Manajemen Pemeliharaan Fasilitas Dalam Pengelolaan Gedung di Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk

research
  • 21 Jul
  • 2023

Manajemen Pemeliharaan Fasilitas Dalam Pengelolaan Gedung di Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Dalam setiap perusahaan pasti memerlukan suatu unit untuk mengelola perusahaan segala sesuatu yang berhubungan dengan building management. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pemeliharaan fasilitas pengelolaan gedung dan kendala yang dihadapi dalam pemeliharaan fasilitas pengelolaan gedung, metode ini menggunakan deskripsi kualitatif. Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk Melakukan evaluasi dan program, dokumen yang dibuat untuk perbaikan form rencana tindak lanjut. Terakhir menyiapkan laporan bulanan hasil inspeksi sesuai dengan SLA ke asset owner, dokumen yang dibuat berupa laporan realisasi SLA. Semua yang bertanggung jawab adalah manager area. dapat diketahui bahwa pemeliharaan gedung terdapat beberapa proses dalam pemeliharaan manajemen dalam pemeliharaan gedung di Kantor Pusat PT Jasa Marga (Pesero) Tbk dari proses Melakukan Inspeksi Rutin (Harian, Mingguan, Bulanan) sesuai dengan SLA hingga sampai tahap penyelesaian. Dan pula dapat diketahui pemeliharaan gedung di PT Jasa Marga (Persero) Tbk dilakukan selama 2 minggu dalam satu bulan sehingga perusahaan melakukan pemeliharaan gedung dalam 3 bulan sebanyak 6 kali dan biaya yang dilakukan pencatatan oleh bagian keuangan. Pemeliharaan gedung dibagi menjadi 2 Korektip Prepentip dan Reaktip untuk kegiatan Prepentik.

Unduhan

 

REFERENSI

Akbar, F. (2017). Pengelolaan Fasilitas Di Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau. Jom Fisip, 4(2), 1–9.

Anggraini1, M., & Maulana2, D. R. (2016). PENGARUH PEMELIHARAAN MESIN TERHADAP KUALITAS SEPATU PADA PT. NIKOMAS GEMILANG. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9, 59–74.

ARDIAWAN, P. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAPANGAN FUTSAL MARENO 2 NGUNUT TULUNGAGUNG. Simki-Economic, 02(01).

Batlajery, S. (2016). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 7(2), 135–155.

Dr. Hj. Fory A. Naway, M. P. (2016). Strategi pengelolaan pembelajaran.

Ibrahim1, A. (2016). ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN KUALITAS DARI KINERJA OPERASIONAL PADA INDUSTRI EKSTRAKTIF DI SULAWESI UTARA. Jurnal EMBA, 4(2), 859–869.

Irawan, G. M. P. P. A. (2020). ANALISIS PEMELIHARAAN PREVENTIF AC PACKAGE PADA GERBONG KERETA PENUMPANG K1 DI DEPO 2 GERBONG KERETA BANDUNG. GEMA, 12, 47–59.

Krisnaldy, Ishak, G., Purwoko, G. D., & Sutiman. (2019). MANAJEMEN WAKTU DALAM PENGGUNAAN HANDPHONE PADA ANAK USIA REMAJA YAYASAN AL MUBAROK. JURNAL ABDIMAS TRIDHARMA MANAJEMEN, 1(1), 92–101. file:///C:/Users/Mrs/Downloads/4043-8364-1-SM.pdf

Mawardi, E., Aulia, T. B., & Abdullah, A. (2018). Kajian Konsep Operasional Pemeliharaan Gedung Sma Bina Generasi Bangsa Meulaboh Aceh Barat. Jurnal Teknik Sipil, 1(4), 811–822. https://doi.org/10.24815/jts.v1i4.10041

Muhammad Iqbal, S.E., M.M. Ginawati Sholihah, S. A. (2016). PENGARUH ANGGARAN BIAYA PEMELIHARAANASET TETAP TERHADAP REALISASIBIAYA PEMELIHARAANASET TETAP (Study Kasus PT PLN (Persero) Unit Workshop dan Pemeliharaan IV Bandung). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7(April), 2–43.

Nugraha1), R., & Iriana2, R. T. (2018). ESTIMASI BIAYA PEMELIHARAAN BANGUNAN BERDASARKAN PEDOMAN PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG (PERMEN NOMOR:24/PRT/M/2008). JOM FTEKNIK, 2(2), 1–11.

Rahman, T., Wulansih, T., Susanto, & Elmayati. (2019). Sistem Informasi Manajemen Pemeliharaan Fasilitas Gedung Kampus Berbasis Website. Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM), 4(1), 59–69.

SYAHSUDARMI, S. (2018). PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KEDAI KOPI BENGKALIS DI PEKANBARU. J U R N A L D E V E L O P M E N T, 6(1), 47–60.

William, & Purba, T. (2020). KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL MAZDA DI KOTA BATAM. Jurnal EMBA, 8(1), 1987–1996.

Zahroh, L. (2015). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Tasyri’, 22, 175–189.