STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL INSTAGRAM BIMBA AIUEO DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PERUSAHAAN

research
  • 15 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL INSTAGRAM BIMBA AIUEO DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PERUSAHAAN

Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI) biMBA AIUEO, merupakan sebuah lembaga usaha di bidang jasa yang berfokus pada pendidikan anak usia dini. biMBA AIUEO didirikan untuk menumbuhkan minat baca dan belajar anak. Salah satu strategi biMBA AIUEO dalam membangun brand awareness perusahaan nya di masyarakat adalah dengan menggunakan strategi komunikasi digital melalui instagram. Penggunaan teknologi digital dalam dunia bisnis memiliki banyak manfaat karena jangkauan publik yang cepat dan luas. Dalam melakukan startegi komunikasi digital bukanlah hal yang mudah terutama pada usaha dibidang jasa karena objek yang ditawarkannya bukanlah berbentuk barang, melainkan keahlian dan keilmuan. Oleh karena itu, biMBA AIUEO melakukan perencanaan dan pengelolaan komunikasi yang terencana sebelum mengimplementasikan strategi komunikasinya. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Skripsi adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan metode analisanya berupa analisis kualitatif deskriptif yaitu metode analisis data tanpa menggunakan analisis statistik. Strategi komunikasi digital instagram biMBA AIUEO harus sejalan dengan visi, misi, dan tujuan biMBA, maka strateginya adalah dengan menggunggah konten-konten edukatif berupa foto dan video menarik tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan biMBA AIUEO, diantaranya: program-program biMBA AIUEO, kegiatan anak, testimoni orang tua, games interaktif, dengan memanfaatkan fitur-fitur pendukung instagram seperti cerita dan sorotan instagram, reels, feed, fitur reaction suka, komentar, dan pesan langsung.

Unduhan

  • Cover Skripsi.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 18x | Ukuran 134 KB

 

REFERENSI

Aripradono, H. W. (2020). Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram. Teknika, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298

AU Ningrum. (2019). Strategi Komunikasi Humas Pt Kereta Api Indonesia Divisi Regional (Divre) Iii Palembang Dalam Mempromosikan Kereta Kertalaya Di Masyarakat. 11–46. https://repository.radenfatah.ac.id/5239/

Fatmawati, F. (2021). Strategi Komunikasi dan Perencanaan Strategi. In Komunikasi Korporat: Teori dan Praktis (pp. 107–119).

Fatmawati, N. (2021). Berkomunikasi secara efektif, Ciri pribadi yang berintergritas, dan penuh semangat. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/13988/Berkomunikasi-Secara-Efektif-Ciri-Pribadi-yang-Berintegritas-Dan-Penuh-Semangat.html

Feny Rita Fiantika et all. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204

Hamzah, M., Sudaryanto, E., Cahyo, B., & Adhi, S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Peningkatan Brand Awareness ( Studi Deskriptif Kualitatif pada Ragil Kuning ). Commercium, 4(2), 120–135.

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2021). BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 New Media 2.1.1 Pengertian New Media. 8–23.

 

Kartini, Syahrina, J., Nisya, S., & Harahap, N. (2022). Penelitian Tentang Intagram. Perpustakaan Dan Informasi.

Kosanke, R. M. (2020). Pegelolaan data. 15–25.

Mulia Putri, V. melia. (2024). Media Baru: Pengertian dan Contohnya. 16 Maret. https://www.kompas.com/skola/read/2024/03/16/100000769/media-baru--pengertian-dan-contohnya

Puspita sari, C. D. (2023). Strategi komunikasi pemasaran public relations pt mega perintis tbk dalam meningkatkan loyalitas pelanggan moc.

Qothrunnada, K. (2023). Pengertian Komunikasi, Unsur, Fungsi, Tujuan dan Bentuknya. 13 April. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6671910/pengertian-komunikasi-unsur-fungsi-tujuan-dan-bentuknya

Sari, S., Syamsuddin, S., & Syahrul, S. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678

Utami, A. H. (2021). Media baru dan Anak Muda : Perubahan Bentuk Media dalam Interaksi Keluarga New Media and Youth: Changing Forms of Media in Family Interactions. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 11(1), 8. https://doi.org/10.20473/jpua.v11i1.2021.8-18

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2022). Pengaruh Media Sosial. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf