Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet yang biasa disebut dengan era-digital ternyata membawa dampak besar dalam dunia bisnis serta evolusi strategi pemasaran. Penggunaan digital marketing atau e-marketing banyak dipakai para pelaku bisnis demi meraih keuntungan usahanya. Ada beberapa faktor yang berpengaruh langsung dan tidak langsung dalam penggunaan digital marketing atau e-marketing pada Hartanimart.com. Untuk mengetahui secara detil maka peneliti merasa perlu melakukan penelitian tentang Analisis Pengaruh Faktor Penggunaan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hartanimart.Com. Desain pada penilitian ini menggunakan jenis kausatif yang melihat pengaruh variable independen yaitu, beberapa faktor penggunaan e-marketing terhadap variable dependen yaitu, tingkat kepuasan pelanggan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang pengguna e-marketing yang telah melakukan pembelian benih melalui Hartanimart.com. Sampel tersebut diperoleh dengan metode accidental dan data dianalisis menggunakan teknik statistik PLS-SEM (Partial Least Square Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa asumsi pertama diterima, dimana faktor kebermanfaatan, kemudahan, dan norma subjektif berpengaruh signifikan taraf 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (> 1,96) terhadap penggunaan e-marketing Hartanimart.com, akan tetapi sebaliknya faktor sikap tidak berpengaruh. Sedangkan, asumsi kedua ditolak, dimana faktor-faktor penggunaan e-marketing tidak berpengaruh signifikan taraf 0,05 baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap tingkat kepuasan pelanggan, akan tetapi sebaliknya faktor norma subjektif berpengaruh secara langsung terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, faktor-faktor penggunaan e-marketing berpotensi rendah dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dalam membangun loyalitas
BAP PENGAJARAN MK PEREKONOMIAN INDONESIA
Tesis Darkiman
SK TUGAS MENGAJAR SEMESTER GASAL 2223
BAP PENGAJARAN 3 MK PERILAKU KONSUMEN
BAP PENGAJARAN MK DASAR MANAJEMEN DAN BISNIS
BAP PENGAJARAN MK PENGANGGARAN PERUSAHAAN
BAP PENGAJARAN MK ADMIN EKSPOR IMPOR
BAP PENGAJARAN 25 MK PERILAKU KONSUMEN
Adams, D.A., Nelson, R.R. & Todd, P.A. (1992). Perceives Usefulness, Ease of Use, and Usage of Information Technology: A Replication. MIS Quarterly. Vol. 16 No. 2: Hal. 227-247.
Ahass, L. (2018). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Persepsi, Perilaku, dan Preferensi Terhadap Minat Beli Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus BNI Syariah KC Ungaran). [Skripsi]. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Diakses dari: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5081/1/liliana%20ahass.pdf (24 Juli 2020).
Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The Influence of Attitudes on Behavior. In D. Albarracín, B. T. Johnson, & M. P. Zanna (Eds.), The handbook of attitudes. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Al-Debei, M.M., Al-Lozi, E., Papazafeiropoulou, A. (2013). Why people keep coming back to Facebook: Explaining and predicting continuance participation from an extended theory of planned behaviour perspective. Decision Support Systems. Vol. 55 No. 1, Hal. 43-54. Diakses dari : https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.12.032 (24 Juli 2020).
Ali, A., & SAF Hasnu, S.AF. (2013). An Analysis Of Consumers’ Characteristics On Impulse Buying: Evidence From Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business. Vol. 15 No. 2: Hal. 560-570.
Anisah, L. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Website dan Aplikasi Shopee Untuk Berbelanja Online Pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma. [Skripsi]. Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Diakses dari: http://repository.usd.ac.id/35588/2/152114154_full.pdf (1 Oktober 2020).
Arbain, J., Azizah, N., & Sari, I.N. (2015). Pemikiran Gender Menurut Para Ahli: Telaah atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin, Asghar Ali Engineer, dan Mansour Fakih. SAWWA, Vol. 11 No. 1: Hal. 75-94.
Ashari, R.A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan E-Commerce Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Pengusaha Perak Di Kota Gede Yogyakarta. [Skirpsi]. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Diakses dari: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/8316/SKRIPSI%20RIZKY%20AKMALIA.pdf?sequence=1 (2 Desember 2020).
Asmarantaka, R.W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y.N., & Rosiana, N. (2017). Konsep Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia. Vol. 5 No. 2: Hal. 151-172. Diakses dari: https://journal.ipb.ac.id/index.php/jagbi/article/view/22140/14788 (3 Desember 2020).
Awuor, F., Raburu, G., Onditi, A., & Rambim, D. (2016). Building E-Agriculture Framework in Kenya. Journal of Agricultural Informatics, Vol. 7 No. 1: Hal. 75-93.
Bhattacherjee, A. (2000). Acceptance Of Internet Aplication Services : the case of
Electronic Brokerages. IEEE Transactions on Systems, Man, and
Cybernetices Part A: Systems and Human. Vol. 30 No. 4 : Hal. 411-420.
Birgelen, M.V., de Ruyter, K. & Wetzels, M. (2000). The Impact of Incomplete Information on The Use of Marketing Research Intelligence in International Service Settings. Journal of Service Research. Vol. 2 No. 4. Diakses dari: https://doi.org/10.1177%2F109467050024005 (24 Juli 2020).
BPS. (2008). Konsep Umur. Jakarta: Badan Pusat Statistik RI. Diakses dari: https://www.bps.go.id/subject/19/upahburuh.html#subjekViewtab1 (22 September 2020).
BPS. (2019). Statistik E-Commerce 2019. BPS-Statistics Indonesia. Diakses dari https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMTIvMTgvZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2L3N0YXRpc3Rpay1lLWNvbW1lcmNlLTIwMTkuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMC0xMi0xMyAxODowMDozMw%3D%3D (2 Juli, 2020).
Budiman,W. (2014). Purchase Intention of Counterfeit Products: The Role of
SubjectivemNorm. International Journal of Marketing Studies. Vol. 6 No. 2; Hal. 145-152.
