Abstract¾ Each marketplace has its market,
therefore
as a seller who will start an online
business,
especially those who use the marketplace,
they
must know which marketplace is right to start
their
online business according to what category of
goods
to sell. This research is needed to help
business
people, in this case, ornamental plant
traders,
choose the right marketplace for their
online
business activities. A Decision Support
System
(DSS) is a computer-based system used to
help
make decisions from structured and semistructured
problems.
Analytical Hierarchy Process
(AHP)
is a method that can be used to select from
the
specified criteria. This method can simplify the
criteria
that are considered in making decisions for
marketplace
selection to be simpler and easier to
understand.
The results of the study show that the
decisions
made using the AHP method are very
effective,
and are expected to help make objective
decisions.
After processing data and analyzing
respondent
data, with the criteria for the number of
visitors,
transaction system, features, and search
engine
optimization (SEO), it was found that Lazada
(0.428)
has the highest priority, Tokopedia (0.235)
with
second priority, Shopee (0.204) with priority
third,
and Bukalapak (0.133) with the fourth
priority
Keywords:
Marketplace, Decision Support System,
AHP,
Ornamental Plants.
marketplace yang
tepat untuk kegiatan bisnisnya
secara
online. Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
merupakan
suatu sistem berbasis komputer yang
digunakan
untuk membantu mengambil keputusan
dari
masalah-masalah terstruktur maupun
semiterstruktur.
Analytical Hierarchy Process (AHP)
merupakan
metode yang dapat digunakan untuk
menyeleksi
dari kriteria-kriteria yang ditentukan.
Metode
ini dapat menyederhanakan kriteria yang
menjadi
pertimbangan pengambilan keputusan
untuk
pemilihan marketplace menjadi lebih
sederhana
dan mudah dipahami. Hasil penelitian
menunjukan
bahwa keputusan yang ditentukan
menggunakan
metode AHP sangat efektif,
diharapkan
dapat membantu mengambil keputusan
yang
bersifat objektif. Setelah melakukan
pengolahan
data dan analisis data responden,
dengan
kriteria jumlah pengunjung, sistem
transaksi,
fitur, dan searc engine optimization (SEO)
diperoleh
hasil Lazada (0,428) memiliki prioritas
tertinggi,
Tokopedia (0,235) dengan prioritas
kedua,
Shopee (0,204) dengan prioritas ketiga, dan
Bukalapak
(0,133) dengan prioritas keempat.
Kata Kunci: Marketplace, Sistem Pendukung
Keputusan,
Analytical Hierachy Process, Tanaman
Hias.
Pada
dasarnya tiap marketplace itu memiliki pasarnya masing-masing, oleh
sebab itu sebagai penjual yang akan memulai bisnis online, terutama yang
menggunakan marketplace harus mengetahui marketplace mana yang
tepat untuk memulai bisnisnya secara online yang sesuai dengan
kategori
barang apa yang akan dijual. Penelitian
ini dibutuhkan untuk membantu para pelaku bisnis
dalam hal ini para
pedagang tanaman hias memilih marketplace yang tepat untuk kegiatan
bisnisnya secara online. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu
sistem berbasis komputer yangdigunakan untuk membantu mengambil keputusan dari
masalah-masalah terstruktur maupun semiterstruktur. Analytical Hierarchy
Process (AHP) merupakan metode yang dapat digunakan untukmenyeleksi dari
kriteria-kriteria yang ditentukan. Metode ini dapat menyederhanakan kriteria
yang menjadi pertimbangan pengambilan keputusan untuk pemilihan marketplace
menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukan bahwa
keputusan yang ditentukan menggunakan metode AHP sangat efektif, diharapkan
dapat membantu mengambil keputusan yang bersifat objektif. Setelah melakukan pengolahan
data dan analisis data responden, dengan kriteria jumlah pengunjung, sistem transaksi,
fitur, dan searc engine optimization (SEO)diperoleh hasil Lazada (0,428)
memiliki prioritas tertinggi, Tokopedia (0,235) dengan prioritas kedua, Shopee
(0,204) dengan prioritas ketiga, dan Bukalapak (0,133) dengan prioritas
keempat.
Kata Kunci: Marketplace, Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierachy
Process, TanamanHias.
Selection The Right Marketplace Fo Sale Of Ornamental Plants using Analytical Hierarchy Process (AHP) Method
Ariani.
(2017). Sistem Penunjang Dalam Penentuan Prioritas Pemilihan Percetakan Media
Promosi Menggunakan Metode AHP. Jurnal
Informatika, 4(2), 214–221.
Frieyadie, F. (2018). Metode AHP Sebagai Penunjang Keputusan Untuk Penilaian
Kinerja Kerja Karyawan SPBU. Jurnal
Techno Nusa Mandiri, 15(1), 63–68. https://doi.org/10.33480/techno.v15i1.60
Handayani, R. irma,
& Darmianti, Y. (2017). Pemilihan Supplier Bahan Baku Bangunan Dengan Metode
Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT. Cipta Nuansa Prima Tangerang. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1),
1–8. https://doi.org/10.33480/techno.v14i1.176
Hartini, S. (2020). Metode Analytical
HiearchyProcess Pada Pemilihan Platform Website E-CommerceTerbaik Untuk
Membangun TokoOnline. 4(2), 134–143.
Herliana,
A., & Rasyid, P. M. (2016). Sistem Informasi Monitoring Pengembangan
Software Pada Tahap Development Berbasis Web. Jurnal Informatika, 3(1),
41–50. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ ji/article/view/281
Hidayat,
S., Susanti, M., & Rahmawati, M. (2020). Laporan Akhir Penelitian: Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketplace
yang Tepat Untuk Penjualan Tanaman Hias Menggunakan Metode Analytical Hierarchy
Process (AHP).
Imron,
I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen
Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Marsono, M. (2020). Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Penelitian.
In Media.
Narti,
N.-, Sriyadi, S., Rahmayani, N., & Syarif, M. (2019). Pengambilan Keputusan
Memilih Sekolah Dengan Metode AHP. Jurnal
Informatika, 6(1), 143–150. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5552
Nugroho,
A. N., & Hardiyan, H. (2016). Decision Support System (Dss) Dalam
Pengangkatan Pelatih Pencak Silat Gerak Saka Dengan Metode Analytical Hierarchy
Process (Ahp). None, 13(2), 89–95.
Nurmalasari,
& Pratama, A. A. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier
Menggunakan Metode AHP Pada PT Transcoal Pacific Jakarta. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), IV(2), 48–55. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3509
Pratama,
E. A., Ardiansyah, A., & Gazy, D. (2018). Pengembangan E-Market Bagi
Produk-Produk Kerajinan Dari Bahan Alam Indonesia. Evolusi : Jurnal Sains Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ev
olusi.v6i1.3538
Rahmawati, M. (2017). Bisnis Secara
Elektronik. Jurnal Komunikasi, VIII(September), 39–46.
Suryatri, A., Yunita, & Junaidi, A.
(2019). PenerapanMetode Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Pemilihan
E-Marketplace. JSI :Jurnal Sistem
Informasi (E-Journal), 11(2), 1835–1844. https://doi.org/10.36706/jsi.v11i2.9365