Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lemonilo

research
  • 14 Oct
  • 2024

Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lemonilo

Persaingan pasar membuat perusahan harus bisa berinovasi agar bisa bersaing dengan Perusahaan lain.beberapa hal yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan produk yang berkualitas serta strategi promosi yang berbeda. Brand Ambassador yang memiliki image positif dan kualitas produk yang bagus dapat menarik konsumen serta meningkatkan Keputusan pembelian suatu produk yang akan dipasarkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Ambassador dan kualitas produk terhadap Keputusan pembelian. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 110 yang menggunaan teknik convenience sampling dengan beberapa kriteria yaitu berusia diatas 15 tahun, pernah membeli produk lemonilo, pernah melihat iklan lemonilo x NCT Dream, mengenal atau mengetahui NCT Dream. Teknik pengumpulan data melalui google form. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji T dan uji F serta uji koefisiensi determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (thitung 8,491 > ttabel 1,659). Secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (thitung 2,779 > ttabel 1,659). Secara simultan Brand Ambassador dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Fhitung 365,688 > Ftabel 3,08).

Unduhan

 

REFERENSI

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Aldini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.52005/aktiva.v3i1.130

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Akmami, 2(2), 204–219.

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Buchari, A. (2013). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.

Diva, S. S., Sukma, R. P., Azizah, A. A., Tania, W. P. A., Martiningsih, & Dwi, S. E. (2022). Jurnal potensial. Jurnal Potensial, 1(2), 143–150.

Geret, M., Yelviana, A., Sagitary, A., Fitri, A., Putri, I. K., & Putra, R. B. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Transmart Padang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu Nusantara, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.61674/jimin.v1i1.47

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911

Hadiyati, N., Rakhmawati, S. R., Budiasih, B., & Kustamtinah, L. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 85–93. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.492

Irzani, N. F. A., Masruroh, A., & Roikhan, M. R. (2022). Efektivitas Nct Dream Sebagai Brand Ambassador Produk Somethinc Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(2), 254–259. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.367

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Pearson prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education.

Lea-Greenwood, G. (2014). Celebrity endorsement: A guide to effective branding and marketing. Palgrave Macmillan.

Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Productivity, 2(4), 272–275.

Mufidah, L., & Tejomurti, K. (2021). Peran Sikap Pada Iklan Dalam Memediasi Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Mie Sedap Goreng Korean Soicy Chiken. 7(3), 6.

Mukaka. (2017). A Comprehensive Guide to Data Analysis Using SPSS. Sage Publications.

Nurdin, M. & Komala, P. (2016). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. PT Refika Aditama.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Riyano. (2016). Manajemen Pemasaran.

Romadlon, C., & Effrisanti, Y. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo Pada Nctzen Kediri. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 105. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i1.3177

Schmitt, Atwater, & Conrath. (2018). Handbook of Personnel Selection. Routledge.

Selvia, M., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ksometik Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Emba, 10(4), 320–330.

Solomon, M. R., Bogue, B. H., & Strauss, J. (2014). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. Cengage Learning.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabeta.

Swastika, N. A. (2018). The Role of Brand Ambassador in Building Brand Awareness in the Era of Digital Marketing. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences.

Yusuf, D. A., Tumbel, A. L., & Woran, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Ambassador Kpop Nct Dream Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mie Lemonilo Di Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 965. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43526