Pemasaran adalah strategi marketing yang bertujuan untuk mempromosikan, menjual dan mendistribusikan produk kepada kosumen agar bisnis dapat berkembang secara efisien dan mencapai keuntungan maksimal. Salah satu strategi marketing adalah marketing mix yaitu strategi marketing yang melakukan serangkaian tindakan yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempromosikan produk atau jasa. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. penelitian ini dilakukan di PT. Baleton Laksana Tirta yang beralamat di Jl. Muara Karang Raya No.51, Jakarta Utara. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya peningkatan penjualan terjadi dikarenakan pemilihan produk yang bervariasi, harga kompetitif, tempat yang mudah terjangkau baik online maupun offline dan promosi yang mengikuti trend agar meningkatkan engagement media sosial.
Full Skripsi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.
Ais, R. (2020). Komunikasi Efektif di Masa Pandemi Covid-19: Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Era 4.0 (KKN-DR). Jakarta: Makmood Publishing. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=nIQAEAAAQBAJ
Alamsyah, N., & Saino, S. (2021). Pengaruh Fitur Produk Dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 18(4), 624–634.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2016). Principles of Marketing (17th ed.). New York: Pearson Education Limited.
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769
Choirunnisak, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Home Industri Hasta Indonesia. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Dewi, C. A. D. S. (2014). Pengaruh Nama Merek Terhadap Kesadaran Merek Dan Preferensi Merek Minuman Sari Buah Dalam Kemasan. Portal Garuda, 2, 1162–1173.
Hastuti, I. N. D., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Bakso Tukul Arwana Cabang Season City Jakarta Barat. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(1), 124–133.
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001
Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Karundeng, T. N., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2018). Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus Di CV. Karya Abadi, Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1748 – 1757. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20444
Kemendikbud. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved June 1, 2024, from https://kbbi.kemdikbud.go.id
Khasanah, I. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Lasagna Larise Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 85–99. https://doi.org/10.15642/jik.2019.9.1.85-99
Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (15th ed.). New York: Pearson.
Kotler, Phillip, & Armstrong, G. (2014). Principle of Marketing (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (16th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568
Kuspriyono, T. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas Gunadarma). Jurnal Komunikasi, 7(1).
Malik, A., & Nugroho, A. D. (2016). Menuju Paradigma Penelitian Sosiologi Yang Integratif. Jurnal Sosiologi Reflektif, 10(2), 65–84.
Mariana, R., Syahrina, I. A., Situmorang, N. Z., & Diponegoro, A. M. (2022). Adversity Qoutient dan Character Strength terhadap Resiliensi Penduduk di Pemukiman Kumuh Batang Arau Padang. Psyche 165 Journal, 15(4), 119–124. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i4.186
Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.113
Munandar, H. (2016). Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosial Facebook, Twitter, dan Instagram. Prosiding Hubungan Masyarakat, 423–430. https://doi.org/10.29313/.v0i0.3270
Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020). Influencer Dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi Pada Pengguna Jasa Selebgram Sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jurnal Ini Sudah Migrasi), 5(2), 135–144. https://doi.org/10.23917/benefit.v5i2.11305
Ndraha, M. I. K., Ndraha, A. B., & Telaumbanua, Y. (2022). Penguatan Komunikasi antara Pemerintah Desa dan BPD untuk Menghasilkan Produk Regulasi Desa yang Berkualitas di Desa Lolozasai Kecamatan Gido. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 1373–1380. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43992
Nurdin, N. H., Hamson, Z., & Fatimah, S. (2019). Effectiveness Of Industrial Community Development Control With An Environmental Insight In South Sulawesi Province. First International Conference on Materials Engineering and Management-Management Section (ICMEMm 2018), 91–94. Atlantis Press.
Puspasari, A., & Adawia, P. R. (2020). Strategi Penjualan Sepatu Dengan Metode Analisis SWOT Di Era Pandemic Covid-19. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 17(2), 270–276.
Puspitasari, S., & Rusmiati, E. T. (2021). Komunikasi dan Konstruksi Sosial atas Realitas Perempuan Bekerja dalam Pelabuhan Industri. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 7(1), 44–52.
Ramadina, P. S., Taufik, B. K., & Akil, H. (2021). Strategi Marketing Pendidikan Melalui Media Sosial Di Sekolah. PeTeKa, 4(3), 367–376. https://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.367-376
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 49–54.
Sariani, N. L. P. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Bhr Law Office. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 115–126.
Sondak, S. H., Taroreh, R. N., & Uhing, Y. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 671 – 680. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22478
Sugiyono. (2016). Metode Peneltian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Syafira, G. D., Narti, S., & Sari, S. (2023). Strategi Komunikasi Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK R) Merpati Pada Program Generasi Berencana Di SMKN 3 Kota Bengkulu. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 10(2), 745–758. https://doi.org/10.37676/professional.v10i2.5200
Tania, S., & Cahyono, H. (2022). Praktik Social Media Pandemic Communication Model Pada Media Sosial Lembaga Pemerintah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 1–18. https://doi.org/10.24002/jik.v19i1.3861
Vildayanti, R. A. (2020). Analisis Strategi Marketing Mix (4p) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Jasa Periklanan Bigevo Di Jakarta SelatanTahun 2019. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 3(2), 248–272.
Wardana, R. W., & Lestari, M. T. (2018). Strategi Komunikasi Yang Dilakukan Class Coordinator Dengan Peserta Training (Studi Kasus Kesenjangan Jabatan Pada Divisi Learning Operation PT. BFI Finance Head Office). EProceedings of Management, 5(2), 2891–2900.
Wijayanti, R., & Ariyanti, S. (2022). Implementasi Strategi Marketing Mix Dalam Mempertahankan Usaha (Studi Kasus Pada Es Kelapa Muda Pak Ambon Dr. Cipto Semarang). Solusi, 20(1), 92–103. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i1.4929