Chandra, I.K.A.H., & Purnami, N.M. (2014). Pengaruh Jenis Kelamin, Promosi Penjualan dan Sifat Materialisme Terhadap Perilaku Impulse Buying Secara Online. E-Jurnal Manajemen. Vol. 3 No. 8: Hal. 2331-2348.
Charina, A., Andriani, R., Hermita, A., & Deliana, Y. (2017). Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Agribisnis Sayuran Organik. AGRICORE-Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian. Vol. 2 No. 1: Hal. 247-252. Diakses dari: http://jurnal.unpad.ac.id/agricore/article/viewFile/15074/pdf (24 Juli 2020).
Chen-Ling, F. & Lie, T. (2006). Assessment of Internet Marketing and Competitive Strategies for Leisure Farming Industry in Taiwan. Journal of American Academy of Business. Vol. 8 No. 2: Hal. 296-300.
Cheong, J.H., & Park, M.-C. (2005). Mobile internet acceptance in Korea. Inter. Research. Vol. 15 No. 2: Hal. 125-140. Diakses dari: https://doi.org/10.1108/10662240510590324 (2 Juli, 2020).
Davis, F.D., Bagozzi, R.P., Warshaw, P.R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A comparison of two Teoritical Models. In Management Science, Vol. 35 No. 8: Hal. 982-1002. Diakses dari: https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982 (23 Sepetember 2020).
Depdiknas RI (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Depkes RI. (2009). Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta. Diakses dari: https://www.kebijakankesehatanindonesia.net/images/gambar/Kepmenkes%202009%20SKN.pdf (23 Sepetember 2020).
Devi, N.L.N.S., & Suartana, I.W. (2014). Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & SPA. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 6 No. 1: Hal. 167-184. Diakses dari: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7797 (23 Sepetember 2020).
Dewi, B. K., & Baridwan, Z. (2014). Minat Keprilakuan Individu Menggunakan
Sistem Online Shopping: Pendekatan Modifikasi TAM dan TPB. Jurnal
Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol. 3 No. 1: Hal. 1-32. Diakses dari: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1569 (23 Sepetember 2020).
Dewi, B.N. (2012). Analisis Pengaruh Jenis Kelamin Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening. [Skripsi]. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/35773/1/NORMADEWI.pdf (28 Juli 2020)
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Elvinaro, A. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Fadillah, A. (2020). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Commerce Oleh Petani Strawberry Di Desa Pandanrejo Kota Batu. [Skripsi]. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang. Diakses dari: http://eprints.umm.ac.id/65367/ (2 Juli 2020).
Forsythe, S. M., & Shi, B. (2003). Consumer Patronage and Risk Perceptions in Internet Shopping. Journal of Business Research, Vol. 56: Hal. 867–875.
Gendro,W. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: Percetakan STIM YKPM.
Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modelling, Edisi II, Semarang : Universitas Diponegoro.
Gu, J.-C., Lee, S.-C., & Suh, Y.-H. (2009). Determinants of behavioral intention to mobile banking. Expert Systems with Applications. Vol. 36 No. 9: Hal. 11605-11616. Diakses dari: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2009.03.024 (2 Juli 2020).
Guritno, S., Sudaryono, & Rahardja, U. (2011). Theory and Application of It Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Edisi 1. Andi. Yogyakarta.
Handayani, W.P.P., & Harsono, M. (2016). Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Komputerisasi Kegiatan Pertanahan. Jurnal Economia, Vol. 12 No. 1: Hal. 13-22. Diakses dari: https://doi.org/10.21831/economia.v12i1.8415 (23 Sepetember 2020).
Hardiawan, A.C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online tokobagus.com). [Skripsi]. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Diakses dari: http://eprints.undip.ac.id/42236/1/HARDIAWAN.pdf (1 Agustus, 2020).
Hasibuan, M.S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.
Hendra. (2013). Analisis Pengaruh Penerapan E-marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampak Pada Keputusan Pembelian Pada P.T. Nutraco Mesindotama. [Tesis]. Fakultas Ekonomi dan Binsis Juruan Manajemen BINUS. Diakses dari: http://eprints.binus.ac.id/26042/ (19 Agustus, 2020).
Hubeis, M., Daryanto, A., & Putri, E.I.K. (2013). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian. Bogor: IPB Press
Huda, M.M. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, dan Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga. Diakses dari: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/2723/1/Muchamad%20Miftakhul%20Huda%20213-12-053%20SKRIPSI.pdf (24 Juli 2020).
Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Husein, A.S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan smartPLS 3.0, (Universitas Brawijaya: Modul Ajar), hal. 21.
Ilmi, M., Liyundira, F.S., Rachmawati, A., Juliasari, D., Habsari, P. (2020). Perkembangan Dan Penerapan Theory Of Acceptance Model (TAM) Di Indonesia. RELASI: Jurnal Ekonomi, 16(2), 436-458. Diakses dari: http://jurnal.stie-mandala.ac.id/index.php/relasi/article/view/371/345 (19 Agustus, 2020).
INDEF & Lab Data Persada (2019). Ekonomi Digital yang Inklusif di Indonesia: Perspektif Gender, Regional dan Sektoral. Diakses dari: https://drive.google.com/file/d/1FG-R4YUWXwWfo-vDI38YVlh5NIqkyMuQ/view (19 Agustus, 2020).
Ismawati, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Akun Instagram “DuniaHalal” Terhadap Keputusan Pembelian Barang. [Skripsi]. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Istiarni, P.R.D. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia). [Skripsi]. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Diakses dari: http://eprints.undip.ac.id/43012/1/11_ISTIARNI.pdf (2 Juli 2020).
Jagdish, N.S., & Sharma, A. (2005). International E-Marketing: Opportunities and issues. International Marketing Review, 22(6), 611-622.
Jamaluddin, S. (2017). Pengaruh Strategi E-marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Rovca Clothing di Makassar. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar.
