Raport digital madrasah (RDM) adalah sebuah sistem yang menggantikan format tradisional kertas dan pena dalam pelaporan perkembangan akademik siswa di madrasah. Sistem ini memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyajikan data secara digital, yang memudahkan pengaksesan, analisis, dan pelaporan hasil belajar siswa. Guru tidak lagi harus menghabiskan waktu berlebihan dalam menghitung nilai secara manual dan dapat fokus pada kegiatan belajar mengajar yang lebih bermakna. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. MAN 1 Cianjur adalah salah satu instansi pendidikan yang menerapkan aplikasi RDM dalam pengelolaan nilai hasil belajar siswa. Pengujian tingkat penerimaan aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) pada penerapan sistem informasi di MAN 1 CIANJUR harus dilakukan untuk untuk mengetahui serta mengevaluasi tingkat penerimaan juga sejauh mana sistem aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) ini dapat diterima oleh pengguna, lalu apa saja yang mempengaruhi penerimaan mereka terhadap aplikasi tersebut. Pengukuran kelayakan sistem informasi dapat dilakukan berdasarkan efisiensi, efektivitas, dan kepuasan dengan menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tingkat penerimaan aplikasi berdasarkan persepsi variabel kemudahan (PEU) termasuk dalam kategori setuju dengan persentase 82%, sedangkan variabel kebermanfaatan (PU) juga mendapat persentase setuju sebesar 82%. Nilai persentase setuju pada variabel sikap terhadap penggunaan (ATU) sebesar 80%, Nilai persentase setuju pada variabel kebiasaan (BITU) untuk membiasakan penggunaan aplikasi RDM sebesar 79%, Nilai persentase setuju pada variabel penggunaan nyata (AU) sistem RDM dalam pengelolaan nilai siswa sebesar 81%. Hal ini berarti tingkat penerimaan aplikasi ini di MAN 1 CIANJUR cukup baik dengan presentase yang cukup tinggi, presentase ini dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan presentase penerimaan aplikasi Raport Digital Madrasah.
Adi, S. (2024). Penerapan Metode TAM Untuk Mengukur Penerimaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Jambi.
Angelia, A. (2020). PENGARUH ASSET TANGIBILITY, LIKUIDITAS,
PROFITABILITAS, GROWTH, DAN PAJAK TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PT MAYORA INDAH TBK.
Antula, M. F., Koniyo, M. H., & Polin, M. (2024). Evaluasi Tingkat Penerimaan Sistem Informasi E-Learning Menggunakan Metode TAM (Technology Acceptance Model) Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo. Diffusion:
Journal of Systems and Information Technology, 4(1), 65–73.
Dako, R. D. R., Radjak, I. Z., Wiranto, I., Dako, A. Y., & Nasibu, I. Z. (2024). Evaluasi Penerimaan Sistem Informasi ft. ung. ac. id dengan Pendekatan Metode TAM.
Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, 6(1), 108–114.
Feigin, V. L., Stark, B. A., Johnson, C. O., Roth, G. A., Bisignano, C., Abady, G. G.,Abbasifard, M., Abbasi-Kangevari, M., Abd-Allah, F., & Abedi, V. (2021). Global, regional, and national burden of stroke and its risk factors, 1990–2019: a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2019. The Lancet Neurology, 20(10), 795–820.
Hannah, M. P., Irawan, N. J., Rosadamayanti, N., & Ariandi, M. (2024). EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-RAPORT MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 8(1), 19–36.
Mulyanto, A., Sumarsono, S., Niyartama, T. F., & Syaka, A. K. (2020). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Aplikasi MasjidLink. Semesta Teknika, 23(1), 27–38.
Napitupulu, D., Kadar, J. A., & Jati, R. K. (2017). Validity testing of technology acceptance model based on factor analysis approach. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 5(3), 697–704.
Rumsey, D. J. (2015). U Can: statistics for dummies. John Wiley & Sons.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Taufiq, M., Mahendra, N., & Zavanca, H. A. (2023). IMPLEMENTASI RAPOT DIGITAL MADRASAH PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH
KECAMATAN GIRI. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), 741–747.
Zulfahmi, A. A., Wilis, N., Budi, S., & Prasasti, R. (2021). Analisis penerimaan aplikasi e-presensi menggunakan PIECES framework. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 19(1), 129–135.