Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Gaya Komunikasi Manajer Restoran Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah

research
  • 25 Aug
  • 2024

Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Gaya Komunikasi Manajer Restoran Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah

Peran manajer sebagai pemimpin memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengelola organisasi. Dalam komunikasi organisasi terdapat gaya komunikasi dan tipe kepemimpinan yang perlu diterapkan seorang manajer dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan (bawahannya). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya komunikasi Manajer Restoran Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi kinerja karyawan. Adapun teori-teori yang digunakan adalah komunikasi organisasi, komunikasi kepemimpinan, gaya komunikasi, motivasi kerja, serta tinjauan pustaka terkait restoran Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer berupa wawancara mendalam dan observasi, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi foto, struktur organisasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian pada Manajer Restoran Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah adalah gaya kepemimpinan yang bersifat demokratis. Manajer restoran menerapkan sikap gaya kepemimpinan demokratis kepada para karyawannya dalam operasional kerja. Sikap demokratis terlihat dari sikap Manager yang menerima masukan, saran maupun ide dari para karyawan. Ketika terjadi suatu permasalahan di restoran, seorang Manager melibatkan para karyawannya dalam pengambilan keputusan. Sedangkan gaya komunikasi yang dipakai Manajer Restoran ada dua yakni the relinguishing style dan the equalitarian style. Kedua gaya komunikasi tersebut dominan digunakan oleh Manajer untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan staf restoran yang menjadi bawahannya.

Unduhan

 

REFERENSI

Atmaja, S., & Dewi, R. (2018). Komunikasi Organisasi
(Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis). Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 192. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.234

Djuarsa, S. (2017). Teori Komunikasi. Universitas Terbuka.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Rojuaniah. (2012). PERUBAHAN BUDAYA ORGANISASI.

Rossian, W., & Loisa, R. (2019). Analisis Gaya Komunikasi Kepemimpinan Kharismatik (Kepemimpinan Dewa Osiris dalam film “God of Egypt”).

Siagian, S. (2014). Kiat Meningkatkan Produktifitas Kerja. PT. Rineka Cipta.

Tristina, N., & Widagdo, S. (2019). KEPEMIMPINAN DAN KINERJA.

Utari, S., & Hadi, M. M. (2020). GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS). In Jurnal Pustaka Ilmiah (Vol.6, Issue 1).

Wulandari, Y. F., Mayasari, S., Rahastine, M. P., Komunikasi, F., Universitas, B., & Sarana Informatika, B. (2020). ANALISIS PERAN DAN FUNGSI HUMAS MUSEUM KEHUTANAN DALAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA.

Yudiaatmaja, F. (2013). Kepemimpinan: Konsep, Teori Dan Karakternya. Media Komunikasi FIS, 12(2), 29–37.