Jogiyanto, H.M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kerlinger, F.N. (1973). Founding Of Behavior Research, Holt. New York: Rinchart and Winston Inc.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Edisi 17. London: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks.
Kusumawati, N. (2018). Pengaruh Inflasi dan BI Rate Terhadap Profitabilitas PT. Bank BCA Syariah (2012-2016). [Skripsi]. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agam A Islam Negeri Tulungagung.
Lau, A., Yen, J. & Chau, P.Y.K. (2001). Adoption of on-line trading in the Hong Kong Financial market. Jounal of electronic Commerce Research. Vol. 2 No. 2: Hal. 58-65. Diakses dari: http://www.jecr.org/sites/default/files/02_2_p02.pdf (23 Sepetember 2020).
Lee, Y., Kozar, K.A., & Larsen, K.R.T. (2003). The Technology Acceptance Model: Past, Present, and Future. Communications of the Association for Information Systems, Vol. 12: Hal. 752-780. Diakses dari: https://doi.org/10.17705/1CAIS.01250 (19 Agustus, 2020).
Lestari, F.A.P. (2018). Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Sosio e-kons. Vol. 10 No. 1: Hal. 87-95.
Liu, H., Wang, Y., & Xie, K. (2013). Agricultural E-Commerce Sites Evaluation Research. International Journal of Business and Social Science. Vol. 4: Hal. 138-143. Diakses dari: https://ijbssnet.com/journals/Vol_4_No_17_Special_Issue_December_2013/17.pdf (23 Sepetember 2020).
Lucyantoro, B.I., & Rachmansyah, M.R. (2017). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Ekonomika 45. Vol. 5 No. 1: Hal. 38-54. Diakses dari: https://core.ac.uk/download/pdf/235584432.pdf (23 Sepetember 2020).
Mahyarni. (2013). Theory Of Reasoned Action dan Theory Of Planned Behavior. JURNAL EL-RIYASAH, Vol. 4 No. 1: Hal. 13-23. Diakses dari: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v4i1.17 (2 Juli 2020).
Mandasari, I.A.C.S., & Giantari, I.G.A.K. (2017). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Untuk Membangun Loyalitas. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(10), pp. 3637-3664.
Marifiyanti, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Pesepsi Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Perilaku Pengguna E-Commerce. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Diakses dari : http://repository.unika.ac.id/14987/ (12 Agustus 2020).
Nasri, W., & Charfeddine, L. (2012). Factors affecting the adoption of Internet banking in Tunisia : An integration theory of acceptance model and theoryof planned behavior. Journal of High Technology Management Research,
Vol. 23 No. 1: Hal. 1-14. Diakses dari: https://doi.org/10.1016/j.hitech.2012.03.001 (19 Agustus, 2020).
Nicholson, C.Y., Compeau, L.D., & Sethi, R. (2001). The role of interpersonal liking in building trust in long-term channel relationships. Journal of the Academy of Marketing Science, 29(3), 3-15. Diakses dari: https://doi.org/10.1177/0092070301291001 (23 Sepetember 2020).
Noviarni, E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Online : B2C (Business To Customer) Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, Edisi 14 Volume II: Hal. 23-40.
Nugroho A. (2010). Pemasaran Melalui Internet. Bogor: IPB Press.
Nurkarima, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlakul Karimah dan Akhlakul Madzmumah Siswa Di SMAN Kauman Tahun Ajaran 2017/2018. [Skripsi]. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Diakses dari: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7912/ (2 September 2020).
Nurmadina. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada KonsumenFashion Online di Kota Makassar). [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.
Nurmalina, R., Yulianti, C., Fitri., Utami, A.D., Sari, R.M., Risenasari, H., Siwang, R.S., Khotimah, H., Rosiana, N., arifayani Rachman, A., & Hasibuan, M. (2015). Pemasaran: Konsep dan Aplikasi. Bogor: IPB Press. Diakses dari https://docplayer.info/48338412-Pemasaran-konsep-dan-aplikasi.html (2 Agustus 2020).
Octaviani, N.K.D., & Astika, I.B.P. (2016). Profitabilitas dan Leveragesebagai Pemoderasi Pengaruh Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 14 No. 3: Hal. 2192-2219.
Palupi, R. (2015). Hubungan Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Pengggunaan dan Sikap Pengguna Dengan Penggunaan Aktual Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). [Tesis]. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diakses dari: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/46619/MTc0NjMz/Hubungan-Persepsi-Manfaat-Persepsi-Kemudahan-Penggunaan-Sikap-Pengguna-dengan-Penggunaan-Aktual-Sistem-Informasi-Manajemen-Rumah-Sakit-SIMRS-abstrak.pdf (1 Oktober 2020).
Peter, J.P., & Olson, J.C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy, 9th ed. Mcgraw-Hill/Irwin: New York.
Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Pujadi, T. & Setiadi, R. (2010). Aplikasi E-Marketing Pada PT. Buana Jaya Paperindo. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010), Hal. 48-55.
Purbosari, A., & Hendarto, R.M. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Bertempat Tinggal Di Kota Bekasi Bagi Penduduk Migran Berpenghasilan Rendah Yang Bekerja Di Kota Jakarta. DIPONEGORO JOURNAL OF ECONOMIC. Vol. 1 No. 1: Hal. 1-15. Diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/19667-ID-analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-keputusan-bertempat-tinggal-di-kota-bek.pdf (23 September 2020).
Purwanto, D. (2018). Pengaruh Gender, Promosi Penjualan Dan Sifat Materalisme Terhadap Perilaku Impulse Buying Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). [Skrispi]. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Putra, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Customer-To-Customer E-Commerce Olx. [Skripsi]. Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta. Diaskes dari: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/10667/SKRIPSI%20SALJU%20PUTRA%2014311638.pdf?sequence=1&isAllowed=y (2 Juli 2020).
Ribhan. (2008). Hubungan Karakteristik Individu Dengan Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Oada PT Chandra Superstore Tanjung Karang Bandar Lampung). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2).
