STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT PEGADAIAN CABANG SERPONG DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA PRODUK TABUNGAN EMAS

research
  • 19 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT PEGADAIAN CABANG SERPONG DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA PRODUK TABUNGAN EMAS

PT Pegadaian (Persero) merupakan sebuah lembaga BUMN yang bekerja di bidang pelayanan perkreditan dengan beberapa produk yang mereka miliki seperti produk Tabungan Emas Tetapi fenomena sosial yang terjadi masih banyaknya masyarkat yang tidak mengetahui produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pegadaian Cabang Serpong menerapkan berbagai strategi komunikasi yang efektif, seperti promosi melalui kegiatan sosial, dan pelatihan kepada karyawan untuk peningkatan kualitas pelayanan. Strategi-strategi ini berhasil meningkatkan kesadaran merek dan jumlah nasabah yang menggunakan produk Tabungan Emas. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi Public Relations yang tepat dapat meningkatkan Brand Awareness dan memperkuat citra perusahaan di mata konsumen.

Unduhan

 

  • COVER.pdf

    COVER

    •   diunduh 14x | Ukuran 69,118

REFERENSI

Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).

Akbar, M. F., Evadianti, Y., & Asniar, I. (2021). Public Relations. Ikatan Guru Indonesia.

Asih, D., Setini, M., Soelton, M., Muna, N., Putra, I., Darma, D., & Judiarni, J. (2020). Predicting green product consumption using theory of planned behavior and reasoned action. Management Science Letters, 10(14), 3367–3374.

Bakiyah, H., Indarsih, M., Yuniani, H., & Astuti, F. D. (2022). Strategi Komunikasi Public Relations Pt Cakra Mahkota Dalam Customer Relations. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 3(1), 20–34.

Bau, A. R. C., Mingkid, E., & Marentek, E. A. (2019). Strategi komunikasi pemasaran pt. Pegadaian (persero) dalam meningkatkan minat masyarakat pada produk tabungan emas di kantor cabang manado selatan. Acta Diurna Komunikasi, 1(4).

Cindrakasih, R. R. R., Muhariani, W., Murtiadi, M., Saeni, E., Priatna, P., Wulandari, Y. F., Bastian, Y., & Yulianto, H. (2024). Buku Ajar Public Relations & Manajemen Krisis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Darmawan, D., Sudrajat, I., Kahfi, M., Maulana, Z., Febriyanto, B., Pendidikan, J., Sekolah, L., Pendidikan, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 71–88. https://doi.org/10.15294/pls.v5i1.30883

Fairuzi, A., Tutupoho, R. R., & Mustofa, A. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Public Relations dalam Membangun dan Mempertahankan Pola Hubungan Masyarakat. EPIGRAM (e-Journal), 17(1), 43–50.

Ferdy, R., & Sari, W. P. (2020). Pengaruh iklan billboard Gojek versi# uninstallkhawatir terhadap brand awareness. Prologia, 4(1), 106–112.

Feren Felicia, F., & SITI MEISYAROH, M. (2020). Efektivitas Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness “Batik Keris. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 8(1), 43–54.

Filayly, T. N., & Ruliana, P. (2022). Strategi Public Relations dalam Memulihkan Citra Perusahaan. PARAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 29–40.

Hariyanto, D. (2021a). Buku ajar pengantar ilmu komunikasi. Umsida Press, 1–119.

Hariyanto, D. (2021b). Buku ajar pengantar ilmu komunikasi. Umsida Press, 1–119.

Karimah, A. I., & Alifa, N. R. (2023). Keputusan Pembelian Produk Kosmetik PT. Paragon Technology and Innovation Berdasarkan Brand Awareness dan Halal Awareness. Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal, 3(2), 77–91.

Kholis, N., & Harianto, S. (2022). Respon Masyarakat Desa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Di Desa Temandang Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 1, 289–303.

Kustiawan, W., Fitri, L., Nurul, A., Siddiq, F., Sa’adah, A., Fadhillah, H., Ulandari, A., & Wisudawan, M. (n.d.). Pentingnya Psikologi Komunikator.

Manurung, J., & Anom, E. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Musik Di Dotodo Music Edutainment. Technomedia Journal, 8(2 Oktober), 248–260.

Maulana, P. S., & Afifi, S. (2021). Analisis peran dan fungsi public relations di lembaga pendidikan islam. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(2).

Morissan, M. (n.d.). Buku Teori Komunikasi Individu.

Mulyadi, M. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 7(2), 174.

Ningsih, J. A. (2023). Analisis Strategi Promosi Gadai Emas Di PT Bank Aceh Syariah Cabang Kuala Simpang. Simangunsong: Journal of Business Administration, Management, Economic And Accounting, 1(02), 89–95.

Nufus, H. P. (2014). Efektivitas komunikasi pemasaran “point pertahun” dalam meningkatkan minat beli pelanggan.

Purba, M. S. B., & Salman, S. (2024). Pengaruh Berita Hoax Vaksin Covid-19 terhadap Sikap Masyarakat untuk Menerima Vaksin (Survei Pada Masyarakat di Kelurahan Jatinegara). KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Teknologi, 10(2), 130–142.

Rahastine, M. P. (2021). Analisa Peranan dan Fungsi Public Relation Baitulmaal Munzalan Indonesia Dalam Publikasi Gerakan Infaq Beras Jakarta. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 12(1), 85–90.

Rahma, N. A. (n.d.). Perencanaan Program dan Strategi Dalam Public Relations.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rochmaniah, A., Dharma, F. A., & Utomo, D. M. B. (2021). Buku Ajar Dasar-dasar Public Relations. Umsida Press, 1–63.

Rozali, Y. A. (2022). PENGGUNAAN ANALISIS KONTEN DAN ANALISIS TEMATIK. In Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik Forum Ilmiah (Vol. 19). www.researchgate.net

Satira, A. U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida, 1(2), 179–202.

Siahaan, F. M. (2021). KOMUNIKASI INTERNAL GUNUNG STEEL GROUP DALAM PELAKSANAAN PERAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS UNTUK MEMBANGUN REPUTASI. Jurnal Public Relations (J-PR), 2(1), 40–51.

Silvani, I. (2020). Public Relations Sebagai Solusi Komunikasi Krisis (I. Silvani, Ed.). PT. Scopindo Media Pustaka.

Toni, H., Mercy Rolando, D., Yazid, Y., & Adity, R. (2021). Fenomena Cyber Religion sebagai Ekspresi Keberagamaan di Internet pada Komunitas Shift. Jurnal Dakwah Risalah, 32(01), 56–74.

Virgioni, D., Manullang, R. R., & Panjaitan, F. (2020). Analisis Pengaruh Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Efektifitas Periklanan; Studi Kasus Pada PT. Tommindo Inti Prima Pangkalpinang. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 7(2), 83–92.

Yulianah, S. E. (2022). Metodelogi Penelitian Sosial. CV Rey Media Grafika.