikasi, 1(1), 29. https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.29-35
48
Hadi, A., & Sumarni, L. (2024). Strategi Kampanye Public Relations Prepp Studio
dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. 2(1), 282–292.
Kirana, L. P. (2022). Pengaruh Leverge Dan Rasio Aktivitas Terhadap Return Saham
(Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar
di Bursa Efek Indonesia Periode (2016-2020). Repository UPi, 2010, 45–61.
Ma’ruf, P., Saryono, O., Basari, A., Ekonomi, F., & Galuh, U. (n.d.). Pengaruh
Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Nonverbal Terhadap Minat Beli
Komsumen Axis (Suatu Studi pada Pelanggan Axis di Konter Maha Tronik
Banjar)" (Vol. 2).
Nababan, N. M., & Astuti, S. W. (2023). Strategi Promosi Danau Toba di Tapanuli
Utara Melalui Media Sosial Instagram @dispar.taput. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, 6(12), 10978–10986. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2059
Salsabila, B., Suhartini, B., Qanitha, A. D., Fitria, S. A., & Putri, M. K. (2024). Jenis-
Jenis Wawancara Dalam Instrumen Bk. Journal of Therapia, 1(1), 1–13.
Sari, R. M. (2020). Unsur Unsur Strategi ( manajemen ). Kajian Pustaka, 2004, 6–25.
Siregar, N. M., Dakwah, F., Komunikasi, I., & Padangsidimpuan, I. (2019). Peran
Publik Relations Sebagai Sumber Eksternal. Jurnal Manajemen Dakwah, 1, 33–
50.
Strategi, F. D. A. N., & Strategi, F. D. A. N. (2023). Pentingnya Maketing Public
Relations Dalam Dunia Pemasaran Abstrac mencapai sukses dalam industrinya
, dalam tetap sukses dan berhasil . Keadaan tersebut berhasil memasarkan tanpa
mempertimbangkan atau mengabaikan kegiatan-kegiatan lain , seperti dimana .
December, 1–17.
49