Abstrak
Aditya Alvin Fauzan (44200371) “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Best And First Fashion ”
TikTok adalah platform media sosial yang sangat populer, terutama di kalangan Generasi Z. Ini merupakan platform untuk berbagi video pendek dengan durasi 15 hingga 60 detik, yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan konten kreatif dengan tambahan musik, efek visual, filter, dan fitur lainnya. TikTok telah menjadi pusat tren, tantangan, dan konten kreatif seperti tarian, komedi, lip-syncing, tips kecantikan, dan informasi edukatif.
Selain menjadi wadah untuk konten kreatif dan hiburan, TikTok juga signifikan sebagai platform bisnis, termasuk untuk toko online seperti Best and First Fashion. Banyak bisnis memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan produk dan menjualnya langsung kepada pengguna melalui live streaming dan konten video. TikTok terus mengembangkan dirinya dengan meluncurkan Tiktokshop, platform e-commerce yang mengikuti tren belanja online yang semakin diminati konsumen. Belanja online di TikTok dapat memberikan keuntungan berupa diskon voucher dan gratis ongkir, sesuai dengan preferensi belanja online yang praktis dan efisien.
Dengan memanfaatkan kreativitas dan daya tarik TikTok, bisnis yang melakukan live streaming dapat membangun hubungan yang erat dengan audiens mereka dan meningkatkan penjualan produk secara online.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Media Soial, Live streaming
SKRIPSI ADITYA ALVIN FAUZAN
DAFTAR PUSTAKA
Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (SE. , M. S. Dr. Patta Rapanna, Ed.; Vol.
1). @Syakir Media Press.
Achmad Sidik, Arnie Retno Mariana, & Alfia Ria Anggraeny. (2018). Perancangan Sistem
Informasi E-Recruitment Guru Studi Kasus di SMK Kusuma Bangsa. JURNAL
SISFOTEK GLOBAL , 1, 2088–1762.
Akbar, Alfi Rahman, M. Si. , Ph. D., & Mukhrijal, S. I. M. I. (2022). ANALISIS PERAN
DINAS KESEHATAN DALAM PENGAWASAN KUALITAS AIR MINUM ISI
ULANG DI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, Volume
7(1), 1–14.
Al Faribi, F., Ulfa Batubara, M., & Dharmawangsa, U. (2022). PENGGUNAAN INTERNET
SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN
HUKUM ONLINE DI KANTOR KEJAKSAAN NEGERI BANGKA SELATAN.
Dalam JURNALSOCIALOPINION (Vol. 7).
Alcianno G. Gani. (2021). PENGENALAN TEKNOLOGI INTERNET SERTA
DAMPAKNYA. Internet, Communication, Social Networking, Positive Negative effect,
2(2).
Alijoyo, A., Wijaya, Q. B., & Jacob, I. (2020). Structured or Semi-structured Interviews.
www.lspmks.-
Amelia. (2021). ANALISIS PENDAPATAN YANG DIPEROLEH TOKO SEMBAKO BPK.
AHMAD ZAMRONI DITENGAH PERSAINGAN PANDEMIC COVID19.
POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA .
Andhita, P. R. , S. S. , & K. M. (2021). Komunikasi Visual (Vol. 1). Zahira Media Publisher.
Aryani, I. D., Murtiariyati, D., Widya, S., & Yogyakarta, W. (2022). Indita Dewi Aryani Dita
Murtiariyati SOUVENIR PROJECT. Dalam Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis
Indonesia STIE Wiya Wiwaha (Vol. 2, Nomor 2).
Bambang Riono, S., Nurizki, Moh., Dumadi, D., Syaifulloh, M., & Sucipto, H. (2023).
Pengaruh Modal Usaha dan Strategi Pemasaran terhadap Volume Penjualan pada
Pelaku UMKM Mitra Mandiri Brebes. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 11(1), 1–8.
https://doi.org/10.51747/ecobuss.v11i1.1129
Bovee, C. L. , & Thill, J. V. (2016). Business communication today. Pearson.
@carro.catalog, & @carroindonesia. (2021). Instagram.
Chaffey, Dave, & Fiona Ellis-Chadwick. (2019). Digital Marketing: Strategy,
Implementation and Practice. Pearson Education Limited.
