Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan Pada PT Sinar Irawati Setia Jakarta Timur

research
  • 21 Jul
  • 2023

Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan Pada PT Sinar Irawati Setia Jakarta Timur

Pelayanan pelanggan memiliki arti yang berkaitan dengan pemberian kepuasan terhadap pelanggan. Namun tidak asing bagi semua perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan sumber daya manusia. Dengan memberikan pelayanan yang bagus akan membuat pelanggan merasa diperhatikan keberadaannya oleh pihak pemberi layanan. Dalam dunia bisnis dengan adannya banyak pesaing yang bermunculan. Melakukan kualitas pelayanan yang baik menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen tetap menjadi kepuasan pelanggan. Pelayanan merupakan hal terpenting dalam upaya menarik pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Pelanggan merupakan pembeli ataupun pengguna jasa yang melakukan kegiatan pembelian ataupun pengguna jasa secara berulang-ulang dikarenakan kepuasan yang diterimanya dari penjual ataupun penyedia jasa. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pelaksanaan pelayanan pelanggan pada PT Sinar Irawati Setia Jakarta Timur adapun metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, sumber ini digunakan untuk mendapatkan data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dalam pelaksanaan pelayanan pelanggan ada beberapa tahap yaitu harus mendapatkan pelanggan, mengikuti proses lelang, melakukan penawaran, kesepakatan harga, pembuatan surat perjanjian, pelaksanaan pekerjaan, laporan selesai, penagihan selesai. Kendala yang dilakukan oleh PT Sinar Irawati Setia Jakarta Timur yaitu ketersediaan material yang sering dibutuhkan mengalami kekosongan digudang dan koordinasi yang kurang kurang baik.

Unduhan

 

REFERENSI

Aliyyah, D. A., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffe Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 1–7. https://doi.org/10.32493/skr.v4i1.605

Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741–6761. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p18

Haryono, B. (2018). How To Be a Professional Customer Service. CV Andi Offset.

Herlambang, S. (2018). Customer Service. Gosyen Publishing.

Hymy, B. I., & Tanoto, Sherly S.Psi, M. C. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT Hastaco Tour and Travel. Agora, 7(1), 1–8. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8132

Islami, V. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus : Klinik Gigi Palapa Dentists Jakarta Selatan). Jurnal Perspektif, XVI(2), 113–117.

Kolonio, J., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Service Quality Trust, dan Cunsumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalyt Pada CV. Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA, 7(1), 831–840.

Mindarti, I. L. (2016). Manajemen Pelayanan Publik. UB Press.

Parullan, H. M., Yolanda, D. S., & Januarti, N. P. (2018). Peningkatan Kualitas Layanan Untuk Kepuasan Pelanggan Hotel. Politeknik Bisnis Indonesia, 3(2), 43–51.

Putri, V. A., & Fatmasari, D. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Alfamart di Kelurahan Srondol Wetan Semarang. Majalah Ilmiah Inspiratif, 3(5), 1–11.

Rusydi. (2017). Customer Excellence. Gosyen Publishing.

Syahputra, R. D., & Wibowo, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Customer Value Berbasis Digital Pada Media Sosial Facebook Terhadap Kepuasan Pelanggan (studi Pada Produk Indihome Di Plaza Telkom Lembong Kota Bandung Tahun 2019). EProceedings of Applied Science, 5(3), 1841–1850.