Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) PT Niko Elektronik Indonesia Dalam Meningkatkan Penjualan Produk

research
  • 15 Oct
  • 2024

Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) PT Niko Elektronik Indonesia Dalam Meningkatkan Penjualan Produk

Dalam industri elektronik yang semakin kompetitif, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci bagi perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Penerapan Integrated Marketing Communication  di perusahaan-perusahaan besar saat ini seolah menjadi tuntutan global. Melalui pendekatan IMC dapat menghasilkan konsistensi pesan yang lebih kuat dan dapat menciptakan dampak penjualan yang lebih besar. Penjualan produk PT Niko Elektronik Indonesia mengalami peningkatan, hal ini tidak lepas dari adanya upaya promosi dan menerapkan IMC sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan menggunakan paradigma kontruktivisme. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hasil penelitian terhadap subjek dan objek yang diteliti. Subjek penelitian ini adalah PT Niko Elektronik Indonesia dan objeknya adalah penerapan bauran IMC iklan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, promosi penjualan, dan event sponsorship. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan IMC yang dilakukan PT Niko Elektronik Indonesia sudah dilakukan dengan baik, strategi ini tidak hanya meningkatkan penjualan produk, tetapi juga membantu bersaing dengan merek-merek lain di Indonesia.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.

Andri Yani, M. (2020). Analisis Integrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Adam Bengkulu.

Baleviciene, D. (2020). Integrated Marketing Communications.

Dwi, D., & Aqidatul, R. (2023). Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember fakultas dakwah 2023 (Issue April).

Haikal Ibnu Hakim, Ohorella, N., & Edy Prihantoro. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram.

Hamzah, R. E., & Azhari, R. R. (2019). Konsep Integrated Marketing Communication dalam Meningkatkan Brand Image Hotel Grand Sahid Jaya.

Hariyanto, D. (2023). Buku Ajar Komunikasi Pemasaran. Umsida Press, 1-142.

Heryana, A., & Unggul, U. E. (2018). Informan dan pemilihan informan dalam penelitian kualitatif. Universitas Esa Unggul. 25,15. December.

HIDAYATULOH, S. (2024). SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Dakwah UIN Prof . K . H . Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana ( S . Sos ) Oleh : SYARIF HIDAYATULOH PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM.

Himmawan, D., & Agniah, M. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Jatibarang Indramayu.

INDAH SASNIA SARI. (2023). Komunikasi Pemasaran Terpadu Emak Cw Pekanbaru Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen.

Kamal, Y. S., & Triyono, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Griya Herbal Integrated Marketing Communication Strategy of Griya Herbal Muyassar in Marketing Pro Healthy Products.

Kusumasari, R. N., & Afrilia, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu J&C Cookies Bandung Dalam Meningkatkan Penjualan | Jurnal Sain Manajemen.

Mulyana, Y., & Wardana. (2024). Analisis Penerapan Metode Marketing Mix dalam Penjualan Produk pada Penjualan Cv . Rumah Krispy (Crispy House).

Noviastuti, N. (2022). Upaya Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Marketing Mix Di Pt.Mega Finance Yogyakarta.

Pradana Rambe, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial [email protected] Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. 5686, 1–60.

Pramucitra, S., Prihastomo, N. R., & Mahendra, V. N. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Roti Gembong Tanduk Dalam Meningkatkan Penjualan.

Punch, KF, & Oancea, A. (2019). Pengantar Metode Penelitian dalam Pendidikan (Edisi ke-2nd).

Rangkuti, M. H., Imsar, & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Pembiayaan Multiguna Hasanah Di Bank Syariah Indonesia KCP Binjai Sudirman.

Safari, I. E., Kartinawati, E., Wiryawan, H., & Surakarta, U. S. (2021). KOMUNITAS , Volume 8 , No , 1 September 2021. 8(September).

Sari, P. P., & Furqany, S. (2022). Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Kabupaten Aceh Besar Di Masa Pandemi Covid-19.

Siregar, R. K. (2022). Komunikasi Pemasaran Terpadu Media Siber Lokal Di Era Digital: Studi Kasus Wowbabel.Com.

Soleh, I. I. (2019). Kegiatan Integrated Marketing Communication Umkm Jabar (Usaha Mikro, Kecil, Menengah Jawa Barat) Dalam Program Sinergitas ABCGM.

Ulhusna, U. (2022). Strategi Integrated Marketing Communication (Imc) Pada Digital Agency Syariah Syafaat Marcom Di Yogyakarta Tahun 2021.

Wainira, M. A. D., Liliweri, Y. K. N., & Mandaru, S. S. E. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).

Wibowo, S. C., & Sinatra Wijaya, L. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT Indaco Warna Dunia dalam Mempromosikan Produk Cat.

Yanti, I., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju.

Yulyani, P. (2023). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam  Mempromosikan Sekolah Dasar Quran Cordova  Kecamatan Minas. Skripsi , 20.

Zainuddin, M. Z., Lianti, H., & M., S. H. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu, Citra Perusahaan Operator Seluler Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Lbc Kendari.

Website:

https://nikoelectronic.com/

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/11/210900876/niko-elektronik luncurkan-kompor-kaca-canggih-seharga-rp1-jutaan?page=all

https://www.ampenannews.com/2023/10/niko-raih-brand-choice-award-2023-untuk-kategori-kompor-tanam.html

https://koranjuri.com/niko-luncurkan-kompor-gas-titanium-flip-mau-tahu-keunggulannya/

https://food.detik.com/berita-boga/d-5864996/niko-luncurkan-kompor-kaca-black-series-dengan-pengaman-gas

https://eljohnnews.com/niko-kembali-luncurkan-produk-kompor-gas-kaca-terbaru-kokana-black-series-kali-ini-fiturnya-lebih-canggih/