STRATEGI KOMUNIKASI PEMANFAATAN E-COMMERCE TIKTOK TOKOPEDIA (SHOP TOKOPEDIA) SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DIGITAL DILAKUKAN OLEH PT DAKARA SEMESTA INDONESIA

research
  • 16 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PEMANFAATAN E-COMMERCE TIKTOK TOKOPEDIA (SHOP TOKOPEDIA) SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DIGITAL DILAKUKAN OLEH PT DAKARA SEMESTA INDONESIA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh @dakara.official dalam memanfaatkan e-commerce TikTok Tokopedia sebagai media pemasaran digital. Dengan menggunakan teori semiotika dari Charles Sanders Peirce, penelitian ini mengkaji bagaimana tanda-tanda visual dan tekstual yang digunakan dalam postingan TikTok mampu membentuk persepsi positif dan mendorong tindakan pembelian pada platform Tokopedia. Metodologi penelitian melibatkan analisis konten dari postingan TikTok serta evaluasi data performa seperti jumlah view, click-through rate (CTR), dan tingkat konversi penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi @dakara.official efektif dalam menarik perhatian target audiens dan meningkatkan traffic ke halaman Tokopedia. Pemilihan tanda-tanda yang tepat serta integrasi pesan antara TikTok dan Tokopedia berhasil membangun brand image yang kuat. Namun, meskipun ada peningkatan brand awareness, evaluasi menunjukkan bahwa tingkat konversi dari kunjungan ke penjualan masih perlu ditingkatkan. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan e-commerce TikTok dan Tokopedia oleh @dakara.official merupakan strategi yang efektif dalam pemasaran digital, namun memerlukan penyesuaian lebih lanjut untuk mencapai hasil penjualan yang optimal. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya tanda dalam komunikasi pemasaran serta bagaimana tanda-tanda tersebut dapat mempengaruhi perilaku konsumen

Unduhan

  • cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 20x | Ukuran 176 KB

 

REFERENSI

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In CV. Syakir Media Press (Vol.1, Nomor1).

Chaffey, D. (2016). Sixth Edition Digital Marketing. In Pearson Education Limited

A MUNHAMIR. (n.d.). BAB_3.

Abdullah, D. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN KONSUMEN DI ERA PANDEMI. 41.

Ahyar, H., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif SERI BUKU HASIL PENELITIAN View project Seri Buku Ajar View project. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Aisyah, A. P., Dwi Nurhaepi, H., Khaerani, N., & Kusumadinata, A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Tiktok Shop Terhadap Kepuasan Konsumen. In Karimah Tauhid (Vol. 1).

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1, 1–9.

Arlene Junita & Margaretha Nazhesda. (2023, Desember 11). GoTo dan TikTok Sepakati Kemitraan Strategis E-Commerce untuk Mendorong Kemajuan UMKM Indonesia.

Choirunnisak, M. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK HOME INDUSTRI HASTA INDONESIA. 13.

Dahlia, S. (2021). Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja Di Desa Perawang Kecamatan Tualang. Skripsi Universitas Islam Riau, 91.

Darmawijaya, Muhardi, & Rizal Chaidir. (n.d.). Analisis Kualitas Web Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Membangun Keputusan Pasien Untuk Menggunakan Layanan Rumah Sakit Melinda 2 Bandung. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi  Vol. 9, No. 3, Desember 2023161P-ISSN 2460-8211   E-ISSN 2684-706X .

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Femmilia, N. (n.d.). HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA Studi Kualitatif Tentang Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Peluncuran Produk Cloud Raya Di Pt Wowrack Indonesia.

Firmansyah, S.E., M.M, D. M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. In CV. PENERBIT QIARA MEDIA (Vol. 1, Nomor 1).

Huda & Priyatna. (2019). E-Commerce.

Jayani, D. H. (2019). Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh. databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023

Juhana, D., Komara, A. T., Sidarta, I., & Suzanto, B. (2024). Pengantar E-Commerce dan Platform Digital (Efitra (ed.); Pertama). Sonpediapublishing. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=9rsFEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Seiring+dengan+kemajuan+kolaborasi+ini,+baik+TikTok+maupun+Tokopedia+akan+fokus+pada+inovasi+berkelanjutan+pembaruan+di+masa+depan+akan+mencakup+peningkatan+fitur,+pengalaman+Augm

Kangean, S., Rusdi, F., Analisis, :, Komunikasi, S., Shopee, P., & Persaingan, D. (n.d.). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Persaingan E-Commerce di Indonesia.

Khairani, N. F. (2024). TikTok x Tokopedia, Revolusi Pemasaran Digital, Social Shopping. https://geotimes.id/komentar/tiktok-x-tokopedia-revolusi-pemasaran-digital-social-shopping/#:~:text=Kolaborasi ini menggabungkan sifat TikTok,global menghasilkan strategi pemasaran digital.

Kotler dan Keller. (2008). Marketing Management. Pearson Prentice Hall Inc.

Lasono, I. N., & Novita, A. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran di Platform TikTok: Kajian Konten pada Akun @optikalunett_official. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 149–158. https://doi.org/10.54082/jupin.274

Lonardi, S., Lan, W. P., Hutabarat, F. A. M., Nugroho, N., & Supriyanto, S. (2021). Peranan Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna E-commerce Shopee Di Politeknik Cendana. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(3), 80–85. https://doi.org/10.47065/jbe.v2i3.955

Maharani, S., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Immersion Saat Live Streaming Syaria Shopping Serta Pengaruhnya Kepada Minat Pembelian (Studi Pada Social Commerce Tik Tok Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2942. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.9854

Nurjaman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, Nomor 1).

Putri, A. A., Hanif, M., Farrasi, R., Fauzianti, P. P., & Wibowo, R. H. (2024). Penerapan Business Intelligence Pada Tiktok dalam Menarik Konsumen Berbelanja di Tiktok Shop. 2(3), 482–493. https://doi.org/10.30640/trending.v2i3.2773

Ramadani, A. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYWAN PADA PT.INDAH LOGISTIK PEKANBARU. https://doi.org/https://repository.uir.ac.id/10309/1/165210254.pdf

Ridho Irawan, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bangbrew. JIMSIPOL, 2, 1–15.

Shalihah, A. A., Juwita, R., & Hetami, A. A. (2022). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN PADA KOPIRIA. 2022(3), 27–41.

Sutrisno, Tannady, H., Santoso, M. H., Karman, A., & Jayanto, I. (2022). Analisis Peran Service Quality, Harga Dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction Jasa Pengiriman JNE. Management Studies and Enterpreneurship Journal, 3 (6), 4075.

Wahidanti Zahrahast, C., Kartiwa, A., Ginanjar, Y., Ekonomi dan Bisnis, F., Manajemen, P., Situ No, J., & Situ Kec Sumedang Utara Sumedang, K. (2022). Analysis Of Marketing Communications in Building Brand Awareness at Distro Madman Wear Sumedang Universitas Sebelas April.

Winando, B. I. (2022). PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI INSTRUKTUR KEBUGARAN DALAM TERCAPAINYA KONDISI BADAN IDEAL PADA KLIEN PENDERITA OBESITAS MELALUI PROGRAM LATIHAN BEBAN. Studi Pada Empire Gym Lampung, 27.

Yulia Sari. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Amazara(Studi Kasus Pemanfaatan Media Digital-Internet dalam Komunikasi PemasaranPT Amazara Cipta Indonesia Tahun 2019-2020).

Yupi, Y., & Heryadi Putri, A. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi Tiktok. KOMVERSAL, 5(1), 70–92. https://doi.org/10.38204/komversal.v5i1.1214