Penggunaan Metode Saw dalam Menentukan Mobil Terbaik pada PT Dova Putra Manunggal Sejati

research
  • 09 Oct
  • 2024

Penggunaan Metode Saw dalam Menentukan Mobil Terbaik pada PT Dova Putra Manunggal Sejati

Desi Ayu Fatmawati(192323),Penggunaan Metode SAW dalam Menentukan Mobil Terbaik di PT Dova Putra Manunggal Sejati

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan mobil Honda terbaik yang paling diminati oleh konsumen di PT Dova Putra Manunggal Sejati. Permasalahan utama yang dihadapi perusahaan adalah variasi preferensi konsumen yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti harga, fitur, performa, desain, dan layanan purna jual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Additive Weighting (SAW), yang membantu dalam mengevaluasi dan memberikan peringkat terhadap alternatif berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Data yang digunakan berasal dari survei terhadap konsumen yang kemudian dianalisis menggunakan metode SAW untuk menentukan mobil yang paling sesuai dengan preferensi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur dan performa mobil merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam keputusan konsumen. Berdasarkan perhitungan SAW, menggunakan excel Yulian Putri dan Agung Santoso memiliki skor tertinggi yaitu 1.3225, keduanya menduduki peringkat pertama.Sementara Menggunakan python Agung Santoso ada diurutan pertama dengan skor 0.8975

Kata Kunci: Metode SAW, preferensi konsumen, industri otomotif, PT Dova Putra Manunggal Sejati, mobil terbaik.

Unduhan

 

  • cover.pdf

    cover

    •   diunduh 17x | Ukuran 158,590
  • IMG-20241022-WA0041.jpg

    Bukti submit jurnal

    •   diunduh 8x | Ukuran 62,545

REFERENSI

Deri Oktaviano, B. P. (2022). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN SOSIOLOGIS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL (Studi Pada Konsumen Mobil Avanza di Provinsi Lampung). SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technolog, Vol. 2, No. 1, June 2022, 46-54.

 

Ghani Abdur Rahman, A. C. (2024). Strategi Pemasaran Dan Harga Mobil Honda Dalam Mencapai Kesuksesan Di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen, 2(2), 235-248.

 

Jokhu, J. R. (2021). Apakah Pelanggan Indonesia Peduli Terhadap Harga dan Kualitas Produk: Efek Mediasi Dari Brand Awareness Pada Industri Otomotif (Studi Kasus Honda). Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 2(1), 172-181.

 

Muchamad Ridwan, A. S. (2019). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Penentuan Jenis Mobil Honda Yang Paling Diminati. Paradigma – Jurnal Informatika dan Komputer, 21(2), 193 - 196.

 

Natalinda Pamungkas, B. V. (2023). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) 245 Kombinasi Metode Fuzzy Multiple Attribute dan Simple Additive Weighting untuk Keputusan Pembelian Mobil Bekas. INOTEK, Vol.7 Agustus 2023, 2549-7952.

 

Suprapto, E. F. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Calon Penerima Program Bantuan Sosial (BANSOS) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(1), 188-197.