ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP APLIKASI PEMESANAN PADA KOPI KENANGAN GRAND BATAVIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN

research
  • 16 Oct
  • 2024

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP APLIKASI PEMESANAN PADA KOPI KENANGAN GRAND BATAVIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN

Konsumsi kopi yang meningkat telah menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat Indonesia, mendorong pertumbuhan produksi kopi yang menjadikan Indonesia produsen kopi terbesar keempat di dunia. Fenomena ini memicu munculnya banyak coffee shop modern. Teknologi informasi dan internet dimanfaatkan oleh bisnis seperti Kopi Kenangan untuk meningkatkan layanan melalui aplikasi mobile. Namun, ada keluhan terkait performa aplikasi dan layanan pelanggan yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan model DeLone and McLean untuk menganalisis hubungan antara kualitas sistem, informasi, dan layanan aplikasi Kopi Kenangan dengan kepuasan pengguna. Metode analisis deskriptif kuantitatif dan verifikatif digunakan dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, yang dianalisis menggunakan berbagai uji statistik dengan bantuan software IBM SPSS 25. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pemesanan pada aplikasi Kopi Kenangan di Grand Batavia dengan sampel berjumlah 100 responden, di mana 30% dari total responden adalah laki-laki (30 orang) dan 70% sisanya perempuan (70 orang). Sebagian besar responden adalah perempuan, yang lebih sering menggunakan aplikasi untuk membeli kopi dan minuman lainnya secara praktis, serta memanfaatkan promo dan diskon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi pemesanan pada Kopi Kenangan Grand Batavia, namun variabel kualitas informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi pemesanan pada Kopi Kenangan Grand Batavia.

Unduhan

 

  • Cover Skripsi.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 33x | Ukuran 458,537

REFERENSI

Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001

Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132

Ari, D. P. S., & Hanum, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Djp Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Modifikasi E Govqual. Profit: Jurnal Adminsitrasi Bisnis, 15(01), 104–111. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2021.015.01.11

Armeliadinda, & Azis, E. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pajak (Studi Kasus pada aplikasi SAMBARA di Jawa Barat) The Effect of Information Quality, System Quality, Service Quality Towards User Satisfaction of Tax. E-Proceeding of Management, 7(2), 2406–2413.

Aryani, Y., & Gustian, D. (2020). Sistem Informasi Penjualan Barang Dengan Metode Regresi Linear Berganda Dalam Prediksi Pendapatan Perusahaan. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(2), 39–51. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v2i2.47

Asyifa, N. N. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem,Kualitas informasi, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Pengguna Terhadap Kepusaan Pengguna sistem informasi Akademik Mahasiswa ( SIAM ) Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(2), 10–27. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7184

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Fidri, I. F., & Tasrif, E. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Live Chat Bps Sumatera Barat Menggunakan Model Delone Mclean. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 189–197. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106632

Firdaus, V. R., & Fahrizqi, E. B. (2023). Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan Dengan Kemampuan Passing Bawah pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Negeri 2 Kalianda. Journal of Physical Education (JouPE), 4(1), 8–13. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/joupe.v4i1.2134

Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone and McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(1), 44–52. https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-M5, 3(1), 42–57.

Khairunnisa, U. R., Dewi, N. K., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Metode Berdongeng Menggunakan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas II SDN 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 942–951. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7867

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Muharsyah, A., & Ekawati, R. K. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Tokopedia Dengan Model Delone And Mclean Di Kota Palembang. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Komunikasi, 4(2), 20–27. https://doi.org/10.32524/jusitik.v4i2.505

Nazariah, N., Indriani, Y., & Kasymir, E. (2021). Pola Konsumsi dan Sikap Mahasiswa Universitas Lampung terhadap Kopi Robusta. JurnaI Lmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 9(3), 477–484. https://doi.org/10.23960/jiia.v9i3.5340

Qomariah, N. (2016). Marketing Adactive Strategy. Jember: Cahaya Ilmu.

Ramadhani, N., & Ovami, D. C. (2021). Financial Technology dan Perilaku Keuangan Generasi Milenial. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 13(1), 13–16.

Reviyaldi, C., & Akbar, I. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Suburmitra Grafistama Jakarta Selatan. JORAPI : Journal of Research and Publication Innovation, 1(3), 959–968.

Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 139–147.

Setiawan, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Penggunaan Learning Management System (Lms) Pada Karyawan Pt Wahana Inti Selaras. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1084

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. N. (2020). Perkembangan Teknologi Infomasi terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75. https://doi.org/10.30606/hjimb

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

USDA. (2023). Coffee: World Markets and Trade. United States Department of Agriculture Foreign Agricultural Service. https://fas.usda.gov/sites/default/files/2024-06/Coffee.pdf

Utomo, G. S., Titisari, K. H., & Wijayanti, A. (2020). Pengaruh Kualitas E-Government Terhadap Kepuasan Pengguna E-Filing: Studi Kasus Wajib Pajak Di Surakarta. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.31289/jab.v6i1.2752

Wahyuni, S., Amelia, W. R., & Rafiki, A. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Invovement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Toko Pakaian Tri Collection di Desa Bandar Masilam, Kecamatan Bandar Masilam. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(1), 91–97. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i1.1686

Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean Pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) di Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing (GOODWILL), 12(1), 1–15.

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Jawa Timur: KLIK MEDIA.

Wulandari, N., Siswati, E., & Afriantoni. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayaan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Putra Bungsu di Teratai. Jurnal Mahasiswa, 1(1), 107–116.

Yugantara, P., Susilo, R. K. D., & Sulismadi, S. (2021). Gaya Hidup Ngopi Sebagai Perilaku Konsumsi. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 4(1), 126–137. https://doi.org/10.31538/almada.v4i1.1096

Yulianto, A. R., Subariyanti, H., & Wardhana, A. K. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, 22(2), 165–177.