Skripsi

research
  • 17 Oct
  • 2024

Skripsi

Hewan domestik adalah hewan yang berdampingan langsung dengan manusia. Demi kenyamanan manusia dan hewan domestik itu sendiri, tentu perlu dilakukan perlindungan dengan melakukan steril dan adopsi untuk menjaga populasi hewan kucing dan anjing agar populasi tidak semakin banyak yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi lingkungan. Hal inilah yang dilakukan oleh Komunitas UI Peduli Hewan. Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini berfokus pada street feeding, rescue, steril dan adopsi kucing dan anjing di area Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Komunitas UI Peduli Hewan melalui media social Instagram. Metode penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam dalam mengetahui strategi dan metode komunikasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai strategi yang digunakan, termasuk posting konten menarik secara reguler, melakukan kolaborasi dengan akun pecinta hewan lain yang lebih besar, dan membuat postingan open donasi dengan narasi yang menarik simpati pada timing yang tepat. Pemilihan Instagram sebagai media komunikasi dileucine karena mudah dioperasikan dalam membuat dan mengedit konten serta memiliki jangkauan yang luas.

 

Unduhan

  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 9x | Ukuran 268 KB

 

REFERENSI

Agustin, R. W., & Ayu, M. (2021). The Impact of Using Instagram for Increasing Vocabulary and Listening Skill.

Ahmad, H. I., Ahmad, M. J., Jabbir, Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.

R.A.Fadhallah. (2020). Wawancara. Jakarta Timur: UNJ PRESS. Rahman, M. Z., Rohmah, M., & Rochayati, N. (2020). STUDI

PENYIMPANGAN SOSIAL PADA REMAJA DI DUSUN TOLOT-TOLOT DESA GAPURA KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH.

F., Ahmar, S., Ahmad, N., Elokil, A., & Chen, J. (2020). The Domestication Makeup: Evolution, Survival, and Challenges.

Ariputri, M., Pradnyadev, A., Sudana, O., Agung, G., & Putri, A. (2021). Sistem Informasi Vertical Marketplace Adopsi Hewan Peliharaan Kesayangan Berbasis Website.

Astuti, W. (2023). ANALISIS PERUBAHAN GAYA KEPEMIMPINAN ATAS MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI KLINIK MIRACLE.

Astutik, Y., & Purwati, O. (2021). VERBAL AND NONVERBAL LANGUAGE: PRE-SERVICE TEACHERS’ DECISIVENESS IN TEYL.

Caliandro, A., & Graham, J. (2020). Studying Instagram Beyond Selfies.

Social Media and Society.

Faisal, D. N. (2020). Strategi Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak dalam Mengkampanyekan Pengurangan Sampah.

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN.

Jain, N. (2021). Survey versus interviews: Comparing data collection tools for exploratory research.

Khazini, M. Q. (2019). KOMUNITAS INDONESIA CAT ASSOSIATION

(ICA) YOGYAKARTA (Studi terhadap Masyarakat Kelas Menengah ke Atas di

 

Perkotaan).

Kustiawan, W., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Siregar, F. K., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Nurhayati. (2022). KOMUNIKASI MASSA.

Lubis, M. S. (2020). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DAN SISWA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA.

Mahardika, I. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TIRTAYASA.

Mahardika, I., & Komarudin. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ZOOM TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TIRTAYASA.

Mazhar, S. A. (2021). Methods of Data Collection: A Fundamental Tool of Research. Nasution, M. M., Izar, J., & Afifah, I. H. (2021). AN ANALYSIS OF HATE SPEECH AGAINST K-POP IDOLS AND THEIR FANS ON INSTAGRAM AND TWITTER FROM THE PERSPECTIVE OF PRAGMATICS.

Perdana, K. E. (2021). ANALISA MODEL KOMUNIKASI LASWELL PADA HALAMAN "@ASWAJA_SUNDA" DALAM MEMPERTAHANKAN AJARAN ISLAM AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH DI MEDIA INSTAGRAM.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Suatu Sosial Masyarakat.

Rahmayani, O., Ardi, S., & Nofrialdi, R. (2022). The Effect of Utilization of Social Media Instagram @Nanarfshop on Buying Interest of Fisipol Students University Ekasakti Padang.

Rizaty, M. A. (2024). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia pada Maret 2019-Maret 2024.

Rusli, M., & Rusandi. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.

Saputra, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Pembelajaran Melalui Media Whatsapp Group.

Sari, R. P. (2024). Pemanfaatan Akun Media Sosial Instagram @Yayasanrkp Sebagai Media Komunikasi Pecinta Kucing.

 

Siahaan, C., & Marchellia, R. A. (2022). Peranan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Remaja Penggemar Kpop.

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE DALAM MEMBANGUN POSITIONING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA.

Sutarwati, S., & Simanjuntak, L. A. (2023). IMPLEMENTASI PERATURAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PENERBANGAN TERKAIT MANAJEMEN BAHAYA HEWAN LIAR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL HANG NADIM BATAM.

Uzun, G. O. (2020). A Review of Communication, Body Language and Communication Conflict.

Vincent, M., Dewi Pebryani, N., & Noorwatha, K. D. (2022). PENDEKATAN BIOPHILIC DESIGN DALAM PERANCANGAN INTERIOR PUSAT REHABILITASI SERTA PEMBERDAYAAN ANJING DAN KUCING TERLANTAR.

Wayan Swarniti, N. (2021). THE ANALYSIS OF SEMANTICS MEANING FOUND IN COMMENTS OF INSTAGRAM ACCOUNT OF INFO DENPASAR.