POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PENANAMAN SIKAP DISIPLIN ANAK USIA DINI PADA KAWASAN TINGGAL JALAN TEGAL AMBA RT.003 RW.013 KELURAHAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

research
  • 14 Oct
  • 2024

POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PENANAMAN SIKAP DISIPLIN ANAK USIA DINI PADA KAWASAN TINGGAL JALAN TEGAL AMBA RT.003 RW.013 KELURAHAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang berperan penting dalam membentuk karakter anak. Anak-anak
cenderung meniru komunikasi orang tua, sehingga perlunya orang tua memperhatikan pola komunikasi, orang tua yang
tidak memperhatikan komunikasi yang baik akan berdampak pada karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pola dan hambatan komunikasi keluarga dalam penanaman sikap disiplin anak usia dini. Untuk
mendeskripsikan kedua persoalan ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori pola komunikasi keluarga untuk memahami
pola komunikasi dalam keluarga antara orang tua dan anak usia dini dalam menanamkan sikap disiplin. Berdasarkan hasil
penelitian yang menunjukan bahwa pola komunikasi dalam keluarga menyebabkan pola komunikasi keluarga yang
berbeda kepada anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan pola komunikasi dalam keluarga
menunjukan beberapa kesamaan dan variasi. Ditemukan sebagian besar keluarga memiliki komunikasi persamaan,
seimbang terpisah dan tidak seimbang terpisah serta pola komunikasi monopoli. Ditemukan juga hambatan dalam pola
komunikasi keluarga yaitu hambatan fisologi dan semantik dan satu keluarga tidak memiliki hambatan.

 

Unduhan

  • LEMBAR JUDUL.pdf

    COVER SKRIPSI

    •   diunduh 0x | Ukuran 19 KB

 

  • SKRIPSI PUTRI AYA KHAIRANI.pdf

    POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PENANAMAN SIKAP DISIPLIN ANAK USIA DINI PADA KAWASAN TINGGAL JALAN TEGAL AMBA RT.003 RW.013 KELURAHAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

    •   diunduh 2x | Ukuran 1,470,279

REFERENSI

Aminarti, W., Herianto, E., & Mustari, M. (2024). STUDI
KASUS TENTANG PERAN KELUARGA
DALAM MENANAMKAN KARAKTER
DISIPLIN ANAK DARI KELUARGA TKW DI
LINGKUNGAN TIWUGALIH KABUPATEN
LOMBOK TENGAH. Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 09(01), 5582–5594.

Andono, R. S., Suyati, T., & Setiawan, A. (2023).
KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN
KEPERCAYAAN DIRI. Jurnal Psikoedukasia,
1(2), 1–21.


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian
kualitatif (E. D. Lestari, Ed.; 1 ed.). CV Jejak.
Harjanty, R., & Mujtahidin, S. (2022). MENANAMKAN
DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI. NUSRA:
Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 89–
104.


Haulussy, S. M., & Lopulalan, Y. L. D. (2022). Pola
Komunikasi Keluarga Dalam Pembentukan
Kepribadian Anak Di Dusun Iha, Negeri Liang,
Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 1(02), 1–15.


Mahastuti, D., Fitriani A. Alvinur, Sinay, J. T. I., Putri, B.
A., & Jalasenastriska, C. (2023). Pola
Komunikasi Remaja pada Keluarga Pesisir.
Journal of Psychology and Islamic Science, 7(2),
145–152.


Rahmi, S. (2021). Komunikasi Interpersonal dan
Hubungannya Dalam Konseling (1 ed.). SYIAH
KUALA UNIVERSITY PRESS.


Rendy, O. :, & Abraham, H. (2020). POLA
KOMUNIKASI DALAM KELUARGA
PERNIKAHAN BEDA ETNIS ROTE DAN
TIMOR DI KELURAHAN NAIKOTEN SATU.
Jurnal Cakrawala, 205–230.


Zakaria, M., & Arumsari, D. (2018). Jeli Membangun
Karakter Anak. Bhuana Ilmu Populer.