PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND BEST AND FIRST FASHION

research
  • 16 Oct
  • 2024

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND BEST AND FIRST FASHION

Abstrak 

Aditya Alvin Fauzan (44200371) “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Best And First Fashion ”

TikTok adalah platform media sosial yang sangat populer, terutama di kalangan Generasi Z. Ini merupakan platform untuk berbagi video pendek dengan durasi 15 hingga 60 detik, yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan konten kreatif dengan tambahan musik, efek visual, filter, dan fitur lainnya. TikTok telah menjadi pusat tren, tantangan, dan konten kreatif seperti tarian, komedi, lip-syncing, tips kecantikan, dan informasi edukatif.

Selain menjadi wadah untuk konten kreatif dan hiburan, TikTok juga signifikan sebagai platform bisnis, termasuk untuk toko online seperti Best and First Fashion. Banyak bisnis memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan produk dan menjualnya langsung kepada pengguna melalui live streaming dan konten video. TikTok terus mengembangkan dirinya dengan meluncurkan Tiktokshop, platform e-commerce yang mengikuti tren belanja online yang semakin diminati konsumen. Belanja online di TikTok dapat memberikan keuntungan berupa diskon voucher dan gratis ongkir, sesuai dengan preferensi belanja online yang praktis dan efisien.

Dengan memanfaatkan kreativitas dan daya tarik TikTok, bisnis yang melakukan live streaming dapat membangun hubungan yang erat dengan audiens mereka dan meningkatkan penjualan produk secara online.

Kata Kunci : Pemanfaatan, Media Soial, Live streaming

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (SE. , M. S. Dr. Patta Rapanna, Ed.; Vol.

1). @Syakir Media Press.

Achmad Sidik, Arnie Retno Mariana, & Alfia Ria Anggraeny. (2018). Perancangan Sistem

Informasi E-Recruitment Guru Studi Kasus di SMK Kusuma Bangsa. JURNAL

SISFOTEK GLOBAL , 1, 2088–1762.

Akbar, Alfi Rahman, M. Si. , Ph. D., & Mukhrijal, S. I. M. I. (2022). ANALISIS PERAN

DINAS KESEHATAN DALAM PENGAWASAN KUALITAS AIR MINUM ISI

ULANG DI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, Volume

7(1), 1–14.

Al Faribi, F., Ulfa Batubara, M., & Dharmawangsa, U. (2022). PENGGUNAAN INTERNET

SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN

HUKUM ONLINE DI KANTOR KEJAKSAAN NEGERI BANGKA SELATAN.

Dalam JURNALSOCIALOPINION (Vol. 7).

Alcianno G. Gani. (2021). PENGENALAN TEKNOLOGI INTERNET SERTA

DAMPAKNYA. Internet, Communication, Social Networking, Positive Negative effect,

2(2).

Alijoyo, A., Wijaya, Q. B., & Jacob, I. (2020). Structured or Semi-structured Interviews.

www.lspmks.-

Amelia. (2021). ANALISIS PENDAPATAN YANG DIPEROLEH TOKO SEMBAKO BPK.

AHMAD ZAMRONI DITENGAH PERSAINGAN PANDEMIC COVID19.

POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA .

Andhita, P. R. , S. S. , & K. M. (2021). Komunikasi Visual (Vol. 1). Zahira Media Publisher.

Aryani, I. D., Murtiariyati, D., Widya, S., & Yogyakarta, W. (2022). Indita Dewi Aryani Dita

Murtiariyati SOUVENIR PROJECT. Dalam Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis

Indonesia STIE Wiya Wiwaha (Vol. 2, Nomor 2).

Bambang Riono, S., Nurizki, Moh., Dumadi, D., Syaifulloh, M., & Sucipto, H. (2023).

Pengaruh Modal Usaha dan Strategi Pemasaran terhadap Volume Penjualan pada

Pelaku UMKM Mitra Mandiri Brebes. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 11(1), 1–8.

https://doi.org/10.51747/ecobuss.v11i1.1129

Bovee, C. L. , & Thill, J. V. (2016). Business communication today. Pearson.

@carro.catalog, & @carroindonesia. (2021). Instagram.

Chaffey, Dave, & Fiona Ellis-Chadwick. (2019). Digital Marketing: Strategy,

Implementation and Practice. Pearson Education Limited.