Riyadi, H.S., & Ardyanto, D. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-commerce Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 22 No. 1: Hal. 1-8. Diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/85897-ID-pengaruh-kemudahan-dan-kepercayaan-mengg.pdf (23 Sepetember 2020).
Said, E.G., & Intan, H. (2001). Manajemen Agribisnis. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Sankaran, S. & Bui, T. (2003). Ethical Attitudes Among Accounting Majors: An Empirical Study. Journal of the American Academy of Business. Vol. 3 No. 1; Hal. 71-77.
Santika, I.G.P.N.A. (2015). Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester Ii Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Ikip Pgri Bali Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Vol. 1: Hal. 42 – 47.
Santoso, B. (2010). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Enjoyment terhadap Penerimaan Teknologi Informasi (Studi Empiris di Kabupaten Sragen). [Tesis]. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diakses dari: https://core.ac.uk/download/pdf/12347048.pdf (23 Sepetember 2020).
Sari, D.J. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan BSM Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Bengkulu). [Skripsi]. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Sauddini, A., & Ramadhani, N.S. (2018). Analisis Pengaruh Keterampilan Mengajar, Emosi Mahasiswa, Tekanan Akademik dan Perceived Academic Control Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Pendekatan SEM-PLS. JURNAL MSA, Vol. 6 No. 1: Hal. 6-12.
Sensuse, D.I., & Widiatmika, I.M.A.A. (2008). Pengembangan Model Penerimaan Teknologi Internet Oleh Pelajar Dengan Menggunakan Konsep Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System). Vol. 4 No. 2: Hal. 81-92. Diakses dari: https://doi.org/10.21609/jsi.v4i2.249 (2 Juli 2020).
Seravine, I.A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Komplain dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Bengkel Toyota Nasmoco Solo Baru. [Tesis]. Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Atmajaya Yogyakata.
Setiyawati, A. (2009). Studi Kepuasan Pelanggan Untuk Mencapai Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Bangunan Bangun Rejeki Semarang). [Tesis]. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.
Setyabudi, D.S. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Penguasaan Keterampilan Pada Peserta Pelatihan Di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo. [Skripsi]. Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Shodiq, A.R.R., Priatna, W.B., & Kusnadi, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Pemanfaatan E-Marketing Tani Niaga Oleh Petani Kabupaten Grobogan. Agribusiness Forum. Vol. 9 No. 2: Hal. 107-122.
Spreng, R.A., Mackenzie, S.B., & Olshavsky, R.W. (1996). A Reexamination of The Determinants of Customer Satisfaction. Journal of Marketing Vol. 60: Hal. 15-32. Diakses dari: https://doi.org/10.2307/1251839 (19 Agustus, 2020).
Strauss, J., & Frost, R. (2009). E-Marketing, 5th edition. United States of America: Pearson, Prentice Hall.
Subiyakto, A., Ahlan, A. R., & Sukmana, H. T. (2014). An Alternative Method for Determining Critical Success Factors of Information System Project. TELKOMNIKA Telecommunication, Computing, Electronics and Control. Vol. 12 No. 3: Hal : 665-674. Diakses dari: http://dx.doi.org/10.12928/telkomnika.v12i3.105 (23 Sepetember 2020).
Subiyakto, A., Ahlan, A. R., Kartiwi, M., & Sukmana, H. T. (2015). Measurement of Information System Project Success Based on Perception of the Internal Stakeholders. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 5(2), 271. ISSN: 2088-8708.
Sugiarto., & Sitinjak, J.R.T. (2006). LISREL. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumastuti, E. (2011). Prospek Pengembangan Agribisnis Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan. Vol. 4 No. 2: Hal. 154-161. Diakses dari: https://doi.org/10.15294/jejak.v4i2.4650 (19 Agustus, 2020).
Supardi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press
Suprapti, Ni W.S. (2010). Perilaku Konsumen, Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Bali : Udayana University Press.
Suratno, T. (2013). Pemanfaatan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Untuk Menunjang E-Agribisnis. Sosio Ekonomika Bisnis. Vol. 16 No. 1: Hal. 91-99. Diakses dari: https://doi.org/10.22437/jiseb.v16i1.2772 (23 Sepetember 2020).
Taylor, D.G., & Levin, M. (2014). Predicting mobile app usage for purchasing and information-sharing. International Journal of Retail & Distribution Management. Vol. 42no. 8: Hal. 759-774. Diakses dari: https://doi.org/10.1108/IJRDM-11-2012-0108 (23 Sepetember 2020).
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa, Edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tse, D.K, & Wilton, P.C. (1988). Models of Consumer Satisfaction Formation: An Extension. Journal Marketing Research. Vol. 25 No. 2: Hal. 204-212. Diakses dari: https://doi.org/10.2307/3172652 (19 Agustus 2020).
Tuckman, B.W. (1978). Conducting Educational Research. Second Edition, New York : Hartcourt- Brace Jovanovich Inc.
Ulum, A.F. (2017). Pengaruh pemanfaatan media poster terhadap perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan di kelas II MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang tahun pelajaran 2016/2017. [Skripsi]. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Isilam Negeri (UIN) Walisongo. Diakses dari: http://eprints.walisongo.ac.id/8263/ (23 Agustus 2020).
Umar, H. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Vankatesh, V., & Davis, F.D. (1996). A model of the Antecedents of Perceived Ease of Use: Development and Test. Decision Sciences Journal. Vol. 46 Hal. 2: Hal. 186- 204. Diakses dari: https://doi.org/10.1111/j.1540-5915.1996.tb00860.x (19 Agustus 2020).
Vijayasarathy, L.R. (2004). Predicting Consumer Intentions to Use on-line Shopping: The Case for an augmented technology acceptance model. Information & Management. Vol. 41 No. 6: Hal. 747-762. Diakses dari: https://doi.org/10.1016/j.im.2003.08.011 (23 Sepetember 2020).