Devi, R. S., Silaban, R., & Simbolon, N. Y. (2022). PENYULUHAN TINDAK PIDANA
PENYEBARAN BERITA HOAX MELALUI MEDIA SOSIAL DI KALANGAN
GENERASI MUDA PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS
DARMA AGUNG MEDAN. Dalam Jurnal Pengabdian Masyarakat Hablum
Minannas (Vol. 1, Nomor 2).63
Dimas Andi, & Tendi Mahadi. (2023, Maret 19). Tutup Kuartal I, Penjualan Wholesales
Mobil Nasional Mencapai 282.125 Unit. https://industri.kontan.co.id/news/tutupkuartal-i-penjualan-wholesales-mobil-nasional-mencapai-282125-unit
Ella. (2022, Agustus 20). Photo Editing : Pengertian dan Alat yang bisa Digunakan.
digima.co.id. https://digima.co.id/photo-editing-pengertian-dan-alat-yang-bisadigunakan/
Fajrillah, R. N., & Sipahutar, A. A. (2023). ANALISIS KONSUMEN TERHADAP JUAL
BELI DI E-COMMERCE DALAM HUKUM ISLAM. Jurnal Akuntansi, Manajemen
dan Ekonomi Digital, 3(2).
Fathul, O., Nuqul, L., Di, A. T., & Teori, B. (2018). TEORI PERAN (ROLE THEORY).
Ferina Nurlaily, O., Asmoro, S., & Aini, K. (2021). PELATIHAN TEKNIK FOTO PRODUK
MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN VISUAL
BRANDING USAHA RINTISAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).
https://www.liputan6.com/,
Gizta, A. D., & Satria, H. (2022). PENDIDIKAN AKUNTANSI : PENGGUNAAN
INTERNET DALAM PENYELESAIAN TUGAS MAHASISWA. Jurnal Akuntansi
Kompetif, 5(3), 331–342. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v5i3.718
Haikal Ibnu Hakim, Ohorella, N., & Edy Prihantoro. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran
Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram. MUKASI: Jurnal Ilmu
Komunikasi, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.802
Hakim, F., & Anggraini, D. (2022). Pengaruh Terpaan dan Kualitas Informasi Akun
Instagram @lrtjkt Terhadap Minat Beli Jasa. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan
Cinema, 5(1), 78–85.
Hamdanah, M. H. (2023). Administrasi Pendidikan Madrasah Diniyah. Dalam 2. Penerbit
Ananta.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel
Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). PENGARUH INFLUENCER MARKETING
SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI
LITERATUR). 15(1).
Hasbullah. (2023, Februari 6). Tren Penjualan Mobil Bekas Meningkat, Jangan Lupa
Pengecekan dan Pentingnya Punya Asuransi Kendaraan. indonesia.jakartadaily.id.
Hernawati. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kesehatan Kuantitatif & Kualitatif
(M. M. Kes. , CPMC. Dr. Heru Santoso Wahito Nugroho, Ed.; Vol. 1). Forum Ilmiah
Kesehatan (FORIKES).
Hillan, A., & Sumarwati, dan. (2018). GAYA BAHASA DAN DIKSI DALAM
KUMPULAN CERPEN KESETIAAN ITU KARYA HAMSAD RANGKUTI
SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Dalam
Sastra Indonesia dan Pengajarannya (Vol. 5, Nomor 1).
Hsieh, Y. C. , & Cho, Y. C. (2017). The effects of social media on visual communication
design trends (2 ed., Vol. 11). International Journal of Design.64
Imaroh, Z., Hamzani, A. I., & Aryani, F. D. (2023). Pertanggungjawaban Pidana
Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial. Penerbit NEM.
https://books.google.co.id/books?id=drC-EAAAQBAJ
Irdha Yunianto S.Ds., M. K. (2022, Januari 31). Jurnal Administrasi Publik. desain-grafiss1.stekom.ac.id.
Julmi. (2020). Research: Qualitative, Neuroscience and Biobehaviorall psychology.
Katadata. (2018). Berapa pengguna Instagram dari Indonesia. Databooks.
Kemenperin. (2019). Industri Otomotif Berkontribusi Besar Bagi Ekonomi Nasional.
kemenperin.go.id. https://www.kemenperin.go.id/artikel/17466/Industri-OtomotifBerkontribusi-Besar-Bagi-Ekonomi-Nasional
Ketut Tangking Widarsa, Putu Ayu Swandewi Astuti, & Ni Made Dian Kurniasari. (2022).
etode Sampling Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. BASWARA PRESS.
Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. Pearson Education
Limited.
Laia, B., Florina Laurence Zagoto, S., Theresia Venty Fau, Y., Duha, A., Telaumbanua, K.,
Permata Sari Lase, I., Ziraluo, M., Magdalena Duha, M., Laia, B., & Luahambowo, B.
(2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN
NIAS SELATAN. Tatema Telaumbanua, 10(11).
http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index
Laudon, Kenneth C, & Jane P. Laudon. (2016). Management Information Systems:
Managing the Digital Firm. Pearson Education Limited.
Leonard R Sinaga, Hotlin Siregar, & Apriani Siregar. (2022). ANALISIS STRATEGI
.