Uang berfungsi sebagai alat pembayaran produk ataupun jasa yang dibutuhkan manusia. Semakin canggihnya teknologi ini, mendorong mobilitas atau perpindahan uang secara cepat. Begitu pula dengan pengiriman uang yang semakin cepat. Jasa pengiriman uang digunakan oleh para pekerja asing di luar negeri untuk mengirim uang ke negara asal ataupun sebaliknya. Jasa pengiriman akan menjadi solusi bagi mereka yang menyukai kemudahan dan kepraktisan dalam mengirimkan barang. Di Indonesia terdapat banyak perusahaan jasa pengirim yang dipercaya memiliki kualitas mumpuni dengan berbagai bentuk layanan jasa pengiriman yang memudahkan pelanggan untuk memilih jasa yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengiriman uang, sarana dan peralatan yang digunakan saat transaksi pengiriman uang, dan kendala serta solusi yang terjadi pada saat pengiriman uang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi. Proses jasa pengiriman uang pada PT Hayyu Indo sudah cukup baik pelaksanaannya, serta beberapa kelengkapan sarana dan peralatan yang digunakan saat transaksi sudah lengkap dan dapat digunakan, namun ketika terjadi kendala saat pengiriman uang, PT Hayyu Indo segera mengoreksi tentang semua transaksi yang terjadi pada hari itu, jika ada perbedaan jumlah akhir kedua belah pihak sama-sama mencari tahu penyebabnya. Permasalahan harus selesai hari itu juga ketika beroperasi kembali kedua pihak sama-sama memulai dari angka nol kembali.
Lembar Konsultasi Tugas Akhir
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir
Kata Pengantar
Daftar Pustaka
Bab IV Penutup
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah
Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
Bab 1 Pendahuluan
Bab III Pembahasan
Lembar Judul
Bab II Landasan Teori
Akhbar. (2019). Mengenal Uang Lebih Dekat. Jakarta: Akhbar.
Anggraini, D. T. (2016). Analisa Jumlah Uang Beredar Di Indonesia Tahun 2005- 2014. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 162.
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/1196/953 Darsono, B. (2020). Buku Siswa Ekonomi. Mungkid: Pustaka Rumah Cinta.
Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 7(2), 265. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/75
Gazali, S. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Madani Balikpapan. Jurnal Akuntansi Manajemen Madani, 1(3), 87. http://ejamm.stiemadani.ac.id/FILE/20171115071434Jurnal 6 online baru.pdf
Iskandar, B., & Hamdani, A. U. (2017). Desain Dan Pengujian Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Studi Kasus: PT. XYZ. STMIK AMIKOM Yogyakarta, 5(1), 68. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1598/1590
Karim, K. (2020). Aspek Kepuasan Nasabah Berdasarkan Kualitas Jasa Perbankan. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Mulvi Aulia. (2021). Uang Elektronik, Uang Digital (Cryptocurrency) Dan Fatwa Dsn-Mui No.116 Tentang Uang Elektronik. Al-Mizan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 4(1), 15–32. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/almizan/article/view/225/167