ANALISIS AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) PADA IKLAN “CHERY OMODA 5 ‘GREAT PERFORMANCE WITH PREMIUM COMFORT’ VERSI YOUTUBE”

research
  • 14 Oct
  • 2024

ANALISIS AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) PADA IKLAN “CHERY OMODA 5 ‘GREAT PERFORMANCE WITH PREMIUM COMFORT’ VERSI YOUTUBE”

Manusia adalah makhluk sosial, dalam keberlangsungan hidup sehari hari komunikasi dapat membantu, dengan adanya komunikasi kita dapat terhubung dengan masyarakat sehingga dapat membangun kontak sosial untuk mempengaruhi orang lain mulai dari memiliki rasa, berfikir dan berperilaku, komunikasi selain dapat membuat masyarakat saling terhubung namun juga dapat membantu dalam hal bisnis untuk menyampaikan pesan dalam menawarkan atau mempromosikan sebuah produk, di era saat ini dengan perkembangan teknologi atau yang dapat menimbulkan media baru dan juga saat ini banyak platform sosial media yang banyak diminati diminati oleh masyarakat bahkan sharing network salah satu contohnya ialah Youtube, yang saat ini lebih digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia dibandingkan dengan televisi, hal ini menjadi sebuah peluang besar bagi para pembisnis atau perusahaan yang dengan mudah mempromosikan produk mereka secara rinci, salah satu perusahaannya yakni Chery yang saat ini memanfaatkan media baru dengan media platform Youtube untuk menjadi wadah promosi untuk mempromosikan secara detail mulai dari memberikan informasi mengenai bentuk eksterior dan interior dari produk Chery hingga memberikan informasi mengenai fitur fitur yang diberikan, maka Chery sering membuat konten secara berkala dengan tema yang cukup beragam, maka dari itu sangat pentingnya daya tarik dan minat bagi para konsumen terhadap produk yang dipromosikan, maka setiap konten yang dibuat pembisnis atau perusahaan harus mengerti bagaimana membuat konten dapat menarik perhatian bahkan konsumen dapat lebih percaya terhadap produk yang dipromosikan, maka pada penilitian ini membahas konten iklan Chery Omoda 5 edisi “Great Performance With Premium Comfort” Versi Youtube dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan AIDA (Attention, Interes, Desire, Action) yang ditayangkan di Youtube.

Unduhan

 

REFERENSI

BUKU :

Fourqoniah, F., & Aransyah, M. F. (2020). Buku Pengantar Periklanan. In Lakeisha.
Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan (1st ed.). PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.
Mulyana, D. (2017). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI. PT. Remaja Rosdakarya.
Suhadang, K. (2016). Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan (I. Fibrianti (Ed.);2nd ed.). PENERBIT NUANSA CENDIKIA.
Wahid, U. (2016). Komunikasi Politik Teori, Konsep, Aplikasi pada Era Media Baru. Simbiosa Rekatama Media.

JURNAL :
Halim, S. F., Doloksaribu, W. S. A., Lienedy, C., & Sudirman, A. (2024). Analisis Faktor - Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E Commerce Tokopedia Pada Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas
Prima Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 4536–4542. https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.7721
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce.
JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 217–228. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Indrawan, J., Efriza, & Ilmar, A. (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Medium, 8(1), 1–17.
55 https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4820
Kurniawati, N. K., Widyastuti, N. W., Alifi , M. I., Pratiwi, M., Nisa, H., & Maulana I. C. (2022, Juni). Penerapan attantion, interest, desire, action (AIDA) Terhadap Komunikasi Pemasaran Kerajinan Tangan. Jurnal Ilimah Wahana. Pendidikan. Retrieved Juni 2022, from
https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP
Nurcahyani, D. R., & Renaldi, R. (2023). Analisis Efektivitas Iklan pada Media YouTube: Studi Kasus pada Iklan Gojek. Journal of Management and Business Review, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i1.233
Pranantya, A. F., Sugiono, A., & Adistya, D. (2022, September). Respon Konsumen Terhadap Instagram Stories Anugrah Travellers Melalui Model AIDA. Jurnal Kompetitif Bisnis, 1, 516-530. Retrieved September 2022
Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E Commerce Di Era Digital
Pratiwi, D., Purwanto, I., Shofiati, R., Ningsih, Y., Azamy, M., & Aulia,
T. (2022). Pemanfaatan Animatron untuk Pembuatan Iklan Animasi bagi Para Pelaku UMKM di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Abdimas BSI:
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 11–22.
https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10640
Qurthuby, M. M. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Respon Nasabah Mengambang Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Di Wilayah 56
Cibadak-Sukabumi). Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 17.
https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.4682
Wahyudi, A. D., sivi, A., & Sivi, N. A. (2021, Januari). Penerapan Media Promosi Produk E-Marketplace Menggunakan Pendekatan AIDA Model dan 3D Objek. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 6(1).Retrieved Januari 2021