Wardana, I., Rusidah, S., & Wahyuni, N. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Koperasi (Sumber Data Mandiri) Muara Teweh Kalimantan Tengah. Jurnal Bisnis dan Pembangunan. Vol 6 No. 2 : hal. 100-111. Diakses dari: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bisnispembangunan/article/viewFile/4748/4138 (23 Sepetember 2020).
Wuryanto, W.A. (2016). Pengaruh usefuliness, technology experience dan ease of use terhadap intention to use mobile Apps melalui attitude towards Mobile Apps. [Thesis]. Fakultas Ekonomi-Universitas Trisakti.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2011). Generasi Baru Mengelola Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling : Aplikasi Dengan Software XLSTAT, SmartPLS, dan Visual PLS (Edisi 1). Jakarta: Salemba Infotek.
Zawaideh, F.H. (2017). Factors Affecting the Intention to Use e-Marketing: A case Study among Students in Jordan. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences. Vol. 7 No. 1: Hal. 322–328. Diakses dari: https://ideas.repec.org/a/hur/ijaraf/v7y2017i1p322-328.html (2 Juli 2020).
Adams, D.A., Nelson, R.R. & Todd, P.A. (1992). Perceives Usefulness, Ease of Use, and Usage of Information Technology: A Replication. MIS Quarterly. Vol. 16 No. 2: Hal. 227-247.
Ahass, L. (2018). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Persepsi, Perilaku, dan Preferensi Terhadap Minat Beli Produk Perbankan Syariah (Studi Kasus BNI Syariah KC Ungaran). [Skripsi]. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Diakses dari: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5081/1/liliana%20ahass.pdf (24 Juli 2020).
Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The Influence of Attitudes on Behavior. In D. Albarracín, B. T. Johnson, & M. P. Zanna (Eds.), The handbook of attitudes. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Al-Debei, M.M., Al-Lozi, E., Papazafeiropoulou, A. (2013). Why people keep coming back to Facebook: Explaining and predicting continuance participation from an extended theory of planned behaviour perspective. Decision Support Systems. Vol. 55 No. 1, Hal. 43-54. Diakses dari : https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.12.032 (24 Juli 2020).
Ali, A., & SAF Hasnu, S.AF. (2013). An Analysis Of Consumers’ Characteristics On Impulse Buying: Evidence From Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business. Vol. 15 No. 2: Hal. 560-570.
Anisah, L. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Website dan Aplikasi Shopee Untuk Berbelanja Online Pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma. [Skripsi]. Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Diakses dari: http://repository.usd.ac.id/35588/2/152114154_full.pdf (1 Oktober 2020).
Arbain, J., Azizah, N., & Sari, I.N. (2015). Pemikiran Gender Menurut Para Ahli: Telaah atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin, Asghar Ali Engineer, dan Mansour Fakih. SAWWA, Vol. 11 No. 1: Hal. 75-94.
Ashari, R.A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan E-Commerce Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Pengusaha Perak Di Kota Gede Yogyakarta. [Skirpsi]. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Diakses dari: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/8316/SKRIPSI%20RIZKY%20AKMALIA.pdf?sequence=1 (2 Desember 2020).
Asmarantaka, R.W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y.N., & Rosiana, N. (2017). Konsep Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia. Vol. 5 No. 2: Hal. 151-172. Diakses dari: https://journal.ipb.ac.id/index.php/jagbi/article/view/22140/14788 (3 Desember 2020).
Awuor, F., Raburu, G., Onditi, A., & Rambim, D. (2016). Building E-Agriculture Framework in Kenya. Journal of Agricultural Informatics, Vol. 7 No. 1: Hal. 75-93.
Bhattacherjee, A. (2000). Acceptance Of Internet Aplication Services : the case of
Electronic Brokerages. IEEE Transactions on Systems, Man, and
Cybernetices Part A: Systems and Human. Vol. 30 No. 4 : Hal. 411-420.
Birgelen, M.V., de Ruyter, K. & Wetzels, M. (2000). The Impact of Incomplete Information on The Use of Marketing Research Intelligence in International Service Settings. Journal of Service Research. Vol. 2 No. 4. Diakses dari: https://doi.org/10.1177%2F109467050024005 (24 Juli 2020).
BPS. (2008). Konsep Umur. Jakarta: Badan Pusat Statistik RI. Diakses dari: https://www.bps.go.id/subject/19/upahburuh.html#subjekViewtab1 (22 September 2020).
BPS. (2019). Statistik E-Commerce 2019. BPS-Statistics Indonesia. Diakses dari https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMTIvMTgvZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2L3N0YXRpc3Rpay1lLWNvbW1lcmNlLTIwMTkuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMC0xMi0xMyAxODowMDozMw%3D%3D (2 Juli, 2020).
Budiman,W. (2014). Purchase Intention of Counterfeit Products: The Role of
SubjectivemNorm. International Journal of Marketing Studies. Vol. 6 No. 2; Hal. 145-152.
Chandra, I.K.A.H., & Purnami, N.M. (2014). Pengaruh Jenis Kelamin, Promosi Penjualan dan Sifat Materialisme Terhadap Perilaku Impulse Buying Secara Online. E-Jurnal Manajemen. Vol. 3 No. 8: Hal. 2331-2348.
Charina, A., Andriani, R., Hermita, A., & Deliana, Y. (2017). Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Agribisnis Sayuran Organik. AGRICORE-Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian. Vol. 2 No. 1: Hal. 247-252. Diakses dari: http://jurnal.unpad.ac.id/agricore/article/viewFile/15074/pdf (24 Juli 2020).
Chen-Ling, F. & Lie, T. (2006). Assessment of Internet Marketing and Competitive Strategies for Leisure Farming Industry in Taiwan. Journal of American Academy of Business. Vol. 8 No. 2: Hal. 296-300.
Cheong, J.H., & Park, M.-C. (2005). Mobile internet acceptance in Korea. Inter. Research. Vol. 15 No. 2: Hal. 125-140. Diakses dari: https://doi.org/10.1108/10662240510590324 (2 Juli, 2020).
