Selection The Right Marketplace Fo Sale Of Ornamental Plants using Analytical Hierarchy Process (AHP) Method

research
  • 23 Jun
  • 2021

Selection The Right Marketplace Fo Sale Of Ornamental Plants using Analytical Hierarchy Process (AHP) Method

Abstract¾ Each marketplace has its market,

therefore as a seller who will start an online

business, especially those who use the marketplace,

they must know which marketplace is right to start

their online business according to what category of

goods to sell. This research is needed to help

business people, in this case, ornamental plant

traders, choose the right marketplace for their

online business activities. A Decision Support

System (DSS) is a computer-based system used to

help make decisions from structured and semistructured

 

problems. Analytical Hierarchy Process

(AHP) is a method that can be used to select from

the specified criteria. This method can simplify the

criteria that are considered in making decisions for

marketplace selection to be simpler and easier to

understand. The results of the study show that the

decisions made using the AHP method are very

effective, and are expected to help make objective

decisions. After processing data and analyzing

respondent data, with the criteria for the number of

visitors, transaction system, features, and search

engine optimization (SEO), it was found that Lazada

(0.428) has the highest priority, Tokopedia (0.235)

with second priority, Shopee (0.204) with priority

third, and Bukalapak (0.133) with the fourth

priority

 

Keywords: Marketplace, Decision Support System,

AHP, Ornamental Plants.

 

marketplace yang tepat untuk kegiatan bisnisnya

secara online. Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

merupakan suatu sistem berbasis komputer yang

digunakan untuk membantu mengambil keputusan

dari masalah-masalah terstruktur maupun

semiterstruktur. Analytical Hierarchy Process (AHP)

merupakan metode yang dapat digunakan untuk

menyeleksi dari kriteria-kriteria yang ditentukan.

Metode ini dapat menyederhanakan kriteria yang

menjadi pertimbangan pengambilan keputusan

untuk pemilihan marketplace menjadi lebih

sederhana dan mudah dipahami. Hasil penelitian

menunjukan bahwa keputusan yang ditentukan

menggunakan metode AHP sangat efektif,

diharapkan dapat membantu mengambil keputusan

yang bersifat objektif. Setelah melakukan

pengolahan data dan analisis data responden,

dengan kriteria jumlah pengunjung, sistem

transaksi, fitur, dan searc engine optimization (SEO)

diperoleh hasil Lazada (0,428) memiliki prioritas

tertinggi, Tokopedia (0,235) dengan prioritas

kedua, Shopee (0,204) dengan prioritas ketiga, dan

Bukalapak (0,133) dengan prioritas keempat.

 

Kata Kunci: Marketplace, Sistem Pendukung

Keputusan, Analytical Hierachy Process, Tanaman

Hias.

Pada dasarnya tiap marketplace itu memiliki pasarnya masing-masing, oleh sebab itu sebagai penjual yang akan memulai bisnis online, terutama yang menggunakan marketplace harus mengetahui marketplace mana yang tepat untuk memulai bisnisnya secara online yang sesuai dengan

kategori barang apa yang akan dijual.  Penelitian ini dibutuhkan untuk membantu para pelaku bisnis

dalam hal ini para pedagang tanaman hias memilih marketplace yang tepat untuk kegiatan bisnisnya secara online. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem berbasis komputer yangdigunakan untuk membantu mengambil keputusan dari masalah-masalah terstruktur maupun semiterstruktur. Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan metode yang dapat digunakan untukmenyeleksi dari kriteria-kriteria yang ditentukan. Metode ini dapat menyederhanakan kriteria yang menjadi pertimbangan pengambilan keputusan untuk pemilihan marketplace menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukan bahwa keputusan yang ditentukan menggunakan metode AHP sangat efektif, diharapkan dapat membantu mengambil keputusan yang bersifat objektif. Setelah melakukan pengolahan data dan analisis data responden, dengan kriteria jumlah pengunjung, sistem transaksi, fitur, dan searc engine optimization (SEO)diperoleh hasil Lazada (0,428) memiliki prioritas tertinggi, Tokopedia (0,235) dengan prioritas kedua, Shopee (0,204) dengan prioritas ketiga, dan Bukalapak (0,133) dengan prioritas keempat.

Kata Kunci: Marketplace, Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierachy Process, TanamanHias.

 

Unduhan

  • 5a. Jurnal Techno-Genap 2021.pdf

    Selection The Right Marketplace Fo Sale Of Ornamental Plants using Analytical Hierarchy Process (AHP) Method

    •   diunduh 223x | Ukuran 1,111 KB

 

REFERENSI

Ariani. (2017). Sistem Penunjang Dalam Penentuan Prioritas Pemilihan Percetakan Media Promosi Menggunakan Metode AHP. Jurnal Informatika, 4(2), 214–221.

 

Frieyadie, F. (2018). Metode AHP Sebagai Penunjang Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Kerja Karyawan SPBU. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(1), 63–68. https://doi.org/10.33480/techno.v15i1.60

 

Handayani, R. irma, & Darmianti, Y. (2017). Pemilihan Supplier Bahan Baku Bangunan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada  PT.       Cipta   Nuansa Prima Tangerang. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 1–8. https://doi.org/10.33480/techno.v14i1.176

Hartini, S. (2020).  Metode  Analytical  HiearchyProcess Pada Pemilihan Platform Website E-CommerceTerbaik  Untuk  Membangun  TokoOnline. 4(2), 134–143.

 

Herliana, A., & Rasyid, P. M. (2016). Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap Development Berbasis Web. Jurnal Informatika, 3(1), 41–50. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ ji/article/view/281

 

Hidayat, S., Susanti, M., & Rahmawati, M. (2020). Laporan Akhir Penelitian: Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketplace yang Tepat Untuk Penjualan Tanaman Hias Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP).

 

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

 

Marsono, M. (2020). Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Penelitian. In Media.

 

Narti, N.-, Sriyadi, S., Rahmayani, N., & Syarif, M. (2019). Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP. Jurnal Informatika, 6(1), 143–150. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5552

 

Nugroho, A. N., & Hardiyan, H. (2016). Decision Support System (Dss) Dalam Pengangkatan Pelatih Pencak Silat Gerak Saka Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). None, 13(2), 89–95.

 

Nurmalasari, & Pratama, A. A. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode AHP Pada PT Transcoal Pacific Jakarta. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), IV(2), 48–55. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3509

 

Pratama, E. A., Ardiansyah, A., & Gazy, D. (2018). Pengembangan E-Market Bagi Produk-Produk Kerajinan Dari Bahan Alam Indonesia. Evolusi : Jurnal Sains Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ev olusi.v6i1.3538

 

Rahmawati, M. (2017). Bisnis Secara Elektronik. Jurnal Komunikasi, VIII(September), 39–46.

Suryatri, A., Yunita, & Junaidi, A. (2019). PenerapanMetode Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Pemilihan E-Marketplace. JSI :Jurnal  Sistem  Informasi  (E-Journal), 11(2), 1835–1844. https://doi.org/10.36706/jsi.v11i2.9365