Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman tentang pajak dan motivasi terhadap minat berkarir di bidang perpajakan pada mahasiswa akhir Program Studi Akuntansi di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 100 mahasiswa akhir sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman tentang pajak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berkarir di bidang perpajakan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 10.731 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1.984 dengan tingkat signifikansi < 0.001. Sementara itu, motivasi secara individu tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan nilai t hitung sebesar -1.662 yang lebih kecil dari t tabel sebesar 1.984 dan tingkat signifikansi sebesar 0.100. Namun, analisis secara simultan menunjukkan bahwa pemahaman tentang pajak dan motivasi secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkarir, dengan nilai F hitung sebesar 167.640 dan tingkat signifikansi < 0.001.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman yang baik tentang perpajakan dan motivasi yang kuat, ketika dipadukan, dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk berkarir di bidang perpajakan. Implikasi dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan kurikulum yang komprehensif dan praktis, serta penyediaan pengalaman belajar yang relevan melalui magang dan workshop untuk meningkatkan minat dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi karir di bidang perpajakan. Penelitian ini juga mendukung temuan penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa pemahaman pajak dan motivasi berperan penting dalam membentuk minat karir mahasiswa.
Bukti Upload Artikel Iqbal Salvi
JURNAL_IQBALS
Lembar Judul Skripsi Iqbal Salvi
SKRIPSI_IQBALS
Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791
Balaka, M. Y. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Widina Bhakti Persada.
Budiman, N. A., Mulyani, S., & Wijayani, D. R. (2019). Perpajakan. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Cendrawati, G. P. (2015). Minat Mahasiswa Baru Program Studi Akuntansi dalam Memilih Jurusan Perkuliahan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1).
Dewi, I. F., & Setiawanta, Y. (2014). PENGARUH PERSEPSI DAN MOTIVASI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI YANG SEDANG MENGAMBIL SKRIPSI TERHADAP PEMINATAN KARIR DALAM BIDANG PERPAJAKAN (Studi Empiris Pada Mahasiwa Akuntansi Universitas Dian Nuswantoro). Udinus Repository.
Fuady, I., Arifin, H., & Kuswarno, E. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah Di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 123770.
Islam, M. I. (2021). PENGARUH PERSEPSI, MOTIVASI, DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI TERHADAP PILIHAN BERKARIR DI BIDANG PERPAJAKAN (Studi Kasus Pada Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta). Universitas Islam Yogyakarta.
Janrosi, V. S. E. (2017). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Tentang Pajak Dan Brevet Pajak Terhadap Minat Berprofesi Di Bidang Perpajakan. Jurnal Politeknik Caltex Riau, 10(2), 17–24.
Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958
Nugroho, Y. (2019). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pajak Terhadap Pilihan Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi Empiris Universitas Bhayangkara Surabaya). Universitas Bhayangkara Surabaya.
Nurmasari. (2015). Peranan Penting Perencanaan dan Pengembangan Karier. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(2), 268–281. https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=http://jurnal.uir.ac.id/index.php/PUB/article/download/917/612
Oe, M. D. (2010). Pajak Sebagai Penunjang Pembangunan Nasional di Indonesia. Pranata Hukum, 5(2), 123–132. https://www.neliti.com/publications/26774/
Pradnyani, I. ayu G. D. E., Yasa, I. N. P., & Atmadja, A. T. (2018). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Keputusan Pemilihan Berkarir Di Bidang Perpajakan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 9(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/viewFile/20539/12524
Prayoga, F. E. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berkarir Sebagai Dewan Pengawas Syariah. Universitas Negeri Semarang.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Sianturi, H., & Sitanggang, D. N. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Terhadap Minat Berkarir Di Bidang Perpajakan (Studi Empiris Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Satya Negara Indonesia). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Ekonomi, 6(2), 94–104.
Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta Dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1), 10–23.
Supardi, E. (2016). Pengembangan Karir Kontribusinya Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1680
Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Widyanti, R. (2018). Manajemen Karir: Teori, Konsep, dan Praktik. Rizky Artha Mulia. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3264/1/Buku Manajemen Karir.Rahmi Widyanti.pdf
Wulandari, S. A., & Krisna Dewi, L. G. (2021). Minat, Perilaku Belajar Mahasiswa dan Tingkat Pemahaman Akuntansi Pengantar Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan. E-Jurnal Akuntansi, 31(1), 92.
Yusuf, R. I. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA BEKERJA DI PERBANKAN SYARIAH (Studi Komparasi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Raden Intan Lampung Dan Mahasiswa Keuangan & Perbankan D3 Universitas Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.