Pengaruh Media Komunikasi dan Kepuasan Informasi Produk Terhadap Penarikan Pelanggan (Studi Kasus Warga Lagoa Tj Priok )

research
  • 18 Oct
  • 2022

Pengaruh Media Komunikasi dan Kepuasan Informasi Produk Terhadap Penarikan Pelanggan (Studi Kasus Warga Lagoa Tj Priok )

Media memiliki peran yang cukup penting dalam mempromosikan barang maupun jasa. Selain media TV sebagai media mengiklankan saat ini media yang banyak digunakan ada Youtube. Baik TV ataupun Youtobe memberikan informasi yang terkait produk yang diiklankan. Masing-masing media baik TV ataupun Youtobe saling berlomba-lomba dalam mengiklankan produk barang maupun jasa. Jika dahulu media yang paling banyak digunakan masyrakat adalah TV, namun sekarang orang banyak yang menggunakan youtobe sebagai media hiburan. Seakan tidak ingin tertinggal, saat TV mengeluarkan produk terbaru berupa TV Android. Maka tidak heran jika saat ini di TV Android dapat mengaktifkan beberapa fitur yang ada dihandphone ke sebuah TV yang berbasis Android. Tentunya semua ini dilakukan untuk menarik pelanggan agar membeli produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan menyebarkan kuesioner kepada warga lagoa sebanyak 400 sampel. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan sofware Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Peneltian bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara media TV & Youtobe dan Kepuasan informasi Produk terhadap Penarikan Pelanggan. Hasil penelitian ini menujukan menujukkan bahwa antara variabel Media Komunikasi TV & Youtobe dan Kepuasan Informasi Produk terhadap Penarikan Pelanggan sebesar 98,7% . Sementara itu jika diuji dengan menggunakan uji korelasi permasing-masing variabel memiki hubungan yang sangat kuat. Kepuasan Informasi Produk (X2) makan makin tinggi Penarikan Pelanggan (Y) antara “Media Komunikasi TV & Youtobe” dengan “Penarikan Pelanggan” memberikan nilai koefisien sebesar 0,967. Sementara itu antara Kepuasan Informasi Produk dengan Penarikan Pelanggan sebesar 0,992. Dengan adanya penelitian ini diharapkan kedepanya dapat membantu masyarakat dalam membeli produk atau barang tertentu. 

Unduhan

 

REFERENSI

Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Utara. (2020). Kota Jakarta Utara Dalam Angka 2020. Jakarta: CV. Nario Sari. Candrianto. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Batu: Literasi Nusantara. Ghodang, H. dan H. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kosep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS. Medan: PT. Penerbit Mitra Group. Gampu, Anggita Novita. 2015. Analisis Motivasi, Persepsi, Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Pt. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal.1330-1340 . ISSN 2303-11. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10416 https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/artic le/view/10416/10002 Khasanah, U. (2021). Analisis Regresi. Yogyakarta:UAD PRESS. Oisina, Ilona Vicenovie dan Oishi, Ivonne Ruth Vitamaya. 2019. Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan Layanan Masyarakat di Youtube dan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Keputusan Menggunakan Vaksin Measles dan Rubella (Mr) pada Anak (Studi Eksplanatif pada Subscribe Iklan Layanan Masyarakat Vaksin Measles dan Rubella Versi Panjang). Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah Volume 09 Nomor 02 (2019) 235-253. ISSN 2088-0669; E ISSN 26143704. https://doi.org/10.35905/komunida.v9i2.1125 . https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/komunid a/article/view/1125/640 Permadi, D. (2020). Bisnis Umkm Ditengah Pandemi: Kajian Komunikasi Pemasaran. Surabaya: Unitomo Press

Primyastanto, M. (2015). Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Melalui Kelembagaan Lokal Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat berbasis Kearifan Lokal Di Pesiir Selat Madura. Malang: Penerbit Gunung Samudra. Putri, V. V. P. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. Malang: Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group). Pramesti, Regita Cahyani dkk, 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Iklan Media Sosial Youtube Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Iklan Ramayana Department Store. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 3, No. 5, Mei 2019, hlm. 4170-4177. e-ISSN: 2548- 964Xhttps://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/view/5155.https://jptiik.ub.ac.id/inde x.php/j-ptiik/article/view/5155/2431. Roflin, Eddy dan Zulvia, F. E. (2021). No TitlKupas Tuntas Analisis Korelasi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding. Rusmana, Agus et al. 2019. The Future of Organizational Communication In The Industrial Era 4.0. Bandung : Media Akselerasi. Sukoco, S. A. (2018). New Komunikasi Pemasaran Teori dan Aplikasinya. Jember: CV. Pustaka Abadi. Social Media Examiner . YouTube Ads : Info Riset Terbaru & Insight Untuk Para Marketer. Diakses pada 22 Agustus 2021, dari https://merchant.id/social-media/ingin-beriklandi-youtube-baca-dulu-tentang-riset-terbarunyauntuk-menambah-wawasan-anda/ Winda, Alimah. 2019. Model Komunikasi Pemasaran Pedagang Pakaian Untuk Menarik Minat Konsumen Di Pasar Sentral Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo. Yoesmanam, Indarto Candra. 2015. Pengaruh Pengetahuan Produk dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Kosmetik Organik BISMA Jurnal Bisnis dan ManajemenVolume 7 No. 2 Februari 2015. https://doi.org/10.26740/bisma.v7n2.p134-142 https://journal.unesa.ac.id/index.php/bisma/articl e/view/2745/1770