Pengaruh Online Customer Review dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Make Over pada E-commerce Shopee di Jakarta Barat

research
  • 10 Oct
  • 2024

Pengaruh Online Customer Review dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Make Over pada E-commerce Shopee di Jakarta Barat

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh online customer review dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Make Over pada e-commerce Shopee di Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang dipilih secara acak dari konsumen produk kosmetik Make Over pada e-commerce Shopee di Jakarta Barat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (online customer review dan persepsi harga) dan variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Make Over pada e-commerce Shopee di Jakarta Barat dengan nilai regresi online customer review sebesar 0,294 dan persepsi harga sebesar 0,641 yang artinya bernilai positif dan signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (2) Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (3) Online Customer Review dan Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Unduhan

 

REFERENSI

Apriliyanti, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Mustika Ratu pada Toko Salsabila Kosmetik di Bukit Kemuning dalam Perspektif Bisnis Islam.

Ardiansyah, Risnita, & Syahran J, M. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah  Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.

Athallah, M., Ramadhan, S., & Budiarti, E. (2023). Pengaruh E Service Quality, Online Customer Review dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Shopee (Studi kasus pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Ayu S, W. S., & Farid W, M. (2023). Pengaruh Review Produk, Konten Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap  Keputusan Pembelian Produk Hanasui Mattedorable Lip Cream  Pada Tiktok Shop.

Carmelia Cesariana, F. J. R. F. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen pada Marketpalce Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran).

Choirunnida, A., & Eddy P, R. (2024). Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Shopee di Kota Semarang.

Dwi Viohafeni, Z., Aliyah, K. N., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Pengaruh Fitur Virtual Try-On, Online Customer Review, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Aplikasi Shopee. Journal of Economics and Business Research, 2(2), 214–226.

Hestanto. (2024). Indikator Keputusan Pembelian dalam Perspektif Konsumen. Https://Www.Hestanto.Web.Id/Indikator-Keputusan-Pembelian-Dalam-Perspektif-Konsumen/.

Hidayati. (2024). Pengertian Online Customer Review (OCRs) Menurut Para Ahli. Https://Www.Hestanto.Web.Id/Pengertian-Online-Customer-Review-Ocrs-Menurut-Para-Ahli/.

Maulina U, I. (2020). Siapa Sangka! 5 Merek Kosmetik Ini Ternyata Produk Indonesia. Https://Www.Goodnewsfromindonesia.Id/2020/09/26/Siapa-Sangka-5-Merek-Kosmetik-Ini-Ternyata-Produk-Indonesia.

Noor S, A., & Rosyidi, S. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Customer Review, Customer Rating dan Promosi Flash Sale terhadap Keputusan Pembelian di Shopee.

Nur F, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi tehadap Minat Beli Ulang Produk Fiesta pada Prima Freshmart di Jakarta Selatan.

Nurdiana, D. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Deviden terhadap Return Saham.

Paujiah, & Depi. (2022). Pengaruh harga, produk, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Madame Gie: Studi kasus terhadap mahasiswi jurusan manajemen angkatan 2018-2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Riadi, M. (2023). Persepsi Harga - Pengertian, Aspek dan Faktor yang Berpengaruh. Https://Www.Kajianpustaka.Com/2023/10/Persepsi-Harga.Html.

Rohmah, M. (2024). Apa itu Uji Hipotesis? Definisi, Jenis & Langkah Membuatnya. Https://Dibimbing.Id/Blog/Detail/Apa-Itu-Uji-Hipotesis-Definisi-Jenis-Langkah-Membuatnya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Cv.

Suryani, M., Nusaibatul A, N., & Beliya S, E. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan  Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19.

Suryati, L., & Sudarso, A. (2016). Metedologi Penelitian . Deepublish.

Thabroni, G. (2021). Instrumen Penelitian: Pengertian, Kriteria & Jenis (Penjelasan Lengkap). Https://Serupa.Id/Instrumen-Penelitian/.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan.

Wahyu. (2024). Uji Asumsi Klasik Dalam Penelitian Dan Jenis-Jenisnya. Https://Madenginer.Com/Uji-Asumsi-Klasik/.

Zulkarnain, & Anggyastuti N, D. (2020). Determinan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi.