ANALISA KEPUASAN PENGGUNA PADA LAZADA MOBILE MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

research
  • 14 Oct
  • 2024

ANALISA KEPUASAN PENGGUNA PADA LAZADA MOBILE MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Seringkali terdapat kesenjangan antara ekspektasi pengguna terhadap aplikasi Lazada dan kenyataan yang mereka alami, misalnya, masalah pada performa aplikasi, kurangnya fitur yang relevan, atau kesulitan dalam navigasi dapat menyebabkan ketidakpuasan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna di aplikasi Lazada yang mencakup elemen seperti content, accuracy, format, Ease of use, dan timeliness menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Pada penelitian ini melibatkan individu berusia antara 17 sampai 35 tahun yang tinggal di daerah Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh elemen seperti content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness mendapatkan kategori netral atau cukup puas dengan total skor sebesar 3,189. Rekomendasi perbaikan pada penelitian ini yaitu, untuk mempertahankan stabilitas dan mengembangkan sistem informasi yang lebih baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, khususnya terkait informasi produk yang relevan dengan deskripsi dan barang yang dijual.

Unduhan

 

  • full_skripsi.pdf

    full_text

    •   diunduh 72x | Ukuran 2,485,056

REFERENSI

Aprillia, N., & Sanjaya, M. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Gofood Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Teknologi  Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 511–520. https://doi.org/10.47233/JTEKSIS.V5I4.1053

Ariwanta, I. P. Y. A., Saputra, I. G. T. E., Apriyanthi, N. P. E., Gunawan, I. M. A. O., & Indrawan, G. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS Pada Sistem Computer Based Test di Institusi Pendidikan. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 4(4), 942–951. https://doi.org/10.47065/JOSYC.V4I4.3752

Chandra Putri, A., & Suhartono, S. (2023). Kemampuan Kualitas Audit Memoderasi Pengaruh Fraud Hexagon Terhadap Fraudulent Financial Statements. Jurnal Bina Akuntansi, 10(2), 732–757. https://doi.org/10.52859/JBA.V10I2.435

Hartati, E., Indriyani, R., & Trianingsih, I. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 47–58. https://doi.org/10.30812/MATRIK.V20I1.736

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [Canarium Indicium L.] ). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/BAREKENGVOL14ISS3PP333-342

Maro, Y., & Hermayanti, H. (2022). Pengaruh Etos Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 99–110. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6545885

Nainggolan, H., & Dewantara, R. (2023). Dampak Promosi Online Serta Mutu Layanan Pengiriman Kepada Loyalitas Konsumen Terhadap Aplikasi Grab. Journal of Computer Science and Information Technology, 1(1), 44–58. https://doi.org/10.59407/jcsit.v1i1.335

Novializa, R., Rini, F., & Irsyadunas. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Dengan Metode EUCS Pada Mahasiswa Pengguna E-Learning STKIP PGRI Sumatera Barat. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(2), 213–218. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.116699

Pane, E. R., & Wijaya, M. (2021). Pelatihan dan keterlibatan kerja dalam meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 2(2), 104–116. https://doi.org/10.31289/JIMBI.V2I1.452

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DAN KOMPETENSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DIVISI EKSPOR PT. DUA KUDA INDONESIA. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 11(1). https://doi.org/10.35968/M-PU.V11I1.600

Pujana, G., Pradnyana, I. M. A., & Artha, I. K. R. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) di SMP Negeri 1 Sukasada. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 12(1), 57–66. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/58994

Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 202–208. https://doi.org/10.22437/JKAM.V5I2.15257

Ramadhan, A. V., & Wahyuningsih. (2024). Pengaruh Kemampuan Kapabilitas Dinamis Rantai Pasok pada Kinerja Perusahaan Kedai Kopi di Kota Tangerang Selatan. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 610–623. https://doi.org/10.47467/ELMAL.V5I2.4651

Yang, M. Z., & Sihotang, J. I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat. Informatics and Digital Expert (INDEX), 4(2), 53–60. https://doi.org/10.36423/index.v4i2.1110