Davis, F.D., Bagozzi, R.P., Warshaw, P.R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A comparison of two Teoritical Models. In Management Science, Vol. 35 No. 8: Hal. 982-1002. Diakses dari: https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982 (23 Sepetember 2020).
Depdiknas RI (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Depkes RI. (2009). Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta. Diakses dari: https://www.kebijakankesehatanindonesia.net/images/gambar/Kepmenkes%202009%20SKN.pdf (23 Sepetember 2020).
Devi, N.L.N.S., & Suartana, I.W. (2014). Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & SPA. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 6 No. 1: Hal. 167-184. Diakses dari: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7797 (23 Sepetember 2020).
Dewi, B. K., & Baridwan, Z. (2014). Minat Keprilakuan Individu Menggunakan
Sistem Online Shopping: Pendekatan Modifikasi TAM dan TPB. Jurnal
Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol. 3 No. 1: Hal. 1-32. Diakses dari: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1569 (23 Sepetember 2020).
Dewi, B.N. (2012). Analisis Pengaruh Jenis Kelamin Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening. [Skripsi]. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/35773/1/NORMADEWI.pdf (28 Juli 2020)
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Elvinaro, A. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Fadillah, A. (2020). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Commerce Oleh Petani Strawberry Di Desa Pandanrejo Kota Batu. [Skripsi]. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang. Diakses dari: http://eprints.umm.ac.id/65367/ (2 Juli 2020).
Forsythe, S. M., & Shi, B. (2003). Consumer Patronage and Risk Perceptions in Internet Shopping. Journal of Business Research, Vol. 56: Hal. 867–875.
Gendro,W. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: Percetakan STIM YKPM.
Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modelling, Edisi II, Semarang : Universitas Diponegoro.
Gu, J.-C., Lee, S.-C., & Suh, Y.-H. (2009). Determinants of behavioral intention to mobile banking. Expert Systems with Applications. Vol. 36 No. 9: Hal. 11605-11616. Diakses dari: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2009.03.024 (2 Juli 2020).
Guritno, S., Sudaryono, & Rahardja, U. (2011). Theory and Application of It Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Edisi 1. Andi. Yogyakarta.
Handayani, W.P.P., & Harsono, M. (2016). Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Komputerisasi Kegiatan Pertanahan. Jurnal Economia, Vol. 12 No. 1: Hal. 13-22. Diakses dari: https://doi.org/10.21831/economia.v12i1.8415 (23 Sepetember 2020).
Hardiawan, A.C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online tokobagus.com). [Skripsi]. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Diakses dari: http://eprints.undip.ac.id/42236/1/HARDIAWAN.pdf (1 Agustus, 2020).
Hasibuan, M.S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.
Hendra. (2013). Analisis Pengaruh Penerapan E-marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampak Pada Keputusan Pembelian Pada P.T. Nutraco Mesindotama. [Tesis]. Fakultas Ekonomi dan Binsis Juruan Manajemen BINUS. Diakses dari: http://eprints.binus.ac.id/26042/ (19 Agustus, 2020).
Hubeis, M., Daryanto, A., & Putri, E.I.K. (2013). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian. Bogor: IPB Press
Huda, M.M. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan, dan Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga. Diakses dari: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/2723/1/Muchamad%20Miftakhul%20Huda%20213-12-053%20SKRIPSI.pdf (24 Juli 2020).
Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Husein, A.S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan smartPLS 3.0, (Universitas Brawijaya: Modul Ajar), hal. 21.
Ilmi, M., Liyundira, F.S., Rachmawati, A., Juliasari, D., Habsari, P. (2020). Perkembangan Dan Penerapan Theory Of Acceptance Model (TAM) Di Indonesia. RELASI: Jurnal Ekonomi, 16(2), 436-458. Diakses dari: http://jurnal.stie-mandala.ac.id/index.php/relasi/article/view/371/345 (19 Agustus, 2020).
INDEF & Lab Data Persada (2019). Ekonomi Digital yang Inklusif di Indonesia: Perspektif Gender, Regional dan Sektoral. Diakses dari: https://drive.google.com/file/d/1FG-R4YUWXwWfo-vDI38YVlh5NIqkyMuQ/view (19 Agustus, 2020).
Ismawati, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Akun Instagram “DuniaHalal” Terhadap Keputusan Pembelian Barang. [Skripsi]. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Istiarni, P.R.D. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia). [Skripsi]. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Diakses dari: http://eprints.undip.ac.id/43012/1/11_ISTIARNI.pdf (2 Juli 2020).
Jagdish, N.S., & Sharma, A. (2005). International E-Marketing: Opportunities and issues. International Marketing Review, 22(6), 611-622.
Jamaluddin, S. (2017). Pengaruh Strategi E-marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Rovca Clothing di Makassar. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar.
Jogiyanto, H.M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kerlinger, F.N. (1973). Founding Of Behavior Research, Holt. New York: Rinchart and Winston Inc.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Edisi 17. London: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks.
Kusumawati, N. (2018). Pengaruh Inflasi dan BI Rate Terhadap Profitabilitas PT. Bank BCA Syariah (2012-2016). [Skripsi]. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agam A Islam Negeri Tulungagung.
Lau, A., Yen, J. & Chau, P.Y.K. (2001). Adoption of on-line trading in the Hong Kong Financial market. Jounal of electronic Commerce Research. Vol. 2 No. 2: Hal. 58-65. Diakses dari: http://www.jecr.org/sites/default/files/02_2_p02.pdf (23 Sepetember 2020).
Lee, Y., Kozar, K.A., & Larsen, K.R.T. (2003). The Technology Acceptance Model: Past, Present, and Future. Communications of the Association for Information Systems, Vol. 12: Hal. 752-780. Diakses dari: https://doi.org/10.17705/1CAIS.01250 (19 Agustus, 2020).
Lestari, F.A.P. (2018). Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Sosio e-kons. Vol. 10 No. 1: Hal. 87-95.
