PT CSM Transporter Jakarta bergerak dibidang jasa pengiriman logistik, masyarakat menginginkan pelayanan di perusahaan terpenuhi dengan cepat dan tepat, adanya kepuasan pelanggan akan membuat perusahaan jasa atau produk terus meningkatkan layanan kualitas dan kepercayaan pelanggan timbul jika pengguna jasa tersebut sudah merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan, baik dari sisi pendistribusian maupun pelayanan dari perusahaan jasa. Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap kepercayaan pelanggan PT CSM Transporter Jakarta. Sampel terdiri dari 120 pelanggan PT CSM Transporter Jakarta. Penelitian ini menggunakan deskriptif data dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode probability sampling dengan teknik random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel secara acak. Dari hasil pengujian uji t menjelaskan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan, dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepercayaan pelanggan dan untuk variabel kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan, dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Untuk variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap variabel kepercayaan pelanggan adalah variabel kualitas pelayanan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Kepercayaan Pelanggan
File_Skripsi
File_Cover
Akbar Adhitya. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ekonomi, 24(2), 213. https://doi.org/10.24912/je.v24i2.574
Al Idrus salim. (2019). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian: Konsep danTeori (Edisi Pert). Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 60–77. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.545
Arianto, N. (2022). Manajemen Pemasaran. Cipta Media Nusantara (CMN).
Caniago, A. (2022). Analisis Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 11(3), 219. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652
Istiyawari, L., Hanif, M. R., & Nuswantoro, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Solusi, 19(3), 191. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i3.4053
Janna, N. M. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12. https://osf.io/preprints/osf/v9j52
Lailatus Sa’adah, M. A. F. (2020). Kualitas Layanan, Harga Dan Citra Merk Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen (Edisi Pert). LPPM Universitas KH.A.Wahab Hasbullah.
Lestari, A. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt . Globat Jet Express ( J & T ) Surabaya. Jurnal IlMU Dan Riset Manajemen, 8(7), 1–19. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2319
Mahendra. (2019). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv Mitra Perkasa Utomo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2016), 2. publication.petra.ac.id/index.php/manajemenbisnis/article/download/7800/7033%0A
Muhyar Nugraha. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(2), 97. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i2.1190
Musanto Trisno. (2020). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan : Studi Kasus Pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), pp.123-136. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/16140
Nurlina, I. M. (2019). The Influence of Service Quality, Price and Location on Decisions to Use Freight Forwarding Services PT. Image of Van Express Langsa City. Ocean Economics Journal, 3(1), 1–8.
Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); 2nd ed.). ALFABETA.
Rakasiwi, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kepercayaan Dan Kepuasaan Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada Bmt Perkasya Semarang ). Jurnal Akutansi Dan Keuangan, 12(5).
Saroji A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Nilai Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pasien Rumah Sakit Di Kota Bekasi. In Jurnal Pengembangan Wiraswasta (Vol. 21, Issue 1, p. 13). https://doi.org/10.33370/jpw.v21i1.289
Setiawan, B. P. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 352–366. https://doi.org/10.33752/bima.v3i3.5493
Susanto, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Indonesia. ECo-Buss, 5(2), 508–518. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459
Veronica, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45
Wahyuni, V. (2022). Validity and Reliability of Mathematical Communication Ability Test Instruments Relation and Function Materials. In Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2232
Ziad, S. (2021). The Influence Of Promotion And Seervice Quality To Customr Decision On Goods Delivery Services At PT. JNE BOGOR Ziad. ISSN: 2622-5778 (Online), 5778, 1152–1162