Shopee merupakan salah satu e-commerce berbasis aplikasi mobile yang saat ini sangat berkembang di Indonesia. Shopee didirikan pada tahun 2009 oleh Forrest Li, dan diluncurkan pertama kali di singapura tahun 2015. Sebagai salah satu e-commerce terbesar yang ada di Indonesia Shopee sendiri menawarkan berbagai fasilitas dan kebijakan serta prosedur dengan tujuan menghadirkan kenyamanan dan kepuasan didalam berbelanja salah satunya adalah kebijakan pengembalian barang. Permasalahan yang terjadi pada proses pengembalian barang pada shopee ialah belum diketahuinya tingkat kepuasan pengguna pada proses pengembalian barang di aplikasi shopee sehingga diperlukan tingkat kepuasan ini yaitu untuk memperbaiki kualitas proses pengembalian barang. Untuk Menganalisis bagaimana tingkat kepuasan pengguna dalam proses pengembalian barang pada aplikasi shopee. Didalam penelitian ini menggunakan metode PIECES (Performance, Information, Economics, Control and security, Efficiency) framework. Tingkat kepuasan pengguna dalam proses pengembalian barang pada aplikasi Shopee secara umum pengguna menyatakan puas, hal ini dapat dilihat dari enam variabel PIECES yang diteliti yaitu variabel performance (3,79), Variabel information and data (3,98), variabel economics (3,68),Variabel control and security (3,73), variabel efficiency (3,46), variabel service (3,63)
Skripsi_Wureida_Setiawan_17200503
Aditya, N. M. B., & Jaya, J. N. U. (2022). Penerapan Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (Json), 3(3), 325–332. Https://Doi.Org/10.30865/Json.V3i3.3964
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614–3747. Https://Bmspeed7.Com
Evitria, Dina; Utamajaya, Joy Nashar; Hermawansyah, Adi. Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Layanan Gofood Menggunakan Metode Pieces Framework. Jurikom (Jurnal Riset Komputer), 2022, 9.3: 522-527.
Faqih, Husni, Et Al. Implementasi Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Mypsb Mejasem. Jurnal Teknoinfo, 2024, 18.1: 56-62.
Fauziah, F., & Karhab, R. S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi Spss
Ghozali, Imam. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21.
Semarang: Badan Penerbit Undip.
Handayani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Cv. Pustaka Ilmu.
Hardani, Dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: Cv.Pustaka Ilmu Grup
Ibrahim, Anwar. Prosedur Permintaan Barang Di Pt. Indofood Cbp Sukses Makmur. 2022.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Indrawati, I., Lokapitasari Belluano, P. L., Harlinda, H., Tuasamu, F. A. R., & Lantara,
Indrawati, Indrawati, Et Al. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework. Ilkom Jurnal Ilmiah, 2019, 11.2: 118- 128.
Janna, Nm, & Herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss.
Krisna, I. Putu Dananjaya. Pengaruh Pemasaran Produk Makanan Dan Minuman Terhadap Minat Beli Konsumen:(Studi Kasus Di Green Cafe 15 A Kota Metro). Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2024, 2.2: 32-44.
Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif Dan Kualitatif Disertai Contoh Praktis Skripsi, Tesis, Dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.
Lam’ah, Siti, Et Al. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajmen, 2020, 7.1.
Marzuki, A., Armereo, C., & Rahayu, P. F. (2020). Praktikum Statistik. Ahli Media Press.
Narang, Remilton Gerardus; Thomas, Alfin. Aplikasi Penjualan Dan Pembelian Pada Apotek Rosa Delima Kendari Berbasis Pemrograman Delphi 7. Simtek: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 2020, 5.2: 78-84
Nasution, Siti Lam'ah; Limbong, Christine Herawati; Ramadhan, Denny Ammari. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 2020, 7.1: 43-53.
Noviyanti, Iis; Hayati, Feb Amni; Saputra, Rizki. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Story-I Mall Alam Sutera. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 2019, 3.2: 230-243.