Devi, R. S., Silaban, R., & Simbolon, N. Y. (2022). PENYULUHAN TINDAK PIDANA

PENYEBARAN BERITA HOAX MELALUI MEDIA SOSIAL DI KALANGAN

GENERASI MUDA PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS

DARMA AGUNG MEDAN. Dalam Jurnal Pengabdian Masyarakat Hablum

Minannas (Vol. 1, Nomor 2).63

Dimas Andi, & Tendi Mahadi. (2023, Maret 19). Tutup Kuartal I, Penjualan Wholesales

Mobil Nasional Mencapai 282.125 Unit. https://industri.kontan.co.id/news/tutupkuartal-i-penjualan-wholesales-mobil-nasional-mencapai-282125-unit

Ella. (2022, Agustus 20). Photo Editing : Pengertian dan Alat yang bisa Digunakan.

digima.co.id. https://digima.co.id/photo-editing-pengertian-dan-alat-yang-bisadigunakan/

Fajrillah, R. N., & Sipahutar, A. A. (2023). ANALISIS KONSUMEN TERHADAP JUAL

BELI DI E-COMMERCE DALAM HUKUM ISLAM. Jurnal Akuntansi, Manajemen

dan Ekonomi Digital, 3(2).

Fathul, O., Nuqul, L., Di, A. T., & Teori, B. (2018). TEORI PERAN (ROLE THEORY).

Ferina Nurlaily, O., Asmoro, S., & Aini, K. (2021). PELATIHAN TEKNIK FOTO PRODUK

MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN VISUAL

BRANDING USAHA RINTISAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

https://www.liputan6.com/,

Gizta, A. D., & Satria, H. (2022). PENDIDIKAN AKUNTANSI : PENGGUNAAN

INTERNET DALAM PENYELESAIAN TUGAS MAHASISWA. Jurnal Akuntansi

Kompetif, 5(3), 331–342. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v5i3.718

Haikal Ibnu Hakim, Ohorella, N., & Edy Prihantoro. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran

Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram. MUKASI: Jurnal Ilmu

Komunikasi, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.802

Hakim, F., & Anggraini, D. (2022). Pengaruh Terpaan dan Kualitas Informasi Akun

Instagram @lrtjkt Terhadap Minat Beli Jasa. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan

Cinema, 5(1), 78–85.

Hamdanah, M. H. (2023). Administrasi Pendidikan Madrasah Diniyah. Dalam 2. Penerbit

Ananta.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel

Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). PENGARUH INFLUENCER MARKETING

SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI

LITERATUR). 15(1).

Hasbullah. (2023, Februari 6). Tren Penjualan Mobil Bekas Meningkat, Jangan Lupa

Pengecekan dan Pentingnya Punya Asuransi Kendaraan. indonesia.jakartadaily.id.

Hernawati. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kesehatan Kuantitatif & Kualitatif

(M. M. Kes. , CPMC. Dr. Heru Santoso Wahito Nugroho, Ed.; Vol. 1). Forum Ilmiah

Kesehatan (FORIKES).

Hillan, A., & Sumarwati, dan. (2018). GAYA BAHASA DAN DIKSI DALAM

KUMPULAN CERPEN KESETIAAN ITU KARYA HAMSAD RANGKUTI

SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Dalam

Sastra Indonesia dan Pengajarannya (Vol. 5, Nomor 1).

Hsieh, Y. C. , & Cho, Y. C. (2017). The effects of social media on visual communication

design trends (2 ed., Vol. 11). International Journal of Design.64

Imaroh, Z., Hamzani, A. I., & Aryani, F. D. (2023). Pertanggungjawaban Pidana

Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial. Penerbit NEM.

https://books.google.co.id/books?id=drC-EAAAQBAJ

Irdha Yunianto S.Ds., M. K. (2022, Januari 31). Jurnal Administrasi Publik. desain-grafiss1.stekom.ac.id.

Julmi. (2020). Research: Qualitative, Neuroscience and Biobehaviorall psychology.

Katadata. (2018). Berapa pengguna Instagram dari Indonesia. Databooks.

Kemenperin. (2019). Industri Otomotif Berkontribusi Besar Bagi Ekonomi Nasional.

kemenperin.go.id. https://www.kemenperin.go.id/artikel/17466/Industri-OtomotifBerkontribusi-Besar-Bagi-Ekonomi-Nasional

Ketut Tangking Widarsa, Putu Ayu Swandewi Astuti, & Ni Made Dian Kurniasari. (2022).

etode Sampling Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. BASWARA PRESS.

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. Pearson Education

Limited.

Laia, B., Florina Laurence Zagoto, S., Theresia Venty Fau, Y., Duha, A., Telaumbanua, K.,

Permata Sari Lase, I., Ziraluo, M., Magdalena Duha, M., Laia, B., & Luahambowo, B.

(2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN

NIAS SELATAN. Tatema Telaumbanua, 10(11).

http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index

Laudon, Kenneth C, & Jane P. Laudon. (2016). Management Information Systems:

Managing the Digital Firm. Pearson Education Limited.

Leonard R Sinaga, Hotlin Siregar, & Apriani Siregar. (2022). ANALISIS STRATEGI

.