Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Jago Coffee di Jakarta Selatan

research
  • 06 Oct
  • 2024

Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Jago Coffee di Jakarta Selatan

ABSTRAK

 

Shela Safirasuri (64200306) “Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Jago Coffee Di Jakarta Selatan”

Jago Coffee (PT.Satuan Teknologi Berjalan) merupakan sebuah usaha atau bisnis yang bergerak di bidang Ritel dalam industri kedai kopi yang mengadopsi ide Cafe on Wheels yaitu kafe di atas roda (sepeda gerobak listrik), sebuah gagasan baru dalam penjualan kopi. Yoshua Tanu sebagai pemilik Kopi Jago, merencanakan untuk melakukan rebranding pada tahun 2022. Selain perubahan pada ide dan desain sepeda gerobak listrik Jago Coffee, pelanggan sekarang dapat memesan minuman mereka dengan mudah melalui aplikasi khusus ini. Konsep kedai kopi keliling, yang memungkinkan konsumen menikmati kopi berkualitas dengan harga terjangkau, sangat menarik dan diminati konsumen. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek dan harga secara simultan terhadap minat beli konsumen jago coffee di Jakarta Selatan. Dengan menggunakan metode kuesioner untuk pengumpulan data serta mengolah data memakai SPPS versi 26 dan metode analisisnya berupa analisis kuantitatif yaitu metode analisis statistik. Maka dapat  diketahui bahwa citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka dengan memperhatikan citra merek dan harga sebagai faktor kunci yang mempengaruhi minat beli konsumen.

Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Minat Beli

 

 

 

ABSTRACT

 

Shela Safirasuri (64200306) "The Influence of Brand Image and Price on Consumer Purchase Interest of Jago Coffee in South Jakarta"

Jago Coffee is a retail business in the coffee shop industry that adopts the idea of Cafe on Wheels, a new idea in coffee sales. Yoshua Tanu, the owner of Coffee Jago, plans to do a rebranding in 2022. In addition to changes to the idea and design of the Jago Coffee electric wagon bicycle, customers can now order their drinks easily through this special app. The concept of a coffee shop around, which allows consumers to enjoy quality coffee at affordable prices, is very attractive and consumer in demand. The aim of the research is to identify and analyze the influence of brand image and price simultaneously on the interest of consumers to buy Jago coffee in South Jakarta. Using the questionnaire method for data collection as well as data processing using SPPS version 26 and its method of analysis is quantitative analysis, which is the method of statistical analysis. It is then known that brand image and price have a significant influence on buying interest. This research provides valuable insights for companies to optimize their marketing strategies by paying attention to brand image and price as key factors affecting consumer purchasing interests.

Keywords: Brand Image, Price, Purchase Interest

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Amin, N. F., Garancang, S., Abunawas, K., Makassar, M., Negeri, I., & Makassar, A. (2023). PENDAHULUAN Penelitian merupakan proses kreatif untuk mengungkapkan suatu gejala melalui cara tersendiri sehingga diperoleh suatu informasi . Pada dasarnya , informasi tersebut merupakan jawaban atas masalah-masalah yang dipertanyakan sebelumnya . Oleh ka. 14(1), 15–31.

Andini, P. N., & Tri Lestari, M. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA Praditha Nurul Andini 1 , Martha Tri Lestari S . Sos ., MM 2 Abstrak A . Pendahuluan Saat ini masyarakat sebagai konsumen di era modern ini cenderung memiliki kebias. 8(2), 2074–2082.

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2

Endang trihastuti, A. (2021). Manajemen Pemasaran Plus.

Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., & Al., A. et. (2022). Bauran Pemasaran. In Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review. 1(2), 85–114.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10 Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadinata, D. R., & Haryanti, S. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek , Citra Merek , Status Pionir terhadap Minat Beli Jasa Reservasi Hotel Online. 20(1).

Hayati, N., & Jayadi, D. (2024). Gaya Hidup dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Konsumen dalam Perspektif Kualitas Produk. 3(4), 141–150.

Heru, Heru, K., & Supardin, L. (2022). PENGARUH HARGA, IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI HONDA SCOOPY DI YOGYAKARTA. 11(1).

Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.33019/hjmr.v3i1.1804

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif.

Maidiana. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23

Mita Ananda, F., & Siti, N. (2022). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Harga. 8(4), 4442–4466.

Partiwi, A. dan E. A. (2021). Pengaruh Kesadaran dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2691–2697. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3793

Pratiwi, A. M. P., Pangiuk, A., & Ismail, M. (2023). Pengaruh Jual Beli Online E-Commerce Shopee Terhadap Minat Beli Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Milenial Di Kecamatan Belitang. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 1(2), 1–18. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/jmcbus/article/view/726

Reza, F. I., Sholihin, U., Akbar, T., & Murdiyanto, E. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. 2(2).

Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=RUvWDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=buku+manajemen+kotler&ots=2iyFJqoXMD&sig=JQrW7Gm5RrnYbeAmAeO8mlertgo&redir_esc=y#v=onepage&q=buku manajemen kotler&f=false

Safitri, N. A. (2023). Manajemen Pemasaran.

Sari, Y. R., Harliyani, S., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Harga , Brand Image , Dan Celebrity Endorser Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo. 3(1), 1–8.

Simanjuntak, R. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang pada Merek Zara Cabang Senayan City Jakarta Pusat. 27(1), 72–74.

Slamet, Rokhmad, Wahyuningsih, S. (2020). Validitas Dan ReabilitasTerhadap Instrumen Kepuasan Kerja. 51–58.

Sundari, R. (2022). Meningkatkan Minat Beli Produk Online Shop Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(3), 226–234. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i3.1194

Susanto, R. (2021). Keputusan Nasabah Dilihat dari Kualitas Layanan dan Promosi Pada PT. Bank BPR Cincin Permata Andalas Cabang Padang. Jurnal Pundi, 5(2), 237–252. https://doi.org/10.31575/jp.v5i2.361

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258

Wahyu, Muhammad, I. P., & Sri, S. A. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Wulandari, A., Wahyuni, D. P., & Nastain, M. (2021). Minat Beli Konsumen: Survei Terhadap Konsumen Shopee di Yogyakarta. Journal Of Media and Communication Science, 4(3), 123–134.