Liu, H., Wang, Y., & Xie, K. (2013). Agricultural E-Commerce Sites Evaluation Research. International Journal of Business and Social Science. Vol. 4: Hal. 138-143. Diakses dari: https://ijbssnet.com/journals/Vol_4_No_17_Special_Issue_December_2013/17.pdf (23 Sepetember 2020).
Lucyantoro, B.I., & Rachmansyah, M.R. (2017). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Ekonomika 45. Vol. 5 No. 1: Hal. 38-54. Diakses dari: https://core.ac.uk/download/pdf/235584432.pdf (23 Sepetember 2020).
Mahyarni. (2013). Theory Of Reasoned Action dan Theory Of Planned Behavior. JURNAL EL-RIYASAH, Vol. 4 No. 1: Hal. 13-23. Diakses dari: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v4i1.17 (2 Juli 2020).
Mandasari, I.A.C.S., & Giantari, I.G.A.K. (2017). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Untuk Membangun Loyalitas. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(10), pp. 3637-3664.
Marifiyanti, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Pesepsi Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Perilaku Pengguna E-Commerce. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Diakses dari : http://repository.unika.ac.id/14987/ (12 Agustus 2020).
Nasri, W., & Charfeddine, L. (2012). Factors affecting the adoption of Internet banking in Tunisia : An integration theory of acceptance model and theoryof planned behavior. Journal of High Technology Management Research,
Vol. 23 No. 1: Hal. 1-14. Diakses dari: https://doi.org/10.1016/j.hitech.2012.03.001 (19 Agustus, 2020).
Nicholson, C.Y., Compeau, L.D., & Sethi, R. (2001). The role of interpersonal liking in building trust in long-term channel relationships. Journal of the Academy of Marketing Science, 29(3), 3-15. Diakses dari: https://doi.org/10.1177/0092070301291001 (23 Sepetember 2020).
Noviarni, E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Online : B2C (Business To Customer) Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, Edisi 14 Volume II: Hal. 23-40.
Nugroho A. (2010). Pemasaran Melalui Internet. Bogor: IPB Press.
Nurkarima, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlakul Karimah dan Akhlakul Madzmumah Siswa Di SMAN Kauman Tahun Ajaran 2017/2018. [Skripsi]. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Diakses dari: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7912/ (2 September 2020).
Nurmadina. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada KonsumenFashion Online di Kota Makassar). [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.
Nurmalina, R., Yulianti, C., Fitri., Utami, A.D., Sari, R.M., Risenasari, H., Siwang, R.S., Khotimah, H., Rosiana, N., arifayani Rachman, A., & Hasibuan, M. (2015). Pemasaran: Konsep dan Aplikasi. Bogor: IPB Press. Diakses dari https://docplayer.info/48338412-Pemasaran-konsep-dan-aplikasi.html (2 Agustus 2020).
Octaviani, N.K.D., & Astika, I.B.P. (2016). Profitabilitas dan Leveragesebagai Pemoderasi Pengaruh Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 14 No. 3: Hal. 2192-2219.
Palupi, R. (2015). Hubungan Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Pengggunaan dan Sikap Pengguna Dengan Penggunaan Aktual Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). [Tesis]. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diakses dari: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/46619/MTc0NjMz/Hubungan-Persepsi-Manfaat-Persepsi-Kemudahan-Penggunaan-Sikap-Pengguna-dengan-Penggunaan-Aktual-Sistem-Informasi-Manajemen-Rumah-Sakit-SIMRS-abstrak.pdf (1 Oktober 2020).
Peter, J.P., & Olson, J.C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy, 9th ed. Mcgraw-Hill/Irwin: New York.
Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Pujadi, T. & Setiadi, R. (2010). Aplikasi E-Marketing Pada PT. Buana Jaya Paperindo. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010), Hal. 48-55.
Purbosari, A., & Hendarto, R.M. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Bertempat Tinggal Di Kota Bekasi Bagi Penduduk Migran Berpenghasilan Rendah Yang Bekerja Di Kota Jakarta. DIPONEGORO JOURNAL OF ECONOMIC. Vol. 1 No. 1: Hal. 1-15. Diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/19667-ID-analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-keputusan-bertempat-tinggal-di-kota-bek.pdf (23 September 2020).
Purwanto, D. (2018). Pengaruh Gender, Promosi Penjualan Dan Sifat Materalisme Terhadap Perilaku Impulse Buying Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). [Skrispi]. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Putra, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Customer-To-Customer E-Commerce Olx. [Skripsi]. Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta. Diaskes dari: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/10667/SKRIPSI%20SALJU%20PUTRA%2014311638.pdf?sequence=1&isAllowed=y (2 Juli 2020).
Ribhan. (2008). Hubungan Karakteristik Individu Dengan Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Oada PT Chandra Superstore Tanjung Karang Bandar Lampung). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2).
Riyadi, H.S., & Ardyanto, D. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-commerce Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 22 No. 1: Hal. 1-8. Diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/85897-ID-pengaruh-kemudahan-dan-kepercayaan-mengg.pdf (23 Sepetember 2020).
Said, E.G., & Intan, H. (2001). Manajemen Agribisnis. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Sankaran, S. & Bui, T. (2003). Ethical Attitudes Among Accounting Majors: An Empirical Study. Journal of the American Academy of Business. Vol. 3 No. 1; Hal. 71-77.
Santika, I.G.P.N.A. (2015). Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester Ii Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Ikip Pgri Bali Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, Vol. 1: Hal. 42 – 47.
Santoso, B. (2010). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Enjoyment terhadap Penerimaan Teknologi Informasi (Studi Empiris di Kabupaten Sragen). [Tesis]. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diakses dari: https://core.ac.uk/download/pdf/12347048.pdf (23 Sepetember 2020).
