ABSTRAK
Nur Sri Handayanie (4110094) dan Norma Soraya (41160095), Perancangan Kampanye Sosial Membangun Kesadaran Beretika Komunikasi di Sosial Media pada Siswa SMK PGRI 11 Jakarta.
Komunikasi merupakan hal yang amat penting dalam kehidupan manusia. Komunikasi menandakan adanya interaksi antar anggota masyarakat, karena komunikasi selalu melibatkan setidaknya dua orang. Perkembangan teknologi telah membuat komunikasi semakin mudah dilakukan walau terhalang jarak dan waktu. Sosial media adalah sebuah media online dengan cara penggunanya dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi. Komunikasi di sosial media sering dilakukan menggunakan bahasa tidak baku. Etika berkomunikasi dalam implementasinya antara lain dapat dapat diketahui dari komunikasi yang santun. Etika berkomunikasi tidak hanya berkaitan dengan tutur kata yang baik, tetapi juga harus dimulai dari niat tulus yang diekspresikan dari ketenangan , kesabaran, dan empati kita dalam berkomunikasi yang harus diwujudkan dalam bentuk komunikasi di dunia nyata maupun dunia maya. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif karena penulis mengerti fenomena berdasarkan uraian yang narasumber berikan. Penulis juga menggunakan metode analisa deskriptif karena penulis mengumpulkan data karena penulis mengumpulkan data yang mencakup transkip wawancara dan dokumen organisasi. Tujuannya adalah menanamkan nilai dan norma , memberikan pengetahuan seputar dampak dari penggunaan sosial media pada siswa SMK PGRI 11. Hasil yang diharapkan dari kampanye adalah memberikan kesadaran bagi siswa SMK PGRI 11 agar lebih bijak dalam berkomunikasi di sosial media.
BAB IV PENUTUP
BAB III PEMBAHASAN
BAB I PENDAHULUAN
BAB II LANDASAN TEORI
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA
Amalia, R., Hamzah, & Fauzi, Z. (2017). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(2), 1–6. Retrieved from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR
Azmi, Z., Nasution, A. A., & Wardayani, W. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif dalam Akuntansi. Akuntabilitas, 11(1), 159–168. https://doi.org/10.15408/akt.v11i1.6338
Fauzil Ali, M., Bahruddin, M., & Hanandry Dewanto, T. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup. Desain Komunikasi Visual, 4(2).Retrieved from http://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/download/952/404
Febriyanti, S. N., & Tutiasri, R. P. (2018). Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 216–224. https://doi.org/10.33005/jkom.v1i1.5
Giantika, G. G. (2019). Pemanfaatan Blog Pribadi Di Instagram Sebagai Media Komunikasi Parenting (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @annisast). Jurnal Komunikasi, 10(1), 1-9.
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum(1), 21.
Mayasari, S., & Indraswari, C. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat. 9(2), 190–196. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom
Mayasari, S., Purihastine, M., & Qibtiah, A. (2019). Strategi Public Relations PT Kasoem Hearing Dalam Mempublikasikan Kasoem Exhibition 2018 Kepada Masyarakat Indonesia. Jurnal Komunikasi, 10(1), 56–63. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5094
Mulyadi, A. (2017). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Sukabumi Dalam Menjalin Relasi Dengan Media. Jurnal Ilmiah UMMI, XI(03), 45–50.
Mumtahana, H. A., Winarno, W. W., & Sunyoto, A. (2016). Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Akademik STT Dharma Iswara Madiun dengan Zachman Framework. Jurnal IT CIDA, 2(2).
Ningrum, S. (2018). INSTAGRAM DAN TWITTER SEBAGAI STRATEGI HUMAS PT JASA Abstrak. 2(2), 122–133. Retrieved from file:///C:/Users/HP/Downloads/424-979-1-PB.pdf
Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 539. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.154
Palupi, R. (2017). Strategi Humas Grup RS Awal Bros Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Melalui Website. 2–5.
Playen, D., Bagus, C., & Mixdam, S. (2017). Sosialisasi Adat Rasulan di Kalangan Anak-Anak pada Era Modernisasi di.
Pramelani, P., & Lestari, A. (2019). Program Employee Gathering “Satukan Hati Selaraskan Tujuan” Dalam Menjalin Hubungan Baik Karyawan. Jurnal Komunikasi, 10(1), 42–47. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5096
Prasanti, D. (2017). Etika Komunikasi Dalam Media Sosial Bagi Ibu-. 10(1), 21–34.
Purwanti, R., & Natanael. (2016). Video Animasi Stop Motion Sebagai Media Pembelajaran Pada Kampanye Pengenalan Tertib Berlalu Lintas Bagi Remaja Pengendara Sepeda Motor. Widyakala, 3. https://doi.org/10.1016/j.jcv.2009.09.012
R. Khoerunnisa, Y. A. (2018). Aktivitas Kampanye Public Relations dalam Mensosialisasikan Internet Sehat dan Aman. Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(4), 59-77.
Riski, L., Setiana, W., & Astuti, D. R. (2018). Manajemen Kampanye Bahaya Merokok melasilui Iklan Layanan Masyarakat Televisi. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(4), 20–38.
Sandra, M., & Dewi, R. (2019). Islam dan Etika Bermedia (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Islam). Research Fair Unisri, 3(1), 139–142.
Sartika, A. (2015). Strategi Komunikasi Komisi Penanggulangan Aids (Kpa) Dalam Melakukan Sosialisasi Hiv/Aids Di Kota Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 3(20), 17–30.
Sibarani, R., & Perbawaningsih, Y. (2018). Persuasi, Perilaku Merokok, dan Preferensi Anak Muda terhadap Pesan Kampanye Berhenti Merokok. Jurnal ASPIKOM, 3(5), 986. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i5.336
Silvina, M. (2018). Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media Informasi. Jurnal Komunikasi, 9(1), 1–7. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom
Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, VIII(September), 47–54.
Susilowati, & Maudi, E. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Jurnal Komunikasi, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31294/JKOM.V9I1.3592
Tamunu, L. (2018). Tinjauan Peran Dan Aktifitas Humas Dalam Pelaksanaan Kegiatan Rutin Untuk Peningkatan Kinerja Di DPRD Kota Padang. Journal Ilmiah, 6(1), 300. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/iap/article/view/2072/1041
Tiska, D. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Kepuasan Pengguna Instagram Pada Fitur Siaran Langsung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, Vol. 3(1), Hal. 132-146.
Trisnawati, A. S. (2017). Strategi Humas Politeknik Negeri Jakarta Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Komunikasi, 8(1), 92.
Wicaksono, R. (2017). Hubungan Antara Sosialisasi Rembug Air dengan Kepuasan Pelanggan PDAM di Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda. 5(7), 475–487.
Yusmawati. (2017). Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs www.sumbawabaratkab.go.id. Ilmu Komnunikasi, VIII, 1-12.
Yusmawati. (2018). Grup Facebook Gesamun Sebagai Media Baru Dalam Upaya Menyadarkan Masyarakat Akan Pentingnya Imunisasi. Jurnal Komunikasi, 9(1), 64-71.