ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SIM AFIRMASI PENDIDIKAN MENENGAH (ADEM) DENGAN MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

research
  • 19 Oct
  • 2024

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SIM AFIRMASI PENDIDIKAN MENENGAH (ADEM) DENGAN MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna terhadap website Sistem Informasi Manajemen Afirmasi Pendidikan Menengah (SIM ADEM). Fokus penelitian ini terletak pada lima variabel, yaitu isi (content), keakuratan (accuracy), bentuk (format), kemudahan pengguna (ease of use), serta ketepatan waktu (timeliness). Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria. Responden dalam penelitian ini berjumlah 46 responden memiliki pengalaman dalam menggunakan website SIM ADEM dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Analisis data dilakukan dengan memanfaatkan dua aplikasi statistik, yakni SPSS versi 24 untuk analisis deskriptif, serta AMOS versi 26 untuk analisis jalur struktural dan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap empat variabel lainnya yaitu accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Artinya, kualitas konten yang disajikan pada website SIM ADEM secara langsung berkontribusi pada persepsi pengguna mengenai ketepatan informasi (accuracy), penyajian informasi (format), kemudahan penggunaan (ease of use), serta ketepatan waktu penyampaian informasi (timeliness).

Kata kunci : EUCS, isi, keakuratan, bentuk, kemudahan pengguna, ketepatan waktu

Unduhan

  • Cover Skripsi.pdf

    Cover Skripsi Ayu Intan Putri Maharani

    •   diunduh 15x | Ukuran 115 KB

 

REFERENSI

Ariska, A. S., & Rudi Sanjaya, M. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Berbasis Website Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Indonesian Journal of Computer Science, 12(6). https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3583

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linear Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji f, R2). Guepedia.

Dwi Gustiani, Aufarul Marom, H. N. (2022). Efektivitas Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) Papua Dan Papua Barat (Studi Di Sma Katolik Pendowo Magelang). Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 5(3), 248–253.

Halean, S., Kandowangko, N., & Goni3, S. Y. V. I. (2021). PERANAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMA NEGERI 1 TAMPAN AMMA DI TALAUD. Jurnal Holistik, 14.

Junaidi. (2021). APLIKASI AMOS dan STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) (H. Sari (ed.)). UPT Unhas Press.

Kurniasih, I., & Pibriana, D. (2021). Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 181–198. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.787

Maharani, C., Ningrum, D. A., Fatmawati, A. E., & Fadilla, A. (2024). Dampak Kemiskinan terhadap Kualitas Pendidikan Anak di Indonesia: Rekomendasi Kebijakan yang Efektif. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.47134/jmsd.v1i3.199

Perdana, A. A., Utami, M. C., & Aini, Q. (2021). End User Computing Satisfaction : Model Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (Studi Kasus). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6), 1237–1246. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021863586

Pujana, G., Made Ardwi Pradnyana, I., & Ketut Resika Artha, I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 12(1), 57–66. http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/

Santoso, N. E., & Ambarwati, S. (2020). Implementasi Planning, Organizing, Actuating, Dan Controlling Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) Siswa Papua Dan Papua Barat Di Smk Negeri 2 JemSantoso, N. E., & Ambarwati, S. (2020). Implementasi Planning, Organizing, Actuating, Dan Controlling . Prosiding National Simposium & Conference Ahlimedia, 1(1), 104–121. https://doi.org/10.47387/nasca.v1i1.23

Siedlecki, S. L. (2020). Understanding Descriptive Research Designs and Methods. Clinical Nurse Specialist. 34, 8–12. https://doi.org/10.1097/NUR.0000000000000493

Subagja, D. (2020). Analisis Motivasi Karyawan Terhadap Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Menggunakan Analisis Faktor Di PT. Perkebunan Nusantara VIII. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3218

Widayanti, R. S. (2022). Manajemen Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua-Papua Barat dan Repatriasi Pada Sekolah Mitra di Daerah Istimewa Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 290–310. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.10039