Sari, D.J. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan BSM Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Bengkulu). [Skripsi]. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Sauddini, A., & Ramadhani, N.S. (2018). Analisis Pengaruh Keterampilan Mengajar, Emosi Mahasiswa, Tekanan Akademik dan Perceived Academic Control Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Pendekatan SEM-PLS. JURNAL MSA, Vol. 6 No. 1: Hal. 6-12.
Sensuse, D.I., & Widiatmika, I.M.A.A. (2008). Pengembangan Model Penerimaan Teknologi Internet Oleh Pelajar Dengan Menggunakan Konsep Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System). Vol. 4 No. 2: Hal. 81-92. Diakses dari: https://doi.org/10.21609/jsi.v4i2.249 (2 Juli 2020).
Seravine, I.A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Komplain dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Bengkel Toyota Nasmoco Solo Baru. [Tesis]. Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Atmajaya Yogyakata.
Setiyawati, A. (2009). Studi Kepuasan Pelanggan Untuk Mencapai Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Bangunan Bangun Rejeki Semarang). [Tesis]. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.
Setyabudi, D.S. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Penguasaan Keterampilan Pada Peserta Pelatihan Di Panti Pelayanan Sosial Anak Taruna Yodha Sukoharjo. [Skripsi]. Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Shodiq, A.R.R., Priatna, W.B., & Kusnadi, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Pemanfaatan E-Marketing Tani Niaga Oleh Petani Kabupaten Grobogan. Agribusiness Forum. Vol. 9 No. 2: Hal. 107-122.
Spreng, R.A., Mackenzie, S.B., & Olshavsky, R.W. (1996). A Reexamination of The Determinants of Customer Satisfaction. Journal of Marketing Vol. 60: Hal. 15-32. Diakses dari: https://doi.org/10.2307/1251839 (19 Agustus, 2020).
Strauss, J., & Frost, R. (2009). E-Marketing, 5th edition. United States of America: Pearson, Prentice Hall.
Subiyakto, A., Ahlan, A. R., & Sukmana, H. T. (2014). An Alternative Method for Determining Critical Success Factors of Information System Project. TELKOMNIKA Telecommunication, Computing, Electronics and Control. Vol. 12 No. 3: Hal : 665-674. Diakses dari: http://dx.doi.org/10.12928/telkomnika.v12i3.105 (23 Sepetember 2020).
Subiyakto, A., Ahlan, A. R., Kartiwi, M., & Sukmana, H. T. (2015). Measurement of Information System Project Success Based on Perception of the Internal Stakeholders. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 5(2), 271. ISSN: 2088-8708.
Sugiarto., & Sitinjak, J.R.T. (2006). LISREL. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumastuti, E. (2011). Prospek Pengembangan Agribisnis Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan. Vol. 4 No. 2: Hal. 154-161. Diakses dari: https://doi.org/10.15294/jejak.v4i2.4650 (19 Agustus, 2020).
Supardi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press
Suprapti, Ni W.S. (2010). Perilaku Konsumen, Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Bali : Udayana University Press.
Suratno, T. (2013). Pemanfaatan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Untuk Menunjang E-Agribisnis. Sosio Ekonomika Bisnis. Vol. 16 No. 1: Hal. 91-99. Diakses dari: https://doi.org/10.22437/jiseb.v16i1.2772 (23 Sepetember 2020).
Taylor, D.G., & Levin, M. (2014). Predicting mobile app usage for purchasing and information-sharing. International Journal of Retail & Distribution Management. Vol. 42no. 8: Hal. 759-774. Diakses dari: https://doi.org/10.1108/IJRDM-11-2012-0108 (23 Sepetember 2020).
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa, Edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tse, D.K, & Wilton, P.C. (1988). Models of Consumer Satisfaction Formation: An Extension. Journal Marketing Research. Vol. 25 No. 2: Hal. 204-212. Diakses dari: https://doi.org/10.2307/3172652 (19 Agustus 2020).
Tuckman, B.W. (1978). Conducting Educational Research. Second Edition, New York : Hartcourt- Brace Jovanovich Inc.
Ulum, A.F. (2017). Pengaruh pemanfaatan media poster terhadap perilaku siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan di kelas II MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang tahun pelajaran 2016/2017. [Skripsi]. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Isilam Negeri (UIN) Walisongo. Diakses dari: http://eprints.walisongo.ac.id/8263/ (23 Agustus 2020).
Umar, H. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Vankatesh, V., & Davis, F.D. (1996). A model of the Antecedents of Perceived Ease of Use: Development and Test. Decision Sciences Journal. Vol. 46 Hal. 2: Hal. 186- 204. Diakses dari: https://doi.org/10.1111/j.1540-5915.1996.tb00860.x (19 Agustus 2020).
Vijayasarathy, L.R. (2004). Predicting Consumer Intentions to Use on-line Shopping: The Case for an augmented technology acceptance model. Information & Management. Vol. 41 No. 6: Hal. 747-762. Diakses dari: https://doi.org/10.1016/j.im.2003.08.011 (23 Sepetember 2020).
Wardana, I., Rusidah, S., & Wahyuni, N. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Koperasi (Sumber Data Mandiri) Muara Teweh Kalimantan Tengah. Jurnal Bisnis dan Pembangunan. Vol 6 No. 2 : hal. 100-111. Diakses dari: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bisnispembangunan/article/viewFile/4748/4138 (23 Sepetember 2020).
Wuryanto, W.A. (2016). Pengaruh usefuliness, technology experience dan ease of use terhadap intention to use mobile Apps melalui attitude towards Mobile Apps. [Thesis]. Fakultas Ekonomi-Universitas Trisakti.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2011). Generasi Baru Mengelola Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling : Aplikasi Dengan Software XLSTAT, SmartPLS, dan Visual PLS (Edisi 1). Jakarta: Salemba Infotek.
Zawaideh, F.H. (2017). Factors Affecting the Intention to Use e-Marketing: A case Study among Students in Jordan. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences. Vol. 7 No. 1: Hal. 322–328. Diakses dari: https://ideas.repec.org/a/hur/ijaraf/v7y2017i1p322-328.html (2 Juli 2020).