Analisis Perhitungan Harga Pokok Penjualan Untuk Menentukan Harga Jual Pada PT. Unilever Indonesia Tbk

research
  • 06 Jul
  • 2023

Analisis Perhitungan Harga Pokok Penjualan Untuk Menentukan Harga Jual Pada PT. Unilever Indonesia Tbk

Harga pokok penjualan (HPP) adalah semua biaya langsung yang dikeluarkan prusahaan untuk memperoleh barang atau jasa yang dijual. Hal ini tentunya tidak terlepas dari tujuan didirikannya perusahaanyaitu agar modal yang ditanamkan dalam perusahaan dapat terus berkembang atau dengan kata lain mendapatkan laba semaksimal mungkin. . Apabila harga pokok penjualan diketahui , maka perusahaan dapat menetapkan harga jual periode yang bersangkutan. Maka dari itu dalam menghadapi persaingan, perusahaan harus dapat mempertahankan keunggulannya dengan cara menambahkan beberapa macam produk,untuk meningkatkan laba dalam prusahaan.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelola data untuk, mengetahui proses perhitungan harga pokok penjualan ,untuk menetukan harga jual, Untuk mengetahui kendala yang sering terjadi pada saat proses perhitungan Harga Pokok Penjualan & Penentuan Harga Jual. Hasil perhitungan harga pokok penjualan pada PT Unilever Indonesia Tbk yaitu dengan menghitung harga pokok produksi terlebih dahulu lalu dijumlahkan dengan total pembelian bersih dan nilai persediaan awal barang jadi selanjutnya dikurang dengan nilai persediaan akhir barang jadi. Maka didapat harga pokok penjualan pada tahun 2016 sebesar Rp19.594.636, tahun 2017 Rp19.984.776, tahun 2018 Rp20.709.800, tahun 2019 Rp20.893.870, dan tahun 2020 Rp20.515.484. Hasil perhitungan penentuan harga jual pada PT Unilever Indonesia Tbk yaitu dengan menjumlahkan total harga pokok penjualan dengan nilai laba yang diinginkan, dimana untuk menentukan nilai laba yang diinginkan adalah dengan membandingkan laba sebelum pajak dengan total penjualan bersih lalu dikalikan dengan 100%. Sehingga didapat harga jual untuk tahun 2016 adalah Rp58.783.908, tahun 2017 Rp59.564.188, tahun 2018 Rp20.771.929,4, tahun 2019 Rp20.935.657,74, dan tahun 2020 Rp20.556.514,968.Ada banyak kendala yang dihadapi oleh PT Unilever Indonesia Tbk periode tahun 2016-2020, salah satunya adalah yang baru-baru ini terjadi pada tahun 2020 yaitu adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan tajam pada konsumsi dan investasi yang mengakibatkan PDB melemah dibandingkan dengan level normal diatas 100.

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

Anggi, N . (2020). PENGARUH HARGA JUAL DAN LOKASI TERHADAP PENDAPATAN MENURUT PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM. Amirulloh Syarbini.

 

Bustomi. (2013). No Title. Cempaka, P. T., & Murni, I. (2019). EVALUASI PENERAPAN AKUNTANSI PERSEDIAAN OBAT UNTUK PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN PADA PT. CEMPAKA INDAH MURNI MANADO. 14(1), 142–147.

 

Purwadinata, S., Batilmurik, W, R.(2020). PENGANTAR ILMU EKONOMI Kajian Teoritis dan Praktis Mengatasi Masalah Pokok Perekonomian. Literasi Nusantara.

 

Ekonomi, F., & Akuntansi, J. (n.d.). PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN KAMAR MENGGUNAKAN ACTIVITY BASED COSTING PADA RSU PANCARAN KASIH GMIM. 1(3), 454–464.

 

Ferra, P. (2015). Rahasia Cepat Menguasai Laporan Keuangan Khusus Dengan Akuntansi Dasar Cara Cepat dan Terbaik Untuk Menguasai Laporan Keuangan. Lembar Langin Indonesia.

 

Fitriana, E. N. (2015). Analisis Atas Pengakuan Pendapatan Pada Perusahaan Jasa Konstruksi Kaitannya Terhadap Laporan Laba Rugi Perusahaan (Studi Kasus pada PT Intan Raya Yasoda). Jurnal Universitas Dian Nswantoro, 34, 1–11.

 

From百度文库. (2013). 済無No Title No Title. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO.

 

Ali Imron, M (2021). Pengantar Bisnis Modern. Desanta Publisher.

 

Hadion,W. (2021). PENGANTAR BISNIS LANJUTAN. Insan Cendekia Mandiri.

 

Hendra, W. (2015). excel akuntansi. PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO.

 

Iman, R. (2016). ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. 1, 36.

 

Kost, H., Dusun, D. I. (n.d.). No Title. Fuad, D. (n.d.). Pengantar Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

 

Maruli, P,QIA, C. (2012). Sukses Membuka Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit. PENEBAR SWADAYA.

 

Meubel, J., & Kota, D. I. (2014). ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN BARANG PRODUKSI PADA JEPARA MEUBEL DI KOTA BITUNG. 2(3), 1495–1503.

 

Moray, J. C., Paul, D., Saerang, E., Runtu, T. (2014). PENETAPAN HARGA JUAL DENGAN COST PLUS PRICING MENGGUNAKAN PENDEKATAN FULL COSTING PADA UD GLADYS BAKERY. 2(2), 1272–1283.

No Title. (2016).

 

Pratiwi, T. I., Karismariyanti, M. (2018). Penerapan Harga Pokok Penjualan dalam Sistem Informasi Akuntansi pada Industri Manufaktur Pakaian Jadi Menggunakan Jasa Maklon. 85–95.

 

RENDI, W. (2020). PENGARUH JUMLAH PENGHUNI TERHADAP PENENTUAN HARGA KOST DI DUSUN BANJARREJO. 2, 126–132.

 

Soemarso S.R. (2010). No Titl.

 

Widyastuti, I., & Mita, D. (2018). Akuntansi Perhitungan Harga Pokok Penjualan Dengan Metode Pesanan Untuk Menentukan Harga Jual. Jurnal Moneter, V(1), 74–85.

 

Yayah Pudin, S (2016). Kuasai Detail Akuntansi Laba dan Rugi. Lembar Langin Indonesia.